9 Tips Sahur yang Benar | Cara Menghindari Lapar Saat Puasa

cara menghindari lapar

Saat puasa seperti ini, tentunya kita sering merasa lapar. Hal ini merupakan suatu hal yang wajar dirasakan. Namun, yang paling penting adalah bagaimana kita bisa mengontrol rasa lapar itu. Tenang saja, berikut kami berikan tips mengenai cara menghindari lapar saat berpuasa. Simak selengkapnya pada ulasan berikut ini, ya.

Cara Menghindari Lapar Saat Puasa

Saat puasa, seseorang diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus selama hampir 13 jam. Tak jarang jika di tengah ativitas seseorang sering merasa lapar yang berlebihan.

Lalu, adakah cara mengurangi rasa lapar saat berpuasa?

Sangat bisa. Rasa lapar ini sebenarnya bisa kita hindari dengan mengatur pola makan dan mengontrol asupan makanan sahur yang tepat.

Menjaga pola makan sangat penting untuk kelancaran ibadah puasa Anda. Sebab dari makanan tubuh akan memperoleh asupan nutrisi dan memperbaiki kinerja organ tubuh.

Ingin tahu bagaimana caranya? Mari kita simak Tips sahur yang benar untuk menghindari lapar saat puasa berikut ini.

1. Biasakan Makan Sehat

cara menghindari lapar

sumber : shutterstock.com

Untuk mencegah lapar saat puasa, maka pilihlah makanan sahur dengan menu makanan yang sehat untuk menekan ghrelin.

Kurangi konsumsi makanan yang digoreng, karena itu bisa membuat Anda terus-menerus menginginkan makanan berlemak dan jadi mudah haus. Karena minyak pada gorengan itu akan menumpuk menjadi lemak dan membuat Anda merasa haus di siang hari.

2.Tak Tergesa-gesa Saat Makan

cara menghindari lapar

sumber : shutterstock.com

Saat makan, perlu 20 menit untuk hormon menyampaikan pesan ke otak bahwa kita sudah merasa tidak lapar alias kenyang. Agar rasa lapar itu tidak cepat datang maka minumlah sedikit air di tengah-tengah makan.

3. Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

cara menghindari lapar

sumber : shutterstock.com

Ada beberapa makanan yang bisa mempengaruhi kondisi badan setelahnya. Reaksinya pun bermacam-macam, bisa saja menimbulkan rasa lemas, ngantuk, lesu, cepat lapar, dan lainnya.

Saat Anda berpuasa maka Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan yang berdampak kurang baik bagi tubuh seperti di antaranya :

Bubur

Bubur memang enak dan praktis untuk dimakan pada saat sahur. Tetapi sebaiknya hindari memakan bubur saat sahur, Meskipun bubur berasal dari beras seperti nasi yang memiliki indeks glokemik cukup tinggi. Namun, jika beras diolah menjadi bubur maka indeks glikemiknya bisa naik hingga berkali-kali lipat.

Oleh karena itu, pada saat sahur, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang rendah glikemik karena berfungsi mengenyangkan.

Mi Instan

Sudah menjadi hal yang umum jika sebagian orang mengonsumsi mi instan karena mudah dan praktis dalam penyajiannya. Padahal sebenarnya mi instan bukan makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Ketika Anda makan sahur, sebaiknya hindari makan m instan. Sebab mengandung banyak lemak, natrium serta penyedap rasa, juga bahan pengawet yang bisa membuat Anda menjadi mudah haus ketika menjalankan ibadah puasa. Selain itu mi instan ini juga membuat Anda lebih cepat lapar kembali.

4. Konsumsi Madu Saat Selesai Makan Sahur

cara menghindari lapar

sumber : shutterstock.com

Madu memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk tubuh.  Madu memiliki rasa yang manis karena memiliki kandungan gula sekitar 70-80 persen. Lalu, sisanya adalah air, protein, asam, vitamin, mineral, serta partikel-partikel lain yang terkandung di dalam madu. Kandungan gula pada madu ini pun mampu menambah asupan energi, apalagi saat menjalankan puasa.

Madu ini sangat bagus untuk  menjaga daya tahan tubuh dan stamina selama berpuasa. Hal ini karena madu mengandung glukosa yang nantinya akan diproses tubuh menjadi energi. Meski begitu, kandungan gulanya rendah jadi tetap bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh.

efek positif lainnya dari madu juga bisa membuat Anda tetap fit karena bisa membunuh kuman atau bakteri yang  menimbulkan infeksi.

