Terkena PHK? Inilah 5 Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Bertahan

Dengan adanya pandemi Covid-19, berdampak pada berbagai aspek kehidupan, terutama pada masalah ekonomi. Banyak para pekerja yang terkena PHK di tengah pandemi ini, sehingga mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya. Apakah Anda salah satu orang yang terkena PHK? Mungkin akan kebingungan bagaimana cara mengatur keuangan agar bisa bertahan di masa pandemi.

Saat terkena PHK, mungkin Anda mendapatkan pesangon. Tetapi bukan berarti dana tersebut dilakukan secara tak terkendali.

Nah, karena keadaan saat ini sedang diambang ketidakjelasan, penting bagi kita semua untuk mengelola keuangan dengan lebih cerdas. Hal ini penting sekali dilakukan supaya kita dapat terhindar dari kerugian finansial.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan setelah terkena PHK? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Patut Dicoba! Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Bertahan Setelah PHK 

1. Perhatikan Pemasukan dan Pengeluaran

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: pexels.com

Memang bukanlah hal yang mudah dalam mengatur keuangan. Akan tetapi, kita perlu mulai berlatih untuk mengatur keuangan secara cerdas.

Anda harus menghitung berapa budget pemasukan, kemana saja uang tersebut dihabiskan atau dikeluarkan. Sebaiknya Anda memiliki catatan khusus seperti daftar pemasukan dan pengeluaran.

Dengan membuat daftar pemasukan dan pengeluaran, tujuannya untuk menghindari istilah yang mengatakan besar pasak daripada tiang.

Pengeluaran Anda harus seimbang dengan pemasukan. Hal ini juga berpengaruh untuk masa depan dan membuat Anda bertahan, paling tidak sampai Anda mendapatkan pekerjaan baru.

2. Rencanakan Setiap Pengeluaran dengan Matang

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: pexels.com

Terkadang rencana awal meleset, ketika merencanakan sesuatu atau mengatur keuangan. Akan tetapi, setidaknya Anda sudah mengetahui kewajiban yang harus Anda bayar.

Contoh pengeluaran yang harus Anda bayar adalah kebutuhan listrik, air, cicilan, transportasi, kebutuhan pangan dan lain sebagainya.

Jika Anda sudah merencanakan setiap pengeluaran dengan matang, maka akan mudah ketika Anda ingin mengeluarkan pengeluaran seperti membeli sesuatu. Sehingga budget yang dikeluarkan sebisa mungkin sesuai dengan list perencanaan.

3. Manfaatkan Setiap Diskon dan Promo

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: pexels.com

Walaupun banyak bisnis mengalami gulung tikar di tengah pandemi, tapi kenyataannya banyak juga bisnis khususnya secara online yang mendapat keuntungan besar.

Banyak bisnis online dan juga e-commerce berlomba-lomba untuk memberikan promo dan diskon yang menarik untuk menarik perhatian para customer.

Nah, Anda sebagai customer dapat secara cerdas dan bijak memanfaatkan kesempatan promo dan diskon yang ada supaya bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

Baca juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Cerdas Dan Tepat

4. Cari Penghasilan Tambahan

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: pexels.com

Anda bisa mulai mencoba buka bisnis kecil-kecilan dengan modal minim dari dana pesangon yang Anda miliki.

Anda bisa melakukan bisnis ini secara online dengan memanfaatkan marketplace atau bisa mempromosikannya di media sosial.

Dengan begitu, sedikit demi sedikit Anda bisa mendapatkan penghasilan dari hasil bisnis kecil-kecilan ini.

5. Segeralah Cari Pekerjaan Baru

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: pexels.com

Walaupun Anda terkena PHK, jangan patah semangat karena bukan berarti Anda tidak memiliki skill atau kemampuan.

Di luaran sana, masih ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja walaupun sedang di kondisi pandemi seperti sekarang.

Nah, Anda bisa mulai melangkah untuk mencari pekerjaan baru. Anda bisa memilih pekerjaan pada bidang yang Anda kuasai, dan harus Anda pastikan pula perusahaan yang akan Anda lamar memiliki prospek yang baik untuk kedepannya.

Lalu, Apalagi yang Bisa Anda Lakukan?

Cara Mengatur Keuangan
Sumber: pexels.com

Dengan menjadi reseller Evermos, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan dari setiap penjualan produk yang Anda jual kepada konsumen.

Kenapa disarankan untuk menjadi reseller online? Anda bisa miliki penghasilan sesuai keinginan, dengan sistem jualan online yang mudah. Anda tidak perlu ribet memikirkan stok barang ataupun pengiriman.

Ada beragam pilihan produk yang tersedia di Evermos. Mulai dari produk kebutuhan primer hingga tersier. Sudah banyak brand-brand ternama yang sudah mempercayakan promosinya pada Evermos.

Jadi, sekali lagi kenapa Anda perlu bergabung menjadi reseller Evermos? Dengan Anda daftar sekali saja, untungnya bisa berkali-kali!

Yakin mau melewatkan kesempatan ini? Yuk, segera daftarkan diri Anda menjadi reseller hebat di Evermos!  Klik Daftar Reseller Evermos di bawah ini.

Daftar Reseller Evermos 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, semoga setelah membaca artikel ini ada pencerahan dalam mengatur keuangan dengan baik. Khususnya bagi orang yang terkena PHK, bisa melangkah lebih semangat lagi dalam menjemput rezeki. Salah satunya dengan menjadi reseller Evermos.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada situs blog Evermos.

×