3 Cara Mengganti Nomor di Shopee yang Sudah Tidak Aktif Karena Lupa atau Hilang

Tahukah Anda bahwa nomor telepon di Shopee merupakan hal penting? Untuk itu, jika nomor Anda sudah tidak aktif lagi, simak cara mengganti nomor di Shopee yang sudah tidak aktif, di artikel ini!

Sebagai pengguna e-commerce, Anda pasti sudah tidak asing dengan aplikasi Shopee. Baik itu penjual maupun pembeli di Shopee, harus memiliki nomor HP yang aktif dan terverifikasi. 

Sebab, nomor HP ini akan digunakan untuk log in ke akun Shopee. Selain itu juga untuk mengirim barang apabila Anda adalah penjual, dan untuk membeli barang apabila Anda adalah pembeli. 

Situs resmi Shopee juga menyebutkan bahwa verifikasi nomor telepon sangatlah penting. Ini sebagai bukti kuat bahwa akun Shopee Anda valid, aktif, serta milik pengguna nyata. 

Nomor HP yang tidak aktif dan belum diubah di akun Shopee, akan mempengaruhi keakuratan akun. Selain itu, juga berdampak pada proses pengiriman barang yang Anda beli ataupun jual. 

Sehingga, jika nomor Anda yang terdaftar di Shopee sudah tidak aktif lagi, baik itu karena sudah habis masa tenggat ataupun hilang, maka Anda bisa ikuti cara-cara berikut ini. 

Baca juga: Cara Menggunakan ShopeePay Lengkap Dari Cara Daftar Hingga Top Up.

Cara Mengganti Nomor di Shopee yang Sudah Tidak Aktif dengan Aplikasi 

Melansir dari laman resmi Shopee, berikut ini adalah cara mengganti nomor HP di Shopee yang sudah tidak aktif dengan mudah melalui aplikasi Shopee.

1. Masuk ke Akun Shopee dan Buka “Pengaturan” di Tab “Saya” 

cara mengganti nomor di shopee yang sudah tidak aktif
Sumber: blog.evermos.com

Apabila perangkat Anda masih terhubung ke akun Shopee Anda, maka langkah pertama yang Anda lakukan adalah masuk ke bagian “Saya” di aplikasi Shopee.

Kemudian, di bagian kanan atas, klik ikon “Pengaturan”.

2. Klik Keamanan & Akun 

cara mengganti nomor di shopee yang sudah tidak aktif
Sumber: blog.evermos.com

Pada laman pengaturan, kemudian pada bagian Akun Saya, klik “Keamanan & Akun”.

3. Klik No. Handphone 

cara mengganti nomor di shopee yang sudah tidak aktif
Sumber: blog.evermos.com

Selanjutnya, karena Anda akan mengubah nomor HP, maka klik bagian “No. Handphone”.

4. Lakukan Proses Verifikasi 

cara mengganti nomor di shopee yang sudah tidak aktif
Sumber: blog.evermos.com

Sebelum mengubah nomor HP, Anda akan diminta memverifikasi akun terlebih dahulu melalui metode verifikasi dua langkah.

Pada verifikasi ini, Anda perlu memasukkan nomor pin ShopeePay, atau dengan klik tautan yang dikirim Shopee pada alamat Email Anda.

Selain mengubah nomor telepon di Shopee, jika Anda ingin tahu cara membuat toko di Shopee, baca cara mudahnya disini: Cara Membuat Toko di Shopee Lewat HP | Mudah dan Cepat!

5. Masukkan Nomor HP Anda yang Aktif

cara mengganti nomor di shopee yang sudah tidak aktif
Sumber: blog.evermos.com

Setelah verifikasi berhasil, Anda akan diarahkan kepada halaman pada gambar di atas. Masukkan nomor HP Anda yang aktif untuk akun Shopee, kemudian klik lanjut.

Jika sudah, maka nomor HP Anda telah berhasil diubah. Namun, Anda perlu memastikannya lagi dengan cek info akun Anda di tab “Akun Saya” > “No. Handphone”.

Apabila ternyata nomor HP Anda belum berubah, maka Anda perlu menunggu 1×24 jam untuk melakukan verifikasi dan menginput ulang nomor HP, atau menghubungi Customer Service Shopee.

Baca juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Anda Tidak Membayar ShopeePayLater.

