Inilah 7 Cara Menghilangkan Ngorok yang Mudah dan Ampuh

Mengorok adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari. Kebiasaan mengorok memang tidak mengganggu diri sendiri namun bisa mengganggu orang sekitar. Maka dari itu kita harus belajar cara menghilangkan ngorok secara perlahan.

Memang mengorok merupakan kebiasaan yang wajar, karena faktanya menurut laman ENT Health, sekitar 25 persen orang dewasa memiliki kebiasaan mendengkur.

Namun kebiasaan mendengkur juga bukan kebiasaan yang baik. Selain mengganggu, mendengkur juga bisa mengindikasikan adanya gangguan di saluran pernapasan.

Maka dari itu, berikut kami beri ulasan tentang cara menghilangkan ngorok yang mudah dan ampuh.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami Tanpa Obat

7 Cara Menghilangkan Ngorok yang Mudah dan Ampuh

1. Mengubah Posisi Tidur

cara menghilangkan ngorok
sumber : pexels.com

Cara pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mengubah posisi tidur. Laman Medical News Today menyebut bahwa posisi tidur tertentu dapat menyebabkan kita mendengkur.

Tidur dengan posisi telentang dapat menyebabkan lidah jadi rileks dan bergerak ke belakang dan justru menghalangi jalan napas. Aliran udara yang terhalangi ini mampu menyebabkan dengkuran.

Maka alih-alih telentang, cobalah tidur dengan posisi miring.

Tidur dengan menghadap samping memungkinkan udara mengalir dan akan mengurangi dengkuran.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Cepat dan Alami

2. Menghindari alkohol

cara menghilangkan ngorok
sumber : pexels.com

Alkohol dapat mengendurkan otot-otot di tenggorokan. Hal ini mendorong bagian belakang tenggorokan untuk mengempis saat bernapas, sehingga mengganggu jalan pernapasan dan menyebabkan dengkuran.

Maka dari itu hindari konsumsi alkohol minimal 4-5 jam sebelum tidur. Sebab, mengonsumsi alkohol dekat jam tidur bisa membuat dengkuran  memburuk.

Selain itu, hindari pula obat penenang dan pil tidur lainnya yang bisa merelaksasi otot, karena akan memberikan efek yang sama.

Alkohol bukan hanya menyebabkan kita mengorok, tetapi juga meningkatkan risiko terkena sleep apnea. Mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan berkurangnya kualitas tidur dan mengganggu jam tidur.

3. Mengurangi Berat Badan

cara menghilangkan ngorok
sumber : pexels.com

Sebuah fakta mengatakan bahwa orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki risiko mendengkur lebih tinggi daripada mereka yang memiliki badan ideal.

Hal ini disebabkan karena jaringan lemak dapat mempersempit jalan napas serta menyebabkan aliran udara terhambat

Maka menurunkan berat badan bisa jadi salah satu cara menghilangkan ngorok. Ini bisa mengurangi jumlah lemak di sekitar leher yang menekan tenggorokan.

4. Kurangi Kebiasaan Merokok

cara menghilangkan ngorok
sumber : pexels.com

Jika Anda seorang perokok, maka besar kemungkinan untuk Anda memiliki kebiasaan mengorok saat tidur. Maka dari itu, ada baiknya menghentikan kebiasaan merokok.

Faktanya, asap tembakau yang dihasilkan ketika merokok dapat menyebabkan peradangan pada jaringan pernapasan.

Jalan napas bagian atas adalah jalan yang sempit sehingga peradangan sekecil apapun bisa membatasi aliran udara. Maka untuk yang suka mengorok disarankan untuk berhenti merokok untuk mengurangi peradangan.

Orang yang merokok lebih dari 2 bungkus per hari memiliki risiko mendengkur dan sleep apnea lebih tinggi.

5. Tetap terhidrasi

cara menghilangkan ngorok
sumber : pexels.com

Kekurangan cairan dapat menyebabkan sekresi di hidung dan langit-langit lunak bisa menjadi lengket. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda lebih sering mengorok. Maka dari itu jagalah tubuh tetap terhidrasi dengan minum cukup air.

Setidaknya, dalam sehari perempuan harus meminum sekitar 11 gelas air dan laki-laki 16 gelas air. Lakukan cara sederhana ini secara teratur maka akan bisa mengurangi dengkuran.

Sebelum tidur, pastikan untuk minum air putih secukupnya. Jika kamu tidur dalam keadaan haus, sekresi dalam hidung dan dinding tenggorokan akan lengket.

Inilah salah satu cara mengatasi ngorok pada suami yang sering mengganggu tidur istrinya.

6. Meninggikan posisi kepala

cara menghilangkan ngorok
sumber : pexels.com

Meninggikan posisi kepala saat tidur dapat membantu mengurangi ngorok karena menjaga saluran udara tetap terbuka. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan ngorok yang mudah dilakukan.

Anda bisa menyangga kepala 10 cm lebih tinggi saat tidur untuk menjaga lidah Anda tidak terdorong ke belakang sehingga menghalangi jalur udara. Selain itu, cara ini juga membantu melebarkan saluran pernapasan.

Solusinya Anda bisa tidur dengan menggunakan 2 bantal. Namun, perlu diingat juga untuk tidak menyanggah kepala terlalu tinggi karena bisa memblokir saluran udara.

7. Mengatur Suhu Ruangan

cara menghilangkan ngorok
sumber : pexels.com

Suhu yang dingin atau kering pada kamar bisa menjadi faktor lain penyebab mengorok. Udara yang kering bisa menyebabkan tenggorokan dan dinding dalam hidung kering sehingga hidung menjadi mampat.

Hidung yang mampat membuat jaringan di dalam hidung bergetar ketika terjadi proses keluar-masuk udara. Getaran inilah yang menyebabkan suara dengkuran. Oleh karena itu, hangatkanlah ruangan dengan humidifier.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan ngorok yang mudah dan ampuh. Lakukanlah cara-cara di atas secara teratur jika ingin kebiasaan mengorok Anda hilang.

Jika Anda telah melakukan semua cara di Atas namun ngorok tetap saja tidak berkurang, maka ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke Dokter THT.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk menyembuhkan ngorok.

Untuk membaca artikel tentang kesehatan lainnya maka Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

×