Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Bisnis yang Menguntungkan

Saat ini hampir setiap orang yang memiliki usaha berlomba-lomba untuk memasarkan bisnisnya di media sosial, salah satunya seperti facebook ads.

Hal ini dikarenakan Media sosial merupakan media yang tepat untuk beriklan karena jumlah penggunanya yang masif hingga mencapai 80 juta pengguna aktif.

Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Bisnis yang Menguntungkan.

Facebook menjadi media unggulan untuk memasarkan bisnis. Selain karena jumlah penggunanya yang paling banyak, fiturnya yang lengkap menjadikan media ini makin diminati pengguna dari berbagai kalangan. Entah itu untuk bersosialisasi ataupun untuk berbisnis.

Salah satu fitur unggulannya yakni Facebook ads yang dapat memudahkan pebisnis untuk memasarkan produknya.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk memasarkan bisnis di facebook ads, berikut kami berikan penjelasan terkait cara menggunakan facebook ads untuk strategi bisnis yang menguntungkan.

Facebook Ads adalah sebuah fitur penyedia layanan iklan berbayar dari Facebook bagi para pelaku usaha, brand, public figure, dan siapapun yang ingin mempromosikan produk/jasanya. Di sini mereka dapat menyasar target konsumen secara tepat untuk meningkatkan hasil penjualan.

Melalui Facebook Ads, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dengan jangkauan pasar yang sangat luas. Hal ini akan berdampak pada peningkatan penjualan.

Hal ini bisa didapatkan karena berdasarkan data statistik Facebook ada 2 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook setiap bulannya.

Layanan facebook Ads bisa mulai anda gunakan hanya dengan Rp.10.000 saja.

Penasaran dan masih bingung bagaimana cara untuk memulainya?

Berikut kami berikan ulasan cara menggunakan facebook ads sebagai strategi marketing untuk bisnis anda.

Baca Juga : Cara Jualan Di Facebook Untuk Pemula Agar Laris Dan Cepat Laku

Cara Membuat Facebook ads

Pertama, pastikan anda telah memiliki “facebook page” untuk bisnis anda.

Jika belum memiliki, anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengetik “facebook page” di halaman google.

Facebook ads

Selanjutnya anda akan mengisi nama, kategori, dan informasi bisnis, dan kemudian memasang gambar sampul dan foto profil untuk bisnis anda.

Facebook ads

Setelah anda masuk ke halaman “facebook page”, anda bisa mulai membuat iklan di facebook ads.

Buka halaman facebook ads manager.

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan.

facebook ads

Facebook akan memberikan dua pilihan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat.

Pilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan yg Anda tayangkan lebih spesifik.

Saat anda memilih pembuatan iklan terpandu, anda akan diberikan beberapa pilihan untuk mengatur iklan anda secara spesifik. Pengaturan tersebut adalah seperti di bawah ini.

Baca juga : 6 peluang Bisnis Modal Smartphone | Mudah dan Menguntungkan

Tentukan Tujuan Iklan

facebook ads

Tentukan tujuan beriklan yang ingin Anda capai. Terdapat tiga pilihan kategori tujuan iklan yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Dalam kategori kesadaran, terdapat dua pilihan tujuan yakni kesadaran merek dan jangkauan.

Kesadaran Merek bertujuan untuk Meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda dengan menampilkan iklan pada orang-orang yang kemungkinan besar akan tertarik.

Jangkauan bertujuan Menampilkan iklan Anda pada jumlah maksimal  orang yang sesuai dengan anggaran.

Dalam Kategori Pertimbangan, terdapat beberapa pilihan tujuan, yaitu

Lalu lintas/Trafik bertujuan untuk Meningkatkan jumlah kunjungan ke website atau jumlah pengguna untuk aplikasi Anda.

Interaksi bertujuan untuk mendapatkan interaksi pada kiriman di halaman bisnis anda, seperti jumlah like dan tanggapan dalam setiap kiriman/acara yang anda buat.

