4 Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram Menurut Islam

Islam telah mengatur detail perilaku hingga makanan yang kita konsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi demi kebaikan.  Untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram sesuai syariat islam.

Seiring kemudahan akses di era digital ini, banyak bermunculan inovasi makanan dan minuman baru yang menggugah selera, baik itu produk import maupun dalam negeri. Namun, kita tidak mengetahui apakah makanan tersebut halal atau haram.

Allah SWT sudah memberikan sejumlah aturan makanan untuk dijauhi. Tentunya terdapat sebab kenapa makanan tersebut haram untuk dikonsumsi seperti misalnya memiliki efek negatif pada tubuh.

Untuk itu, berikut kami ulas beberapa cara menghindari makanan dan minuman yang haram. Dengan mengetahui bagaimana cara menghindarinya, Kita bisa mengurangi peluang untuk melanggar perintahNya dan makanan yang kita konsumsi bisa menjadi nilai ibadah.

Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

1. Patuh Terhadap Perintah Allah SWT

cara menghindari makanan dan minuman yang haram
sumber : pixabay.com

Point Pertama bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram, sebagai seorang seorang muslim kita harus menumbuhkan rasa patuh pada Allah. Kita harus memiliki rasa awas kalau semua perbuatan kita diawasi oleh Allah.

Hal ini akan membuat kita membatasi perilaku yang menyimpang salah satunya mengonsumsi makanan yang haram

Selain itu akan bertambah pula keimanan kita bahwasannya Allah tidak akan menjerumuskan hamba-Nya ke jalan yang salah. Kita tidak perlu  ragu untuk menjauhi semua larangan-Nya karena Allah sudah menyiapkan hal yang lebih baik.

2. Periksa kandungan Bahan Dalam Makanan/Minuman

cara menghindari makanan dan minuman yang haram
Sumber: google/bersosial

Kita bisa menghindari makanan dan minuman yang haram dengan mengecek kandungan yang ada di dalamnya. Beruntung di Indonesia sudah ada lembaga yang berwenang untuk mengurusi hal tersebut sehingga bisa lebih mudah mengenal kehalalan makanan dari label yang tersemat.

Majelis Ulama Indonesia lah yang berwenang mencantumkan label halal pada produk makanan dan minuman. Namun Meskipun Indonesia adalah negara muslim terbesar banyak juga makanan yang belum mendapatkan sertifikasi halal, sehingga kita harus lebih teliti lagi.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan makanan yang terjamin halal, bisa Anda dapatkan di Evermos.

Jika Anda ingin membeli atau ingin menjadi reseller produk  makanan,  Anda dapat menjadi reseller Evermos yang menyediakan produk-produk halal lainnya.

Setelah Anda berhasil menjual produk, Anda akan mendapatkan komisi. Menjadi reseller Evermos bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Yuk, Segera Lakukan Transaksi Pertama dan Dapatkan Vouchernya! 

Jadi tunggu apalagi. Selain untuk konsumsi pribadi, produk di Evermos ini juga bisa menjadi ladang usaha bagi Anda. Mulai daftar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama!

Siap-siap untuk dapat penghasilan jutaan rupiah dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Tidak sedikit dari kita masih bingung mengenai bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram, maka dari itu Tim Blog Evermos akan membahas khusus bagi Anda. Pada zaman dahulu isteri-isteri terdahulu mempunyai tradisi ketika suami mereka sedang berada di luar mencari rezeki, mereka selalu dinasehati untuk selalu bertakwa kepada Alllah dan tidaklah memberi makanan kepada suami mereka sendiri dengan barang yang haram.
Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu makanan yang kita akan makan berasal dari keluarga Muslim. hal ini dilakukan agar makanan tersebut ketika diolah atau disembelik (Jika sapi, ayam, domba atau kambing, dll) sesuai dengan syariat Islam. Berikut adalah detail informasi mengenai Bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram.

