3 Cara Mengedit Video Jedag Jedug di CapCut dengan Mudah dan Keren

Apakah Anda pengguna TikTok yang ingin ikut tren membuat video jedag jedug? Simak cara mengedit video jedag jedug di CapCut pada artikel ini!

Tenarnya aplikasi TikTok di Indonesia membawa keberuntungan dan kepopuleran kepada salah satu aplikasi pengedit video yaitu CapCut. CapCut merupakan aplikasi edit video yang memudahkan pengguna untuk membuat konten audio visual yang mereka inginkan. 

Selain karena cara penggunaannya yang mudah dan ramah bagi pemula, CapCut juga menyediakan template untuk membuat video. Sehingga, pengguna tidak perlu susah payah merangkai konsep video, latar suara, dan berbagai efek serta filter sedari awal. 

Pengguna hanya perlu memasukkan foto atau video yang mereka inginkan sesuai instruksi dari template yang telah disediakan oleh CapCut.  

Adapun salah satu konsep konten yang saat ini sedang trending adalah video jedag jedug. Video jedag jedug adalah konsep konten khas Indonesia yang bahkan juga ramai dibuat oleh orang-orang di luar negeri.

Lalu, bagaimana cara mengedit video jedag jedug di CapCut? Simak cara lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Cara Membuat Brosur di HP Lewat Aplikasi yang Mudah dan Praktis.

Cara Mengedit Video Jedag Jedug di CapCut

1. Cara Membuat Jedag Jedug di CapCut Tanpa Template

cara mengedit video jedag jedug di capcut
Sumber: canva.com

Sebagai aplikasi edit video, CapCut bisa digunakan untuk perangkat Android dan iOS. Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah dapat mengedit video jedag jedug. Berikut ini adalah cara membuat jedag jedug di capcut tanpa template.

a. Cara Bikin Jedag Jedug di CapCut dengan Cepat

  • Unduh dan install aplikasi CapCut di perangkat Android atau iOS kamu.
  • Buka aplikasi CapCut dan klik tombol “New Project”.
  • Tambahkan video yang akan kamu edit.
  • Tambahkan lagu DJ atau lagu jedag jedug yang kamu inginkan.
  • Sesuaikan kecepatan video dengan beat lagu DJ.
  • Tambahkan efek dan animasi untuk mempercantik video.
  • Eksport video dan simpan.

b. Cara Menyesuaikan Kecepatan Video dan Lagu

Dari cara di atas, yang perlu Anda maksimalkan adalah penyesuaian kecepatan video dengan beat lagu atau latar belakang suara. Berikut ini cara mudah untuk menyesuaikan kecepatan video dengan lagu. 

  • Buka menu Speed.
  • Pilih Curve.
  • Pilih Custom.
  • Klik tombol Edit untuk mulai membuat curve velocity secara manual.
  • Geser salah satu beat poin ke atas untuk meningkatkan kecepatan video.
  • Geser salah satu beat poin ke bawah untuk memperlambat video.

Selain membuat video jedag jedug untuk konten di TikTok, Anda juga bisa mengunduh video yang Anda sukai di TikTok tanpa watermark. Simak berbagai cara mudahnya disini: 6 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark di Android dan iPhone, Bisa Tanpa Aplikasi!

2. Cara Membuat Video Jedag Jedug di CapCut dengan Manual 

Penjelasan di atas adalah cara simpel dan ringkas mengenai cara membuat video jedag jedug di CapCut. Apabila Anda ingin menghasilkan video jedag jedug yang lebih berkualitas dan sempurna, Anda bisa mengikuti cara buat jedag jedug di CapCut dengan manual berikut ini.

a. Buka Aplikasi CapCut dan Impor Video

Pada aplikasi CapCut, klik tombol  + New Project atau Create New Project di layar utama untuk membuat proyek baru. Kemudian, impor video jedag jedug yang ingin Anda edit dengan mengklik tombol “+”, lalu pilih video yang diinginkan dari galeri Anda.

b. Potong Video yang Terlalu Panjang

Apabila video yang Anda impor dari galeri terlalu panjang, Anda dapat memotong durasi video tersebut sesuai dengan kebutuhan konten jedag jedug yang ingin Anda buat. 