Jumlah likes pada akun bisnis penting karena bisa membangun kepercayaan konsumen pada produk Anda. Semakin banyak likes, maka semakin kredibel bisnis Anda di mata konsumen. Caranya dengan menyebarkan foto, video, atau link, sebagainya untuk memperoleh engagement tersebut,

Pemasangan aplikasi bertujuan bagi Anda yang menginginkan orang lain menginstall aplikasi yang Anda buat.

Penayangan video bertujuan jika Anda membuat konten berupa video, dan ingin menaikkan jumlah viewers di video Anda.

Pembuatan prospek bertujuan untuk mengumpulkan data dari orang yang memiliki ketertarikan pada produk Anda, data tersebut dapat berupa alamat email.

Pesan bertujuan untuk mengajak target audience anda untuk mengirim pesan ke bisnis Anda melalui WhatsApp atau Messenger.

Dalam kategori konversi terdapat tiga pilihan tujuan, yaitu

Konversi bertujuan untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah konsumen yang melakukan pembelanjaan melalui transaksi pembelian produk di website Anda.

Penjualan katalog produk bertujuan untuk Menampilkan iklan mengenai produk katalog Anda sesuai kepada target yang ditentukan.

Kunjungan toko bertujuan bagi anda yang memiliki toko offline atau toko fisik, dan ingin meningkatkan pelanggan mengunjungi toko Anda.

Tentukan Jenis Iklan

facebook ads

Jika sudah memilih tujuan iklan, selanjutnya pilih jenis iklan di facebook. terdapat dua jenis iklan di facebook yakni uji split dan pengoptimalan anggaran.

Pada Uji Split, anda bisa membuat dua iklan dengan konten yang mirip dan Target audiens akan terbagi dua dengan melihat iklan yang berbeda. Dengan begitu dapat melihat hasil iklan mana yang lebih menarik dan lebih banyak trafik. Jenis iklan uji split akan membutuhkan dana dua kali lipat dibandingkan jenis pengoptimalan anggaran.

Jenis iklan pengoptimalan anggaran lebih cocok bagi para pemula. Berikut adalah cara melakukan iklan pengoptimalan anggaran.

CPC (Cost Per Click)

CPC adalah jenis pembayaran iklan berdasarkan banyaknya klik yang dilakukan pengguna Facebook pada iklan Anda.

Jika Anda menginginkan trafik, jenis iklan inilah yang  paling sesuai. Sebab, iklan yang diklik otomatis akan mengarahkan pengunjung ke website Anda.

Tipsnya ialah gunakan Call To Action yang efektif seperti “Pelajari lebih lanjut” atau “Dapatkan sekarang”.

CPM (Cost Per Mille)
Biaya CPM dihitung per-1000 penayangan iklan. Bisa dikatakan mirip dengan penayangan di media sosial dan media elektronik.

CPM cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan brand awareness karena berbeda dengan CPC, iklan tidak secara langsung mengajak pengunjung mengunjungi website.

CPV (Cost Per View)
CPV adalah jenis biaya iklan per satu kali dilihat. Perlu dicatat, informasi iklan harus singkat dan jelas. Sebab, biaya akan terhitung per satu kali terlihat dalam durasi 10 detik.

CPA (Cost Per Action)
Perhitungan CPA didasarkan pada transaksi yang terjadi di website Anda. Tidak selalu berupa transaksi pembelian. Bisa juga berupa registrasi member,  langganan newsletter, dsb.

CPL (Cost Per Like)
CPL merupakan jenis perhitungan biaya iklan berdasarkan banyaknya like untuk halaman Facebook Anda.

Selanjutnya tulis nama iklan Anda agar Anda bisa mengecek performa iklan Anda, dan pilih tujuan trafik Anda ingin diarahkan ke mana. Anda bisa memilih untuk mengarahkan trafik ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

Kemudian tambah promo jika anda memiliki promo. Centang pilihan promo untuk menampilkan promo tersebut.

