Home » 8 Cara Mengatasi Insomnia Secara Ampuh dan Alami Tanpa Obat

8 Cara Mengatasi Insomnia Secara Ampuh dan Alami Tanpa Obat

by Siti Choerunnisa
0 comment

Insomnia adalah sebuah penyakit yang bisa mengganggu waktu tidur. Pasalnya, tidur adalah kebutuhan dasar yang sangat penting dan harus dicukupi. Gangguan tidur di malam hari bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, berikut kami berikan tips cara mengatasi insomnia yang ampuh dan alami tanpa obat.

Faktor terjadinya insomnia bisa bermacam-macam, mulai dari gaya hidup, psikologi, hingga kesehatan fisik. Penting untuk mengetahui apa penyebab dari insomnia, sehingga gangguan tidur ini bisa dengan mudah diatasi.

Karena sudah frustasi dan ingin insomnia cepat terobati, banyak orang yang mengonsumsi obat tidur untuk mengatasi Insomnia ini. Padahal, obat tidur bisa menimbulkan berbagai efek samping.

Padahal ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia secara alami tanpa obat. Yuk, Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini:

8 Cara Mengatasi Insomnia Secara Ampuh dengan Bahan Alami Tanpa Obat

1. Menggunakan Wewangian Lavender

cara mengatasi insomnia

Saat menjelang waktu tidur, gunakanlah minyak aromaterapi lavender di kamar.

Berdasarkan penelitian dari 159 wanita pasca melahirkan yang diberikan aromaterapi lavender selama 8 minggu. Mereka menyatakan bahwa adanya peningkatan kualitas tidur.

Studi lain dalam jurnal “Nursing in Critical Care” tahun 2017 menyebut bahwa 60 orang dengan penyakit jantung diminta untuk menghirup aroma lavender. Lalu, 2 persennya melaporkan bahwa kualitas tidurnya meningkat dan rasa cemas berkurang.

Baca Juga : 7 Ide Makanan Vegetarian yang Sehat dan Lezat untuk Anda Konsumsi

2. Minum Teh Chamomile

cara mengatasi insomnia

Salah satu jenis teh yang banyak digunakan untuk  mengatasi insomnia adalah teh chamomile. Teh chamomile ini mengandung zat yang memberikan efek sedatif dan membantu Anda lebih mudah tertidur. Efek ini disebabkan oleh kandungan apigenin pada flavonoid yang terikat dengan reseptor benzodiazepin pada otak.

Selain dalam bentuk teh, chamomile ini juga tersedia dalam bentuk aromaterapi yang bisa membuat suasana lebih nyaman.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Menu Makan Malam Sehat dan Lezat | Cocok Untuk Diet!

3.. Mengonsumsi Tomat

cara mengatasi insomnia

Cara mengatasi Insomnia satu ini termasuk cara paling mudah. Jenis sayuran ini  mudah didapatkan di pasaran dan harganya pun murah.

Kandungan senyawa melatonin yang tinggi pada tomat dapat menjadi pengendali bagi siklus tidur seseorang.

Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus atau smoothie.

4. Segelas Susu Hangat

cara mengatasi insomnia

Terganggunya tidur di malam hari bisa terjadi karena adanya gangguan pada melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur.

Maka dari itu, cara yang cukup ampuh untuk mengatasi Insomnia adalah dengan mengonsumsi segelas susu hangat saat akan tidur. Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak untuk memproduksi hormon melatonin, sehingga insomnia bisa dihindari.

Kandungan magnesium dalam susu pun mampu membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Kondisi rileks ini bisa membantu Anda lebih mudah untuk terlelap.

5. Mengonsumsi Kiwi

cara mengatasi insomnia

Makanan yang kaya akan melatonin selanjutnya adalah Buah Kiwi. Sebuah riset menunjukkan bahwa dengan memakan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur selama empat minggu menunjukkan peningkatan efisiensi, kualitas dan kuantitas tidur.

6. Suasana Kamar yang Nyaman

cara mengatasi insomnia

Salah satu faktor pendukung tidur nyenyak adalah suasana kamar. Bisa jadi Insomnia muncul karena suasana kamar tidak nyaman.

Cobalah untuk mengubah suasana kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Anda juga bisa mencoba mengatur suhu kamar agar terasa lebih sejuk.

Selanjutnya, pakailah kamar tidur hanya untuk beristirahat, jangan dijadikan tempat bekerja, menonton, atau main gim.

7. Rajin Olahraga

cara mengatasi insomnia

Mengatasi insomnia yang cukup ampun juga bisa dengan rutin melakukan olahraga. Dengan rutin berolahraga terbukti bisa memberikan manfaat baik tubuh.

Olahraga tidak hanya berpengaruh pada fisik, namun secara keseluruhan seperti suasana hati dan membuat tidur lebih berkualitas karena olahraga akan melepaskan hormon kortisol.

Waktu terbaik untuk berolahraga adalah sore hari atau beberapa jam sebelum tidur. Anda juga bisa melakukan olahraga di pagi hari seperti berjalan, peregangan, atau yoga.

8. Gaya Hidup Sehat

cara mengatasi insomnia

Gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu insomnia. Kebiasaan seperti merokok, mengonsumsi kafein berlebihan dan makanan yang kurang sehat, bisa meningkatkan risiko gangguan tidur.

Maka, untuk mengatasinya, cobalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Selain itu, Hindarilah kafein dan nikotin di ujung hari. Sebab, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur.

Demikianlah ulasan mengenai  cara mengatasj Insomnia yang ampuh dengan cara alami. Dengan adanya artikel ini, diharapkan Anda semua bisa mendapat istirahat yang berkualitas agar hari-hari berjalan produktif.

Semoga artikel ini bermanfaat bagu Anda yang membutuhkannya. Jangan lewatkan artikel Kesehatan menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Related Posts