Caranya yaitu, dengan klik video di timeline, lalu geser pegangan pada ujung video hingga ke posisi yang Anda inginkan untuk memotongnya. Selain itu, untuk hasil yang lebih jelas dan detail, Anda juga bisa memanfaatkan tombol potong video di bagian bawah layar aplikasi. 

c. Tambahkan Latar Musik Jedag Jedug

Setelah video sudah pas, Anda bisa menambahkan latar musik dengan klik Audio di bagian bawah layar perangkat Anda. Kemudian, pilih musik khas konten jedag jedug yang Anda inginkan di galeri musik CapCut.

Di CapCut, Anda juga bisa menyesuaikan durasi musik sesuai dengan panjang dari video yang Anda ingin buat. 

d. Berikan Efek dan Filter Ala Konten Jedag Jedug

Selanjutnya, saatnya memberikan sentuhan khas ala jedag jedug yaitu dengan efek dan filter yang unik, seperti efek kejut, efek transisi yang cepat, dan filter-filter mencolok. Efek dan filter ini bisa Anda tentukan dengan klik Effect di bagian bawah perangkat Anda. 

e. Tambahkan Teks dan Transisi 

Cara mengedit video jedag jedug di CapCut selanjutnya yaitu dengan menambahkan teks yang Anda inginkan pada opsi “Text” dan pilih “Add Text”. Kemudian, agar memperkuat khas dari jedag jedug, Anda dapat menambahkan transisi antar potongan video. 

Caranya yaitu dengan klik ikon “Transition”, lalu pilih transisi yang sesuai dan tarik ke antara dua klip video yang Anda butuhkan. 

Setelah mengikuti langkah di atas, selanjutnya Anda bisa melihat tinjauan video Anda sebelum di unggah ataupun disebarkan ke berbagai media. Jika sudah oke dengan videonya, Anda bisa klik “Export” untuk menyimpan video dan video yang Anda inginkan akan tersimpan di galeri. 

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Video Facebook ke Galeri Tanpa Aplikasi dengan Mudah dan Cepat.

3. Cara Buat Jedag Jedug di CapCut dengan Template

cara mengedit video jedag jedug di capcut
Sumber: freepik.com

Selain dengan cara manual, cara bikin jedag jedug di CapCut juga bisa dengan menggunakan template. Cara ini akan sangat memudahkan Anda untuk mengedit konten video yang Anda inginkan tanpa effort yang besar.

  • Buka aplikasi CapCut yang sudah di download.
  • Login CapCut dengan menggunakan aplikasi TikTok.
  • Klik menu Template, lalu pilih fitur Beat.
  • Temukan template video jedag jedug yang Anda inginkan.
  • Klik pilihan gunakan template, lalu pilih foto ataupun video yang ingin Anda gunakan sebagai konten di video jedag jedug.
  • Anda bisa menyesuaikan durasi, menambahkan filter lain, dan mengedit berbagai hal lainnya, atau cukup menggunakan template yang tersedia.
  • Apabila video atau foto sudah ditambahkan dan diedit, klik Ekspor untuk menyimpan video ke galeri.
  • Apabila Anda ingin menyimpan video tanpa watermark, maka pilih menu ekspor tanpa tanda air. 
  • Tunggu beberapa saat hingga proses mengunduh selesai, dan video jedag jedug akan tersimpan di galeri perangkat Anda.

Demikianlah informasi mengenai cara mengedit video jedag jedug di CapCut dengan mudah. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda ingin mengetahui informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda bisa kunjungi Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal. Apalagi, jika Anda tertarik memulai usaha dan masih pemula dalam berbisnis, maka Anda bisa memulainya sebagai reseller Evermos. Klik tombil di bawah ini untuk mendapatkan penawarannya!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)