Kenali Jenis Jenis Makanan yang Haram Dalam Islam

Agar Anda lebih jelas dan memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram, berikut kami berikan beberapa contoh dan jenis makanan yang haram dalam islam.

1. Minuman keras (khamr)

Khamr adalah jenis minuman memabukkan dan ini hukumnya haram dalam islam. Khamr memiliki banyak dampak negatif baik dari segi kesehatan fisik maupun mental. Pengharaman akan Khamr ini ada dalam Qs. An-Nahl: 67 yang artinya :

Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

sifat khamr ini didapat dari kandungan alkohol. Alkohol ini selain pada minuman juga bisa ada pada makanan. jadi, kita harus lebih berhati-hati.  Meskipun hanya dalam jumlah yang sedikit namun alkohol tetap dapat menyebabkan stimulasi pada berbagai organ.

Menurut beberapa penelitian, alkohol dapat mempengaruhi sistem saraf dan mengakibatkan hilangnya fungsi indra. Alkohol dianggap sebagai karsinogen yang menyerang organ aerodigestif seperti kanker esofagus. Oleh karena kita semua harus lebih berhati-hati dan aware terhadap kandungan dalam makanan. Alkohol tetap haram meskipun hanya setetes.

2. Babi

Pemanfaatan hewan babi ini sangat luas dan banyak di segala aspek seperti pada industri pangan, farmasi dan kosmetik maupun kosmetik. Penggunaan babi menjadi marak karena nilai ekonomisnya.

Pengharaman hewan babi ini tidak hanya pada dagingnya saja namun termasuk juga kulit, rambut, tulang, lemak, dan anggota tubuh lainnya.  Babi termasuk ke dalam hewan haram karena hidupnya yang tidak higienis, hewan ini biasa mengonsumsi kotoran sendiri dan benda-benda najis lainnya.

oleh karena itu, babi menjadi inang dari berbagai macam parasit dan penyakit berbahaya yang menyebabkan penyakit cacingan. Babi hanya mengeluarkan 2% dari seluruh kandungan asam uratnya dan 98% masih tersimpan dalam tubuh. Maka, daging babi dan organ lainnya haram dalam islam.

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam memilih produk, karena kandungan babi tetap haram meski sekecil apapun.

3. Bangkai

Hewan yang disebut bangkai pada surat Al Maidah ayat 3 adalah hewan yang mati tidak wajar. Mati secara sendirinya dan tidak melewati proses penyembelihan yang sesuai syariat islam. Adapun jenis bangkai yang dimaksud adalah:

  • Hewan yang mati dalam karena cekikan
  • Hewan yang mati karena pukulan, tabrakan, atau lain sebagainya
  • Binatang yang mati karena jatuh dari ketinggian
  • Hewan yang mati karena kena tandung atau bertengkar dengan hewan lain
  • Hewan yang mati karena terkaman binatang buas.

Namun, ada ketentuan tambahan dan pengecualian mengenai hewan bangkai ini. Jika hewan mengalami cidera namun masih dalam keadaan bernyawa, maka sebaiknya langsung disembelih sesuai syariat supaya hewan tersebut menjadi makanan halal.

4. Darah

Islam juga mengharamkan umatnya untuk mengonsumsi darah. Darah yang dimaksud adalah darah hewan yang sengaja Anda konsumsi.

Biasanya, darah ini berbentuk darah beku yang banyak dijual di pasar tradisional biasa. Darah ini menjadi laku menjadi makanan karena klaimnya bisa menambah tenaga.

Dalam ajaran islam, darah termasuk haram dan najis. Namun apabila bercampur atau masih melekat pada daging maka boleh Anda konsumsi karena tidak mungkin untuk lepas dari dagingnya. Darah ini juga tidak berlaku untuk hati dan limpa karena dua organ hewan ini masuk dalam kategori halal.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi minuman yang halal, enak dan sehat, Anda bisa mendapatkannya di Evermos.

