8 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Secara Alami Tanpa Efek Samping

Saat ini sedang musim hujan dan rentan terkena penyakit flu dan batuk berdahak. Batuk berdahak sangat mengganggu aktivitas karena bisa menyumbat jalannya napas. Meski tidak berbahaya dan bisa sembuh sendiri, namun ada baiknya kita mengetahui cara menghilangkan batuk berdahak demi kenyamanan beraktivitas.

Cara menghilangkan batuk berdahak ternyata cukup mudah dapat menggunakan bahan alami yang mudah didapat di rumah. Bahan alami ini pun aman tidak memiliki efek samping bagi kesehatan.

Untuk itu, langsung saja kita simak ulasan mengenai cara menghilangkan batuk berdahak dengan bahan alami tanpa efek samping berikut ini.

Baca Juga : 7 Makanan Penurun Kolesterol Alami yang Mudah Didapatkan

8 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Secara Alami Tanpa Efek Samping

1. Jeruk Nipis dengan Kecap/Madu

cara menghilangkan batuk berdahak
sumber : unsplash.com

Campuran jeruk nipis dan kecap manis sudah terkenal sejak lama sebagai obat alami untuk meredakan batuk berdahak dan serak.

Kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis ini dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan dan berkhasiat mengatasi suara serak akibat batuk.

Karena rasanya yang asam, maka jeruk nipis bisa dicampur dengan kecap atau madu untuk memberikan rasa manis.

2. Mengonsumsi Jus Nanas 

cara menghilangkan batuk berdahak
sumber : unsplash.com

Siapa sangka bahwa Nanas bisa menyembuhkan batuk berdahak, ternyata, ada enzim dalam nanas yang bernama bromelain mampu mengatasi peradangan dan dapat menyingkirkan dahak dari tubuh.

Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan membuat jus nanas. Namun perlu diperhatikan saat membuat jus nanas, bahwa enzim bromelain ini ada pada bagian tengah buah nanas. Maka, sertakan bagian tersebut saat mengonsumsi jus nanas.

Tetapi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah nanas ini karena ada beberapa orang yang alergi dengan bromelain. Zat ini pun terkadang kontra dengan sejumlah antibiotik.

Baca Juga : 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Mudah dan Alami

3. Mengonsumsi Madu 

cara menghilangkan batuk berdahak
sumber : unsplash.com

Anda bisa mengurangi batuk berdahak dengan minum madu sebelum tidur. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam minuman.

Campurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal kemudian konsumsi sebanyak dua kali sehari.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat akan memberikan madu pada anak di bawah 12 tahun. Ada beberapa jenis madu yang tidak cocok untuk dikonsumsi anak-anak.

4. Mengonsumsi Jahe 

cara menghilangkan batuk berdahak
sumber : unsplash.com

Jahe dapat mengurangi intensitas batuk karena Kandungan antiinflamasi pada jahe membuat saluran pernapasan lebih rileks.

Untuk cara mengonsumsinya adalah dengan menyeduh teh dan tambahkan 20 gram jahe ke dalam minuman.

Anda juga baru menambahkan madu dan perasan lemon agar ramuan lebih manjur mengatasi batuk.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jahe kadang tidak cocok untuk orang yang punya masalah pada perut.

5. Menghirup Uap Panas

cara menghilangkan batuk berdahak
sumber : unsplash.com

Penyumbatan nafas karena batuk berdahak bisa diatasi dengan uap. Caranya adalah Anda bisa mandi dengan air panas untuk dapat menghirup uap.

Selain itu, Anda juga bisa membuat terapi mangkuk uap dengan mengisi mangkuk besar dengan air panas kemudian teteskan sedikit minyak esensial seperti eucalyptus.

Selanjutnya, dekatkan kepala di atas mangkuk tersebut dan letakkan handuk di atas kepala.

Hirup uap tersebut kurang lebih selama lima menit. Jika uap terlalu panas, hentikan sampai terasa lebih aman saat menghirupnya.

6. Memperbanyak Minum Air

cara menghilangkan batuk berdahak
sumber : unsplash.com

Menjaga cairan tubuh sangat penting saat sedang flu atau batuk. Minum yang cukup dapat mengatasi batuk berdahak dan hidung tersumbat karena dapat membantu mengurangi infeksi.

Cairan yang cukup akan menjaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi dan membantu untuk mengencerkan dahak. Ada baiknya untuk mengonsumsi air putih dalam suhu hangat.

Takaran air yang cukup untuk minum harian Anda adalah 8-9 gelas per hari.

7. Mengonsumsi Bawang Putih

cara menghilangkan batuk berdahak
sumber : unsplash.com

Siapa sangka bahwa bawang putih yang merupakan bumbu dapur ternyata bisa mengobati batuk berdahak.

Cara mengonsumsinya adalah dengan memakan beberapa siung bawang putih mentah. Kandungan anti-virus dan antibiotik pada bawang putih ini dapat membantu mengencerkan dahak.

8. Meninggikan Posisi Bantal Saat Tidur

cara menghilangkan batuk berdahak
sumber : unsplash.com

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah dengan membuat posisi bantal lebih tinggi saat tidur. Anda bisa menambahkan 1 atau 2 bantal untuk tidur agar dahak tidak menghalangi saluran pernapasan.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghilangkan batuk berdahak secara alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa segera menyembuhkan penyakit yang sedang didera.

Untuk membaca artikel Kesehatan lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos

×