Cara mengonsumsinya cukup dengan meminum satu hingga dua sendok madu setelah makan sahur.

Selain mampu meningkatkan stamina di saat berpuasa. Madu mampu mengobati kerongkongan yang kering dan mengatasi bibir yang pecah-pecah disaat menjalani ibadah puasa.

Madu adalah minuman alami yang selama ini dipercaya menyehatkan tubuh.

5. Konsumsi Makanan mengandung protein

cara menghindari lapar

sumber : shutterstock.com

Protein adalah pilihan sehat yang sempurna untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini karena protein lebih rendah kalori dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat.

Protein sendiri bisa Anda dapatkan baik dari sumber hewani maupun nabati seperti telur, ikan, ayam, kalkun, yoghurt, tahu. Anda juga bisa memilih protein shake jika tidak terbiasa mengonsumsi banyak makanan di pagi hari.

6. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Anda juga bisa menahan lapar saat puasa dengan melengkapi asupan melalui konsumsi jenis karbohidrat kompleks. Hal ini karena karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.

Dengan ini, maka Anda akan merasa kenyang lebih lama. Adapun beberapa makanan yang mengandung Karbohidrat adalah seperti kacang merah, nasi merah, kentang, oatmeal, ubi, sereal utuh, dan quinoa yang super sehat.

7. Terapkan Pola Minum 2-4-2

cara menghindari lapar

sumber : shutterstock.com

Puasa bukan berarti Anda harus mengurangi asupan cairan ke tubuh. Meskipun jam makan tidak sebanyak biasanya, namun pastikan asupan cairan yang Anda konsumsi sama seperti hari-hari saat tidak berpuasa.

Tubuh kita tetap membutuhkan minimal 2 liter air per hari. Untuk memastikan asupan cairan ke tubuh ini selalu cukup, maka Anda bisa menerapkan sistem 242. Artinya adalah Anda harus minum 2 gelas air putih saat buka puasa, 4 gelas air putih di antara jam makan malam sampai tidur, dan 2 gelas air putih saat sahur. Dengan begitu Anda bisa menahan lapar saat puasa sekaligus terhindar dari dehidrasi.

Selain terhidrasi oleh air putih, Anda juga bisa memanfaatkan hal lain yakni seperti sumber cairan dari sayuran sehat kaya air seperti mentimun, tomat, bayam dan jeruk ke dalam menu sahur. selain cairan, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin C untuk menyegarkan tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi.

Anda juga bisa meminum susu saat sahur untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

8. Konsumsi buah dan sayur

cara menghindari lapar

sumber : shutterstock.com

Buah dan sayur amat penting untuk menunjang kegiatan puasa kita. Pastikan Anda mengonsumsinya pada waktu sahur dan berbuka. Buah memiliki kandungan air yang melimpah sehingga mampu mencegah dehidrasi ketika berpuasa. Selain itu, buah juga bisa membuat kita kenyang lebih lama.

9. Hindari Junk Food

cara menghindari lapar

sumber : shutterstock.com

menghindari junk food menjadi suatu hal yang penting untuk menjaga rasa lapar dan haus selama puasa. Karena makanan yang tinggi garam seperti daging olahan dapat menyebabkan ketidakseimbangan natrium dalam tubuh dan membuat Anda lebih cepat merasa haus. Makanan asin ini bisa meningkatkan kekentalan cairan dalam tubuh sehingga membuat kita lebih mudah dehidrasi.

Tidak hanya tinggi natrium, makanan tinggi gula seperti roti dan sereal rendah nutrisi mungkin akan terasa kurang mengenyangkan dan Anda bisa merasa lapar dalam beberapa jam.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghindar Demikianlah ulasan mengenai Cara menghindari lapar saat puasa berikut ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kita lebih kuat dan semangat dalam menjalani ibadah puasa.

Anda bisa mencoba tips-tips di atas untuk meminimalisir kelaparan, ya. Semoga bermanfaat!

Anda bisa menemuka. berbagai bahan makanan sehat untuk sahur ini di aplikasi Evermos. Selain untuk konsumsi pribadi, hal ini bisa menjadi peluang Anda untuk usaha dengan menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai cara menghindari lapar saat puasa ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×