Home » 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami Tanpa Obat

8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami Tanpa Obat

by Siti Choerunnisa
0 comment

Nyeri haid kerap dialami wanita setiap bulannya. Namun, jangan terburu-buru untuk meminum obat. Coba dulu cara mengatasi nyeri haid yang alami tanpa obat.

Banyak faktor yang menyebabkan sakitnya haid seorang wanita, bisa disebabkan dari hormon, stress, ataupun makanan. Biasanya, para wanita akan mengalami rasa yang berdenyut yang intens pada bagian perut bawah.

Rasa sakit ini pun timbul dari Kontraksi pada dinding rahim yang menekan pembuluh darah menyebabkan berkurangnya suplai oksigen di rahim. Berkurangnya oksigen ini menyebabkan rahim mengeluarkan hormon yang menimbulkan rasa sakit.

Rasa sakit ini sampai bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Tingkat toleransi seorang wanita terhadap rasa sakit itu pun berbeda-beda. Ada wanita yang tidak mengonsumsi apapun sudah sembuh namun ada yang memerlukan obat.

Oleh karena itu, berikut kami berikan ulasan cara mengatasi nyeri haid secara alami tanpa obat untuk membantu penyembuhan.

Baca Juga : Penting! Lakukan 10 Cara Menjaga Kesehatan yang Baik di Musim Hujan

1. Mengonsumsi Pisang

cara mengatasi nyeri haid

sumber : pexels.com

Pisang ternyata bisa digunakan untuk mengatasi nyeri haid. Kandungan dalam pisang kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi rasa kembung sehingga nyeri haid  jadi berkurang.

Selain itu, pisang juga tinggi akan magnesium yang bisa membantu otot menjadi rileks termasuk otot perut.

Adanya kandungan potassium dan vitamin pada pisang juga dapat meningkatkan mood dan pergerakan otot. Disarankan untuk mengonsumsi satu hingga dua buah pisang sehari saat haid.

Baca Juga : Ketahuilah Penyebab Demam Berdarah Berikut Ini Agar Lebih Waspada

2. Mengonsumsi Telur

cara mengatasi nyeri haid

sumber : pexels.com

Telur adalah sumber vitamin D, B6, dan E, dan protein yang baik untuk tubuh. Pola makan yang tinggi akan vitamin D dan B, dan E bisa membantu menurunkan gejala PMS, termasuk juga mengurangi nyeri haid. Selain itu kandungan protein bisa membantu mengisi kembali darah dan nutrisi ke tubuh.

3. Mengonsumsi yoghurt

cara mengatasi nyeri haid

sumber : pexels.com

Yoghurt rendah lemak yang kaya akan kalsium juga bisa melawan nyeri haid. Satu cangkir yoghurt bisa menggantikan hilangnya kalsium harian akibat pendarahan haid..

Selain itu kandungan kalsium bersama tambahan vitamin D bisa menurunkan gejala PMS serta meredakan nyeri haid hingga 40 persen.

Tidak hanya unggul sebagai bumbu masak, jahe juga dikenal sebagai obat untuk beragam macam penyakit. Manfaat jahe banyak sekali untuk kesehatan, termasuk untuk mengatasi nyeri haid.

Jahe mengandung senyawa utama gingerol yang mampu meredakan kembung dan mual. Kedua gejala paling umum terjadi saat haid. Mengonsumsi teh jahe segar dapat membantu meringankan kram perut secara efektif.

Bahkan, sebuah penelitian mengatakan bahwa manfaat jahe sama efektifnya dengan obat pereda nyeri ibuprofen.

4. Dark Chocolate

cara mengatasi nyeri haid

sumber : pexels.com

Dark chocolate kaya akan kandungan cokelat yang mengandung antioksidan dan polifenol yang mampu meningkatkan kadar serotonin tubuh. Hormon ini bisa membantu meningkatkan mood dan energi.

5. Sayuran Hijau Berdaun

cara mengatasi nyeri haid

sumber : pexels.com

Perempuan kehilangan banyak darah selama haid. Karena itu, perempuan kehilangan banyak nutrisi yang tersimpan dalam darah seperti zat besi, magnesium, dan kalium.

Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan nyeri. Untuk meringankan rasa sakit tersebut, konsumsilah sayuran berdaun hijau yang kaya akan zat bersi seperti bayam dan sawi hijau.

6. Teh Hijau

cara mengatasi nyeri haid

sumber : pexels.com

Selain karena rasa hangat yang membantu menenangkan otot, teh hijau juga dapat mengurangi kadar estrogen. Teh hijau juga bisa menyeimbangkan hormon yang menyebabkan rasa sakit pada tubuh.

Selain mengonsumsi teh hijau, anda juga bisa memanfaatkam teh chamomile untuk mengurangi rasa sakit.

Ganti kopi pagi Anda dengan teh hijau selama periode haid, karena cafein dapat memperparah rasa nyeri pada haid.

7. Minum Air Putih

cara mengatasi nyeri haid

sumber : pexels.com

Kekurangan cairan adalah salah satu penyebab dari kram saat haid. Minum banyak air putih adalah solusi yang bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Mencukupi asupan cairan pada tubuh menjadi kunci penting untuk meredakan kram perut saat haid.

Selain air putih, Anda juga bisa minum meminum jus murni tanpa tambahan gula sebagai salah satu cara dalam mengatasi nyeri haid.

8. Kompres Hangat/Dingin

cara mengatasi nyeri haid

sumber : pexels.com

Cara selanjutnya adalah Anda bisa melakukan kompres dengan air hangat/air dingin. Caranya dengan menempelkan kantong karet/handuk yang telah di rendam air ke bagian tubuh yang terasa nyeri. Anda bisa sembari memijat-mijat tubuh sambal kompres.

Efeknya adalah otot tubuh menjadi lebih rileks karena peningkatan suhu tertentu. Selain itu air hangat bisa memperlebar pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah lancar sehingga mengurangi rasa nyeri.

Demikianlah cara mengatasi nyeri haid secara alami tanpa obat. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami nyeri haid.

Untuk membaca artikel tentang kesehatan lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Related Posts