7 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Saat PPKM Agar Tidak Boros

Mengelola keuangan rumah tangga memang bisa dibilang susah-susah gampang. Selalu ada saja kebutuhan yang membuat Anda harus mengeluarkan uang melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Salah satu permasalahannya mungkin karena pengelolaan keuangan yang Anda lakukan kurang tepat. Nah, supaya Anda tidak melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan dalam rumah tangga, simak artikel berikut tentang cara mengelola keuangan rumah tangga agar tidak boros.

Baca juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Cerdas Dan Tepat

Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros Saat PPKM

1. Membuat Daftar Pengeluaran

Cara Mengelola Keuangan
Sumber: pexels.com

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat daftar pengeluaran rumah tangga.

Coba list berbagai kebutuhan rumah tangga seperti tagihan listrik dan air, PBB tahunan,  sandang dan pangan, dana darurat untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak, transportasi untuk biaya BBM atau biaya transportasi umum, asuransi dan lain sebagainya.

Selain itu, coba cek kembali apakah ada pengeluaran lain yang biasanya wajib Anda bayarkan secara teratur, salah satu yang terpenting adalah membayar cicilan maupun utang lain seperti KPR, KKB.

Tentu saja hal ini perlu dianggarkan secara spesial jika Anda masih memiliki utang yang berjalan.

Setelah mengetahui pos pengeluaran, Anda harus mengalokasikan dana untuk setiap pos yang ada. Anda bisa menggunakan aplikasi gratis maupun menggunakan tabel spreadsheet di Excel.

Hal ini tentu akan membantu Anda untuk menghitung setiap jenis pengeluaran, dan melihat perlu tidaknya mengalokasikan uang tersebut.

Saat PPKM Tetap Bisa Berpenghasilan Walau dari Rumah

Kondisi pandemi semakin melonjak, tentu berpengaruh pada berbagai aspek termasuk dalam hal ekonomi.

Ada yang penghasilannya berkurang, bahkan ada yang tidak mendapatkan penghasilan sama sekali karena yang biasanya mungkin berjualan di sebuah toko, terpaksa harus tetup.

Kondisi tersebut tentu sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi bagi yang sudah berkeluarga.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, bisa bergabung mendaftar menjadi reseller Evermos. Anda berkesempatan berjualan produk kebutuhan sehari hari terlengkap di Aplikasi Evermos.

Insya Allah, ini menjadi sebuah solusi untuk tetap berpenghasilan walaupun dalam kondisi PPKM.

Untuk para ibu-ibu yang profesinya menjadi ibu rumah tangga juga memiliki peluang besar untuk berpenghasilan.

Itung-itung bisa membantu perekonomian keluarga, bukan? Bisa jualan sambil ngurus rumah, suami ataupun anak.

Zaman sekarang, ibu-ibu bisa berpenghasilan sekaligus mampu mengurus pekerjaan rumah tangga itu hal yang sangat luar biasa.

Apakah Anda mau begitu? Kalau iya, yuk segera daftar sekarang dan dapatkan keuntungan jutaan rupiah perbulannya. Klik tombol di bawah ini ya. Pendaftaran gratis, lho!

daftar reseller evermos gratis

2. Membuat Kalender Tagihan

Cara Mengelola Keuangan
Sumber: pexels.com

Anda perlu membuat kalender tagihan setiap bulan agar pengelolaan keuangan rumah tangga Anda lebih teratur.

Jangan lupa untuk menandai setiap tanggal berapa saja Anda harus membayar tagihan air atau listrik, membayar uang sekolah anak, tanggal tagihan kartu kredit (jika ada), maupun tagihan lainnya.

Anda harus membiasakan untuk teratur melakukannya di awal bulan, maksimaln di tanggal 10 setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih teratur dalam mengelola keuangan.

3. Membayar Utang Setiap Bulan

Cara Mengelola Keuangan
Sumber: pexels.com

Jika Anda memang memiliki pengeluaran untuk membayar cicilan utang setiap bulan, maka harus diprioritaskan.

Anda harus memastikan untuk membayar utang secara teratur setiap bulan agar Anda tidak tertunggak.

Cobalah untuk mendaftar dalam program manajemen utang agar dapat keringanan dalam melunasi utang kartu kredit maupun KTA, dengan begitu hal ini juga bisa membantu Anda dalam meringankan anggaran setiap bulan.

