Amalkan Doa Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus Ini! Pasti Sembuh!

Cara mengatasi gigi ngilu terus menerus – Seringkali gigi secara tiba-tiba terasa ngilu, bahkan terkadang ngilu tersebut terasa terus menerus. Tapi jangan khawatir, bacalah cara mengatasi gigi ngilu terus menerus berikut ini.

Gigi adalah salah satu hal penting yang ada di dalam tubuh manusia. Karena gigi memiliki banyak fungsi.

Salah satunya adalah untuk mengunyah makanan sebelum masuk ke tenggorokan dan berlabuh di dalam perut.

Bayangkan jika makanan yang keras masuk ke tenggorokan tanpa dikunyah oleh gigi, pasti akan sakit dan kemungkinan tak akan bisa masuk.

Oleh karena itu gigi sangat berperan penting. Apa jadinya kalau gigi terasa ngilu dan sakit? Untuk mengatasinya simak artikel tentang cara mengatasi gigi ngilu terus menerus berikut ini.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus, Ketahui Dulu Sebabnya

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus
Sumber: pexels.com

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara mengatasi gigi ngilu terus menerus, ada beberapa hal yang menyebabkan gigi terasa ngilu.

1. Akibat mengkonsumsi makanan dan minuman

Gigi ngilu terkadang tak bisa diduga datangnya. Salah satu penyebabnya adalah karena memakan makanan dan minuman yang mudah membuat gigi ngilu.

Makanan dan minuman tersebut biasanya yang bersifat masam, seperti saus tomat, lemon, dan yang bersuhu dingin.

2. Menggosok gigi terlalu keras

Kemudian penyebab gigi ngilu biasanya karena menggosok gigi yang tidak benar. Misalnya terlalu keras dan ditekan sehingga membuat luka pada gusi.



Hal itu lah yang membuat gigi terasa ngilu sehingga perlu dilakukan pengobatan agar gigi tak terasa ngilu lagi.

3. Gigi berlubang

Selanjutnya adalah gigi berlubang. Gigi berlubang berarti gigi tersebut rusak, dan gigi yang rusak akan mudah terasa sakit dan ngilu karena ada luka atau  bakteri yang menyebabkan gigi ngilu.

Oleh karena itu jika memiliki gigi berlubang bersegeralah ke dokter untuk melakukan tindakan agar gigi bisa langsung ditambal.

4. Gigi retak

Adapun penyebab gigi ngilu lainnya adalah karena gigi yang mengalami keretakan. Gigi yang retak akan mudah terasa sakit dan ngilu.

Hal ini karena akar gigi yang retak mudah terpapar rangsangan dari luar, sehingga jika gigi terkena rangsangan tersebut akan terus menerus ngilu.

5. Gusi bengkak

Lalu gusi bengkak juga bisa menjadi penyebab gigi terasa ngilu dan sakit. Tak hanya membuat gigi ngilu, gusi yang bermasalah juga bisa menyebabkan gejala lain.

Misalnya gusi berdarah, bahkan jika parah bisa bernanah. Maka dari itu jika mengalami gusi bengkak harus segera diobati.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus yang Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui penyebab gigi menjadi ngilu, berikut ini merupakan cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi gigi ngilu terus menerus.

1. Merawat mulut agar selalu bersih

Cara mengatasi gigi ngilu terus menerus yang pertama adalah menjaga kebersihan mulut dan merawatnya agar selalu bersih.

Caranya sangat mudah, rajinlah untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari, atau kalau bisa sehabis makan langsung menggosok gigi agar gigi selalu bersih.

Dengan begitu mulut Anda bisa bersih selalu dan gigi tidak akan terasa ngilu.

2. Menambal gigi yang berlubang

Penyebab gigi ngilu salah satunya adalah gigi berlubang. Maka yang harus dilakukan agar gigi tidak terasa ngilu dan sakit adalah dengan menambalnya.

Menambal gigi yang berlubang adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Karena gigi yang berlubang dapat menyebabkan banyak bakteri masuk dan membuat gigi sakit.

Selain itu dengan menambal gigi dapat menghilangkan rasa sakit yang cukup lama, oleh karena itu menambal gigi adalah cara yang bisa Anda lakukan.

3. Merawat saluran akar gigi

Akar gigi adalah salah satu hal yang penting oleh karena itu perlu untuk merawatnya agar gigi tak terasa sakit dan ngilu.

Jika gigi ngilu akibat infeksi disertai dengan gejala demam dan pembengkakan rahang dan gusi, dokter biasanya juga akan meresepkan antibiotik dan obat pereda nyeri.

Mudah bukan cara mengatasi gigi ngilu terus menerus di atas? Selamat mencoba!

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus dengan Obat Alami

doa sakit gigi
Sumber: pexels.com

Selain dengan pengobatan di atas, cara mengatasi gigi ngilu juga bisa dilakukan dengan obat alami, seperti garam, madu, kunyit.

1. Garam 

Cara untuk mengatasi gigi berlubang dengan air garam yaitu dengan berkumur. Hal itu karena garam bersifat antiseptik yang bisa membunuh bakteri di dalam mulut.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melarutkan setengah sendok teh ke dalam segelas air hangat kemudian kumur-kumur selama 30 detik dan buang airnya.

2. Madu

Kemudian Anda bisa melarutkan setengah sendok teh madu ke dalam segelas air dan berkumur-kumur.

Karena madu juga sama seperti garam yang memiliki sifat antiseptik untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

3. Kunyit 

Selain menyedapkan makanan, kunyit juga bermanfaat sebagai obat gigi ngilu alami.  Senyawa kurkumin diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangan. 

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda parut setengah ruas kunyit dan letakkan parutan itu pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Kedua, Anda bisa mengolah kunyit tersebut menjadi pasta gigi.

Amalkan Doa Cara Mengatasi Gigi Ngilu Terus Menerus biar Sembuh

doa sakit gigi
Sumber: unsplash.com

Tak hanya ikhtiar dengan melakukan pengobatan, dalam agama Islam ada amalan doa yang bisa dibaca untuk menyembuhkan sakit gigi. Berikut adalah doanya:

اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنْهُ سُوءَ مَا يَجِدُ وَفُحْشَهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الْمُبَارَكِ الْمَكِينِ عِنْدَكَ

Latin: Allahumma adzhib ‘anhu suu a maa yajidu wa fuhsyahu bi da’wati nabiyyikal mubarokil makini ‘indaka. 

Artinya: “Ya Allah lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.”

Jadi, selain berobat dengan cara mengatasi gigi gilu terus menerus, Anda juga bisa membaca doa di atas agar gigi selalu sehat. Semoga bermanfaat!

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel menarik lainnya dan selamat membaca.

Jika Anda ingin mendapatkan uang hanya modal HP saja, caranya sangat mudah. Karena Anda hanya perlu bergabung menjadi reseller Evermos.

Selain cukup dengan HP, Anda juga tak perlu memiliki modal, karena semua barang sudah tersedia dan Anda cukup menjualnya saja. Yuk gabung sekarang juga.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)