7 Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan, Ampuh Tanpa Ribet!

Lem Alteco adalah lem yang terkenal kuat dan sangat erat. Sehingga, penggunaannya harus sangat berhati-hati. Namun terkadang kita cenderung ceroboh menggunakannya sehingga terkena kulit tangan. Jangan khawatir, ternyata ada cara menghilangkan lem Alteco di tangan lho!

Lem Alteco merupakan jenis power glue, karena itu lem ini biasanya bermanfaat untuk merekatkan berbagai barang seperti sepatu yang sudah terbuka pada sisi tertentu, hingga sendal yang talinya putus.

Ketika menggunakan lem Alteco dan tanpa sengaja terkena kulit khususnya di tangan, kita cenderung panik dan bingung bagaimana cara menghilangkanya. Untuk itu, coba cara-cara di bawah ini untuk membantu Anda.

Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan dengan Mudah

Meskipun sangat erat dan kuat, namun masih ada solusi yang bisa Anda lakukan jika kulit terkena lem Alteco. Berikut ini adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan lem yang menempel di tangan:

1. Menggunakan Mentega atau Margarin

Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan
Sumber: pexels.com
Cara menghilangkan lem Alteko yang paling mudah adalah dengan cara mengoleskan mentega atau margarin pada bagian tangan yang terkena lem. 

Penggunaan mentega ini biasanya untuk bagian kulit yang sensitif, tujuannya agar kulit tetap terlindungi dan tidak terasa sakit.

Caranya sangat mudah, yakni oleskan mentega pada bagian yang terkena lem, kemudian gosok perlahan, lakukan berulang sampai lem terkelupas.

Jika Anda tidak memiliki mentega atau margarin, minyak zaitun juga bisa Anda gunakan karena memiliki sifat yang sama dengan mentega untuk menghilangkan lem Alteco di tangan.

2. Menghilangkan Lem Alteco dengan Cara Mengelupaskannya

Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan
Sumber: google.com/bersosial

Cara kedua melepaskan lem Alteco adalah dengan mengelupaskan lem yang menempel di tangan.

Perlu diingat bahwa cara ini hanya digunakan pada bagian kulit yang tebal atau tidak sensitif. Biasanya kulit yang sensitif akan mudah ikut terangkat dan terkelupas sehingga menimbulkan rasa perih.

Jika mulai terasa perih dan sakit karena kulit ikut terangkat, maka segera hentikan. Lakukan jika kulit sudah mulai membaik dan rendam di air agar memudahkan proses penghilangannya.

3. Cara Menghilangkan Lem Alteco dengan Air Sabun

air sabun
Sumber: pexels.com

Selanjutnya cara menghilangkan bekas lem Alteco di tangan adalah dengan menggunakan air sabun. Anda bisa menghilangkan lem Alteco di tangan dengan cara merendam bagian yang terkena lem ke dalam air sabun.

Caranya dengan merendam selama 30 hingga 60 detik, kemudian kelupaskan lem yang menempel pada bagian tangan Anda.

Lakukan berulang kali agar lem semakin mudah dihilangkan dari tangan Anda.

4. Cara Melepas Lem Alteco Menggunakan Cairan Aseton

cara menghilangkan lem alteco di tangan
Sumber: pexels.com

Selain cara di atas, Anda juga bisa menghilangkannya dengan cara mengoleskan cairan aseton pada bagian yang terkena lem.

Namun jangan gunakan di kulit yang tipis dan sensitif, gunakanlah pada bagian kulit yang tebal dan kuat. Karena cairan ini bersifat keras dan sangat menyakitkan jika terkena luka yang terbuka. 

Dengan cairan ini Anda akan dengan mudah untuk menghilangkan lem yang menempel di tangan.

Cara di atas adalah cara menghilangkan lem Alteko di tangan yang sudah kering dan tidak membuat luka.

5. Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteko Menggunakan Petroleum Jelly

cara menghilangkan lem alteco di tangan
Sumber: pexels.com

Selanjutnya adalah menggunakan petroleum jelly, caranya sangat mudah dan tidak mengandung bahan berbahaya bagi kulit.

Anda perlu merendam terlebih dahulu bagian tangan yang terkena lem dengan air hangat. Setelah itu oleskan petroleum jelly pada bagian yang terkena lem.

Lalu gosok bagian tangan yang terkena lem dengan etroleum jelly sampai Anda yakin bahwa lem sudah hilang.

Ulangi cara tersebut sampai lem yang ada pada tangan Anda benar-benar hilang tanpa sisa sedikitpun.

6.  Menggunakan Detergen atau Sabun Pencuci Pakaian

Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan
Sumber: pexels.com

Cara menghilangkan lem Alteco di tangan dengan cepat dan mudah lainnya adalah dengan menggunakan cairan detergen atau sabun yang digunakan untuk mencuci baju.

Anda hanya perlu menuangkan deterjen ke dalam air hangat dan biarkan melarut. Takaran yang digunakan sangat tergantung pada besar atau kecilnya lem yang menempel pada tangan Anda.

Setelah air deterjen melarut, rendam tangan Anda yang terkena lem selama 15 sampai 20 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lem Alteco pada tangan Anda hilang.

7. Cara Menghilangkan Lem Alteco di Tangan dengan

Sabun Cuci Piring

cara menghilangkan lem alteco di tangan
Sumber: freepik.com

Terakhir, cara menghilangkan bekas lem Alteco yang menempel pada tangan adalah dengan sabun cuci piring. 

Anda hanya perlu mencuci tangan Anda dengan sabun cuci piring, namun jangan dibilas dengan air terlebih dahulu.

Gosok bagian yang terkena lem dengan sabun cuci piring tersebut dan lakukan berulang kali sampai lem benar-benar hilang.

Setelah dirasa hilang, baru Anda bisa membilasnya dengan air. Cara ini juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas lem Alteco pada benda.

Berdoa sebelum Melakukan Sesuatu

doa agar diberikan kemudahan
Sumber: pexels.com

Selai menggunakan cara di atas, Islam sangat menganjurkan kita untuk membaca Bismillah dan berdoa sebelum melakukan sesuatu.

Termasuk jika Anda ingin menghilangkan lem menempel pada tangan Anda, dengan doa yang Anda panjatkan maka apa yang sedang Anda lakukan akan lebih mudah.

Oleh karena itu sebelum Anda melakukan cara-cara di atas, lebih bagusnya adalah diawali dengan membaca Bismillah dan berdoa, lalu akhiri dengan Alhamdulillah.

Mudah, kan? Itulah cara menghilangkan lem Alteko di tangan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin mendapatkan dan membaca artikel menarik lainnya, kunjungi selalu situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikelnya.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan diam di rumah dan fokus pada HP saja, mau tahu caranya?

Langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos di bawah ini dan dapatkan beragam keuntungan. Selamat bergabung!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)