Cara ini dinilai cukup efektif, terutama bagi Anda yang memang memiliki kesulitan dalam membayar utang setiap bulannya.

4. Membuat Goal dalam Menabung

Cara Mengelola Keuangan
Sumber: pexels.com

Salah satu kunci sukses dalam mengatur keuangan rumah tangga yaitu bisa menabung. Langkah utama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyisihkan, bukan menyisakan uang setiap bulan.

Banyak orang yang mengelola dengan kurang tepat karena sisa uang di akhir bulan sudah terlanjur habis dan tidak lagi dapat menabung.

Padahal jika saja setiap awal bulan Anda dan keluarga teratur menyisihkan setidaknya 10 – 30% pendapatan bulanan ke rekening tabungan, hal ini bisa memberikan dampak yang besar untuk Anda.

Dari hasil tabungan ini tentu bisa dipakai untuk dana liburan, dana pendidikan, dan lain sebagainya.

Sudah punya planning masa depan namun bingung mendapatkan penghasilan? Jangan khawatir. Kami punya solusinya. Yuk bergabung bersama menjadi reseller Evermos untuk mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Dengan menjadi reseller, Anda berkesempatan memiliki bisnis online sendiri dan berjualan ragam produk kebutuhan sehari -hari terlengkap.

Tidak punya modal? Jangan khawatir! pendaftarannya gratis. Anda tinggal langsung berjualan tanpa perlu memikirkan stok dan pengiriman barang.

Langsung klik tombol daftar di bawah ini,  siap-siap untuk dapat komisi ya!

daftar disini sekarang

Baca juga: 4 Cara Menyusun Manajemen Keuangan Bisnis Online Yang Mudah

5. Menyisihkan Uang untuk Dana Darurat

Cara Mengelola Keuangan
Sumber: pexels.com

Dengan menyisihkan uang untuk dana darurat juga tidak kalah penting dan mesti dilakukan. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk digunakan dalam keadaan darurat, seperti apabila Anda jatuh sakit atau mungkin dipecat dari pekerjaan.

Fungsi dana darurat akan sangat terasa ketika sumber penghasilan utama Anda benar-benar hilang, sehingga memang benar-benar tidak boleh digunakan sama sekali dan harus dialokasikan dalam sebuah rekening tabungan khusus.

6. Memantau Pengeluaran

Cara Mengelola Keuangan
Sumber: pexels.com

Setelah Anda mengetahui besaran pengeluaran apa saja dan berapa besaran yang dialokasikan untuk setiap kebutuhan, jangan lupa untuk melakukan implementasi dan evaluasi.

Anda harus mencoba memantau pengeluaran, apakah alokasi yang selama ini Anda buat untuk keuangan keluarga Anda sudah cukup atau masih kurang.

Anda harus mengecek kembali pos mana yang membutuhkan nominal lebih, serta di pos mana sebaiknya dikurangi atau bahkan dihilangkan.

7. Mengubah Kebiasaan untuk Menggunakan Uang Tunai atau Kartu Debit

Cara Mengelola Keuangan
Sumber: pexels.com

Sebaiknya hindari untuk menggunakan kartu kredit dalam pembayaran sehari-hari. Kartu kredit memang baik digunakan untuk mendapatkan promo, sehingga Anda bisa membayar lebih murah.

Jika Anda menggunakan kartu kredit secara terus menerus, biasanya akan ada kecenderungan untuk menggunakan secara tidak terkontrol. Efeknya malah jadi boros.

Tentunya hal ini bisa memberikan dampak buruk jika terjadi tanpa sadar, tagihan yang datang di bulan depan bisa membengkak secara tiba-tiba.

Jadi, sebaiknya ubah kebiasaan Anda untuk menggunakan uang tunai atau kartu debit.

Nah, itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatur atau mengelola keuangan dalam rumah tangga agar bisa tetap hemat.

Setelah membaca artikel ini semoga Anda bisa terinspirasi dan semakin semangat dalam menjalankan bisnis Anda.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis namun masih bingung atau terkendala modal jangan khawatir. Anda bisa bergabung bersama menjadi reseller Evermos. Siapapun Anda tetap bisa mendapatkan kesempatan untuk berpenghasilan jutaan rupiah perbulannya, loh.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia.

Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala Modal, Tenang Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Tidak perlu stok barang
  • Tanpa ribet packing dan kirim
  • Bisa jualan di marketplace
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

Yuk, Gabung Disini!

Sekian artikel mengenai Cara Mengelola Keuangan ini . Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×