Tentukan Target Audience

facebook ads

Selanjutnya tentukan target market yang sesuai dengan bisnis anda. Terdapat beberapa pilihan spesifik terkait target anda.

Pemirsa Khusus: Anda bisa mengatur untuk menjangkau orang-orang yang pernah memiliki interaksi. Anda bisa mengarahkan iklan kepada orang-orang yang pernah mengunjungi website atau berinteraksi di halaman Facebook Anda.

Lokasi: Anda dapat menentukan lokasi dari target dengan menentukan satu atau banyak negara, wilayah, kota, kode pos, bahkan alamat.

Umur: Anda pun dapat memilih target berdasarkan usia.

Jenis Kelamin: Anda juga dapat menentukan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan jenis kelamin.

Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk target iklan yang lebih rinci, seperti psikografis minat, perilaku dan kategori lainnya. Silakan untuk memilih yang sesuai dengan produk yang Anda iklankan

Koneksi: Pilihan ini berguna jika Anda ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sudah terhubung ke halaman atau aplikasi Anda

Tentukan Penempatan Iklan

facebook ads

Jika anda ingin beriklan di facebook, gunakan penempatakan iklan otomatis. Pilihan ini lebih baik karena Facebook akan secara otomatis  menampilkan iklan anda di seluruh tempat yang memiliki kinerja paling baik.

facebook adsPilih Jadwal Penayangan

Selanjutnya tentukan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan. Anda bisa mengatur iklan dalam jangka waktu periode tertentu atau memilih untuk menayangkannya secara otomatis.

facebook adsPilih Format Iklan

facebook ads

Terdapat lima jenis format iklan yang dapat Anda pilih, yaitu sebagai berikut ini:

Karosel: Tampilan iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang digeser.

Gambar Tunggal: Tampilan iklan dengan hanya 1 gambar.

Video Tunggal: Iklan dengan menampilkan 1 video.

Tayangan Slide: Iklan dengan gambar atau video hingga mencapai 10 slide

Koleksi: Iklan dapat berupa gabungan gambar dan video.

Buat Teks

Pada bagian ini tulis deskripsi iklan Anda. Buatlah deskripsi yang singkat, padat, dan jelas agar konsumen Anda bisa langsung memahami tujuan iklan Anda.

Kemudian Pilih Gambar yang sesuai dengan judul dan deskripsi iklan, serta tambahkan tautan jika ada Tulis Judul, dan Masukkan Tautan

Pembayaran Facebook ads.

facebook ads

Anda bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit. Setelah Anda melakukan pembayaran Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tips dan Trik Beriklan di Facebook

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Untuk mengoptimalkan kinerja facebook ads. Anda harus memahami beberapa kunci untuk memaksimalkan hasil dari iklan yang anda pasang.

Berikut kami berikan Tips dalam memasang iklan di facebook.

1. Iklan yang Menarik

Dalam memasang iklan yang baik, perlu adanya pembuatan konten iklan yang menarik orang-orang yang melihatnya.

Untuk membuat tampilan iklan yang menarik, kalian bisa memadukan gambar dan teks. Tentu saja dengan kata-kata call to action yang powerful, tidak sekedar deskripsi produk atau jasa saja.

Anda dapat memanfaatkan jasa edit foto sehingga foto untuk iklan akan langsung eye-catching di mata konsumen.

Jika anda bisa membuat konten menarik, maka iklan Anda akan dilihat & diklik oleh semakin banyak orang yang melihatnya bahkan Anda bisa mendapatkan efek viral dari iklan tersebut.

2. Kenali Karakter Konsumen Kalian

Kenali konsumen kalian sebelum memasang iklan di Facebook ads.