Cara Mengganti Nomor di Shopee yang Sudah Tidak Aktif dengan Mengisi Formulir

cara mengganti nomor di shopee yang sudah tidak aktif
Sumber: help.shopee.co.id

Selain mengikuti cara mengganti nomor HP di Shopee yang sudah tidak aktif di atas, Anda juga bisa mencoba mengisi formulir resmi dari pihak Shopee.

Cara ini bisa Anda lakukan apabila cara pertama di atas tidak berhasil dalam waktu 1×24 jam. Berikut ini langkah dalam mengisi formulir perubahan nomor telepon Shopee:

  • Masuk ke laman resmi Pusat Bantuan Shopee > Informasi Umum > Akun Shopee > Formulir Perubahan Nomor Telepon Shopee, atau klik disini.
  • Kemudian, Anda akan masuk pada laman formulir yang meminta Anda untuk mengisi beberapa data penting terkait perubahan nomor telepon.
  • Isilah data dengan benar dan cukup kirimkan formulir sekali saja. Karena, jika Anda mengirim secara berulang akan berpengaruh pada durasi proses pengajuan.
  • Setelah formulir terkirim, Anda bisa menunggu 1-3 hari untuk hasil dari pengajuan Anda.

Cara Mengubah Nomor Telepon di Shopee yang Sudah Tidak Aktif dalam Kondisi Log Out

Jika cara di atas adalah cara mengubah nomor telepon di Shopee dengan kondisi masih log in di akun Shopee Anda, lalu bagaimana jika Anda dalam kondisi log out? 

Caranya mudah, Anda perlu mengubah password Shopee Anda terlebih dahulu. Berikut cara yang dapat Anda lakukan:

  • Klik tab “Saya” di aplikasi Shopee
  • Klik ikon âš™ atau “Pengaturan Akun”
  • Klik Akun & Keamanan
  • Klik Ganti Password
  • Klik metode verifikasi, lalu lakukan proses verifikasi bisa dengan Email.
  • Masukkan password baru, lalu konfirmasi password baru Anda dengan klik “Konfirmasi”.

Jika sudah berhasil masuk, maka Anda bisa melanjutkan proses mengubah nomor telepon dengan cara yang pertama, yaitu melalui bagian “Akun Saya” di aplikasi Shopee.

Itulah ulasan cara mengganti nomor di Shopee yang sudah tidak aktif. Perlu Anda ketahui, selain sebagai pembeli di Shopee, Anda juga bisa berjualan tanpa modal di e-commerce satu ini lho!

Dengan mendaftarkan diri sebagai reseller atau dropshipper di Evermos, Anda bisa berjualan produk yang Anda inginkan di Shopee.

Melalui platform ini, Anda akan bertemu berbagai supplier yang menyediakan produk dengan harga terjangkau. Sehingga, modal awal Anda berbisnis di Shopee bisa lebih terjangkau.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan segera meluncur untuk mendaftarkan diri secara gratis di aplikasi Evermos sekarang!

YUK, GABUNG DISINI!

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara menghapus nomor telepon yang sudah terdaftar di Shopee?

Apabila nomor yang terdaftar di akun Shopee Anda sudah tidak aktif, maka Anda perlu mengubah nomor akun Anda kepada nomor yang aktif. Caranya, klik Saya > Pengaturan > Akun & Keamanan > No. Handphone > Masukkan Nomor Baru > Klik Lanjut.

Kenapa ganti nomor di Shopee tidak bisa?

Jika Anda sudah mengubah nomor di akun Shopee namun tidak berhasil, maka pastikan aplikasi Shopee Anda sudah dengan versi terbaru. Kemudian, pastikan nomor yang baru tersebut belum terdaftar di akun Shopee lainnya.

Apakah Shopeepay akan hilang jika ganti nomor?

Apabila Anda mengganti nomor telepon di akun Shopee, maka saldo ShopeePay Anda tidak akan hilang dan masih tetap utuh tanpa ada pengurangan sedikitpun. Namun, pastikan lagi nominal ShopeePay Anda sebelum mengubah nomor telepon akan lebih akurat.

Bagaimana Cara Chat dengan CS Shopee?

CS Shopee dapat Anda hubungi 24 jam dari Senin sampai Minggu. Apabila Anda memiliki kendala ketika mengubah nomor telepon di Shopee, maka hubungi Customer Service dengan cara klik tab Saya > Chat dengan Shopee > Chat with Live Agent.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)