Inilah 5 Cara Menghemat Kuota Internet dengan Mudah dan Efektif

Pandemi membuat kita perlu berdiam diri di rumah. Hal ini menyebabkan aktivitas termasuk sekolah dilakukan secara online. Namun, aktivitas online ini banyak memakan kuota. Untuk itu, berikut cara menghemat kuota yang mudah dilakukan.

Situasi pandemi seperti ini juga membuat banyak orang berdiam diri di rumah dan mencari hiburan salah satunya seperti streaming film dan youtube atau main game.

Aktivitas streaming ini memakan banyak kuota karena ukuran filenya yang berat. Hal ini sedikit membuat pemborosan karena biaya yang kita keluarkan untuk kuota pun besar.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita mengetahui tips dan trik untuk cara mengehamat kuota agar tidak cepat habis berikut ini.

Baca Juga : Cara Registrasi Kartu Telkomsel, XL, Tri, Indosat, dan Smartfren

5 Cara Menghemat Kuota Internet Mudah dan Efektif

1. Batasi Penggunaan Data

cara menghemat kuota

sumber : pixabay.com

Cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk menghemat kuota internet adalah  membatasi penggunaan mobile data dengan mengaktifkan peringatan.

Dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada platform Android. Anda akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet sudah melampaui batas.

Untuk mengatur penggunaan mobile data berikut adalah caranya

Buka menu Settings (setelan) > Data usage (penggunaan data) > Celular data (data selular) > Set cellular data limit (batas data dan siklus tagihan). Selesai, klik untuk mengaktifkan.

Anda juga dapat memutus koneksi internet jika batasan kuota tersebut sudah habis.

Baca Juga:  Lupa Sandi? Ini Cara Melihat Kata Sandi FB Sendiri di Pengaturan

Baca Juga : Cara Unreg Kartu SIM Telkomsel, XL, Tri, Indosat, dan Smartfren

2. Awasi Penggunaan Data dan Background Apps

cara menghemat kuota

sumber : pexels.com

Saat handphone tidak terpakai, ada baiknya matikan jaringan internet. Sebab, ada beberapa aplikasi yang masih aktif dan berjalan di belakang (background) sehingga mengonsumsi kuota internet. . Misalnya, aplikasi latar belakang layar seringkali menampilkan pembaharuan otomatis di ponsel.

Untuk itu kita harus mencegah agar kuota tidak tersedot ke aplikasi. Selain menghemat kuota internet, Anda juga dapat menghemat konsumsi baterai.

Cara untuk membatasi penggunaan ini adalah dengan melakukan langkah sebagai berikut :

“Setelan > Penggunaan Data > “Batasi data aplikasi latar belakang” atau “Restrict app background data”.

Pengaturan pembatasan ini akan menjadikan aplikasi latar belakang hanya berlangsung ketika aplikasi sedang dibuka.

3. Update Aplikasi Hanya Melalui WiFi

cara menghemat kuota

sumber : pixabay.com

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat kuota adalah mematikan pembaharuan otomatis di Play Store.

Memperbarui aplikasi memang bisa jadi cara untuk membuat perangkat makin optimal. Namun, tidak jarang pembaruan tersebut memiliki ukuran yang besar.

Maka dari itu untuk mencegahnya Anda dapat mengubah aturan menjadi ‘pembaharuan hanya dilakukan saat ada jaringan Wi-Fi’. Cara mengaturnya adalah sebagi berikut

Masuk ke aplikasi Play Store, pilih “Menu > Setelan > Update Aplikasi Secara Otomatis”.  Selanjutnya, Pastikan Anda memilih “Update aplikasi secara otomatis melalui Wi-Fi saja (Auto Update Apps with wifi only) atau “Jangan update aplikasi secara otomatis”.

4. Gunakan Kompresi Data di Browser

cara menghemat kuota

sumber : pexels.com

Sebuah browser ternyata bisa membuat kuota Anda terkuras habis, apalagi browser default yang merupakan bawaan dari smartphone.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini dan chrome. Browser ini sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu mengompres kuota data.

Baca Juga:  Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 Telah Dibuka! Baca Cara Daftarnya Disini

Opera mini bisa mengompres website yang Anda kunjungi dengan fitur data-saving `video boost`. Fitur ini akan mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot kuota yang besar.

Selain Opera Mini, Anda juga bisa menggunakan browser Google Chrome dengan pengaturan khusus. Caranya adalah buka Chrome, kemudian sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu klik bandwith dan pilih “Data Saver” atau “penyimpan data” untuk mengaktifkan data saving.

5. Batasi Penggunaan Instagram

cara menghemat kuota

sumber : pexels.com

Instagram merupakan aplikasi terpopuler saat ini. Karenanya, pengguna smartphone tidak lupa memasang aplikasi ini.

Namun, tahukah Anda bahwa ada satu kendala dari aplikasi ini, yakni konsumsi kuota yang cukup tinggi karena ukuran file dan video yang besar

Maka dari itu, Anda bisa mulai membatasi penggunaan Instagram agar kuota internet tak cepat habis.

Yuk manfaatkan smartphone mu tidak hanya dengan memainkan media sosial namun juga  produktif dalam mencari penghasilan.

Mari manfaatkan smartphone untuk memiliki bisnis online sendiri tanpa modal dengan bergabung di Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Baca Juga:  100 Dollar Berapa Rupiah? Ini 5 Faktor Perubahan Pada Kurs Dollar!

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai ide jualan yang menguntungkan ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.  Untuk membaca Artikel menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×