Evermos menyediakan berbagai macam minuman yang terjamin halal, karena telah lulus uji dan telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Pengawas Syariah.

Jadi, jangan ragu ya untuk bergabung menjadi reseller Evermos.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Bagaimana Kiat-Kiat Agar Kita Terhindar dari Minuman yang Haram

3. Bertanya Kepada Penjual

cara menghindari makanan dan minuman yang haram
sumber : pexels.com

Jika kita sedang travelling dan susah mencari makanan yang pasti halal pastikan Anda bertanya kepada penjualnya apakah masakannya halal/haram. Karena ada beberapa penjual yang menjual daging yang halal namun bumbunya tidak seperti contohnya minyak, alkohol, dan gelatin.

Kalaupun Anda ragu untuk mengonsumsi masakan berbahan daging Anda bisa mengonsumsi makanan berbahan sayuran dan seafood, namun tentunya pastikan bahan-bahannya halal ya.

Jangan lupa juga untuk selalu menyertakan dan menyebut nama Allah dalam setiap kegiatan kita. Karena perihal makanan bukan hanya soal rasa dan mengenyangkan, tetapi juga keberkahan yang muncul dari makanan tersebut.

Untuk lebih memudahkan Anda menentukan restoran yang halal dimanapun, saat ini sudah ada aplikasi yang bisa memuat daftar restoran halal. Coba aplikasinya, ya!

4. Pelajari Aturan Agama Tentang Makanan dan Minuman yang Diharamkan

cara menghindari makanan dan minuman yang haram
sumber : pixabay.com

Untuk bisa menghindari makanan dan minuman yang haram, Anda perlu juga memahami peraturan agama. Contohnya dalam Islam sudah dijelaskan beberapa jenis hewan yang tidak boleh dimakan karena zatnya, seperti babi, anjing, bangkai dan sebagainya.

Selain itu islam juga melarang hewan yang bertaring atau bercakar Panjang yang digunakan untuk menyerang dan memangsa musuhnya.

Kemudian binatang-binatang yang diperintahkan untuk dibunuh juga dilarang untuk dimakan, seperti tikus, kalajengking, gagak, dan anjing hitam.

Binatang-binatang yang dilarang untuk dibunuh juga dilarang untuk dimakan sahabat, seperti semut, lebah, burung hud-hud dan burung shurad (sejenis burung gereja).

Terakhir, ada kategori binatang yang lahir dari perkawinan dua jenis berbeda, seperti Bighal yang merupakan perkawinan antara kuda dan keledai.

Dengan mengetahui bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram, kita bisa lebih mudah mengidentifikasi halal haramnya sebuah makanan.

Selain memiliki pengetahuan agama yang tinggi, kita perlu juga menumbuhkan sifat bersyukur. Karena jika kita kurang bersyukur, maka kita ingin selalu mencoba suatu hal yang baru. Tidak menutup kemungkinan kita akan tergoda mencoba makanan dan minuman yang haram.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi minuman yang halal, enak dan sehat, Anda bisa mendapatkannya di Evermos.

Evermos menyediakan berbagai macam minuman yang terjamin halal, karena telah lulus uji dan telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Pengawas Syariah.

Yuk, bagi Anda yang ingin mengonsumsi atau menjual berbagai minuman yang halal, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Untuk mendaftar jadi reseller, silahkan klik di bawah ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Demikianlah ulasan mengenai cara menghindari makanan dan minuman yang haram. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita senantiasa istiqomah dalam mematuhi segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Selain makanan yang halal, seluruh aspek kehidupan umat muslim tentunya harus memenuhi syariat islam. Salah satunya adalah berdagang.

Yuk, kita berjualan produk-produk yang halal melalui proses bisnis yang sesuai syariat islam dengan bergabung menjadi Reseller Evermos.

Untuk membaca artikel islami menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos

×
slot88