Hal ini penting agar Anda lebih bisa menyasar produk dengan tepat. Sebab Facebook ads adalah fitur beriklan canggih yang dilengkapi dengan kemampuan untuk membidik konsumen.

Jika mengenali karakter konsumen, maka iklan Facebook pun akan tepat sasaran. Dengan mengenali karakter konsumen ini, anda bisa menyesuaikan konten seperti apa yang akan anda buat.

Contohnya, seperti Target audiens biasanya tertariknya dengan hal apa , Kebiasaan mereka sehari-hari, topik bahasan yang erat kaitannya dengan produk, barang apalagi yang mereka butuhkan, dsb.

3. Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih

Facebook selalu mengalami perubahan dan terus meningkatkan seluruh pelayanan fiturnya dimulai dari interface yang semakin mudah hingga fitur – fitur yang semakin canggih.

Salah satu sumber pemasukan terbesar facebook sampai saat ini adalah melalui Facebook Ads. Hal ini tentu membuat Facebook secara konsisten terus melakukan pengembangan untuk fitur ads ini.

Maka dari itu, terdapat beberapa fitur terbaru yang dapat anda manfaatkan untuk bisnis anda, seperti

Custom Audience

Jika Anda memiliki database seperti email dari customer Anda, maka dengan menggunakan custom audience ini Anda dapat memasukkan list email tersebut ke dalam Facebook.

kemudian facebook akan mendeteksi siapa saja dari database tersebut yang memiliki akun Facebook. hal ini memungkinkan Anda untuk membidik target audiens yang tepat dan potensial karena sudah pernah berinteraksi.

Retargeting

Sebagai pemasang iklan, anda dapat membidik orang – orang yang telah mengunjungi website Anda, sehingga setelah mereka mengunjungi website dan masuk ke Facebook maka akan langsung terlihat iklan milik Anda.

Conversion Tracking

Dengan fitur conversion tracking, Anda dapat mengetahui berapa jumlah konsumen yang membeli produk dan memasukkan produk ke keranjang di website  Anda.

Anda pun dapat mengetahui jumlah orang yang mengisi formulir yang telah disediakan, sehingga Anda tahu seberapa efektif sebuah iklan yang anda pasang.

Lookalike Audience

Fitur terbaru ini mampu menciptakan target audiens baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audiens yang telah anda tetapkan.

Misal Anda sudah memiliki data seperti list email, maka Anda dapat langsung menciptakan kelompok target audiens baru secara otomatis dan menyasarnya di Iklan terbaru anda.

Apabila Anda mengerti kegunaan masing-masing fitur diatas dan strategi optimasinya, maka Anda akan mendapatkan banyak calon customer  dan tentu saja membantu Akan membantu anda mencapai peningkatkan penjualan.

Media sosial saat ini menjadi faktor utama pendukung yang paling penting dalam sebuah bisnis. Media sosial memberikan pelaku bisnis banyak kemudahan.

Anda dapat memanfaatkan fitur facebook ads ini untuk bisnis anda.

Apakah anda sudah memiliki bisnis? atau anda baru berniat untuk memulai bisnis?

Coba bergabung menjadi reseller di evermos. Anda dapat dengan mudah memulai bisnis praktis dengan modal minim di evermos.

Dengan mendaftar menjadi reseller evermos, anda akan langsung memiliki toko sendiri dan terhubung dengan brand-brand ternama.

Dengan bergabung menjadi reseller evermos, anda tidak perlu pusing memikirkan stok barang, packing, bahkan pengiriman. Semua hal tersebut akan ditangani oleh pihak dari Evermos.

Belum memiliki kemampuan untuk berusaha? Tidak perlu khawatir, anda pun akan diberikan pelatihan dan bimbingan bisnis. Anda dapat memiliki bisnis rumahan dengan hasil jutaan per bulan.

Tunggu apa lagi, segera bergabung menjadi reseller Evermos untuk bisnis minim modal dengan hasil keuntungan maksimal.

×