Cara Mengatasi Diare Saat Puasa, Hindari 5 Penyebab Ini!

cara mengatasi diare saat puasa

Berpuasa merupakan kewajiban setiap muslim atas dasar perintah dari Allah SWT agar bertakwa, namun dalam menjalankannya kita akan dihadapkan dengan berbagai kondisi. Misalnya seperti diare, bagaimana cara mengatasi diare saat puasa yang tepat?

Salah satu masalah kesehatan yang bisa terjadi ketika mengalami diare saat puasa adalah badan lemas. Selain itu, Anda juga rentan dehidrasi akibat diare. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi diare saat puasa yang penting untuk Anda ketahui.

Diare terjadi saat peningkatan jumlah buang air besar (tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam.

Apabila tidak segera diatasi dan terus terulang, kondisi ini akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab dan cara mengatasi diare saat puasa, baca penjelasannya hingga tuntas ya!

Apa penyebab sakit diare saat puasa?

Secara medis, inilah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan masalah diare khususnya ketika kita berpuasa. Penyebab puasa kita tidak diterima bukanlah karena kita sakit, melainkan kita yang melakukan hal di haramkan saat berpuasa.

Meski sedang mengalami diare, Anda tetap bisa berpuasa namun ada hal yang perlu di perhatikan dalam perawatannya dan pencegahannya.

Untuk itu, hindari hal-hal berikut agar mencegah Anda tidak mengalami penderitaan dari diare,

  • Mengonsumsi Makanan Tertentu,

    Salah satu penyebab diare saat puasa adalah mengonsumsi makanan tertentu. Hal ini merupakan penyebab paling umum dari diare yang biasanya dialami kebanyakan orang.

    Makanan yang Anda makan saat berbuka dan sahur bisa menjadi faktor penyebab Anda mengalami diare.

    Selama diare, sebisa mungkin hindari makanan berlemak (gorengan atau bersantan), makanan pedas, atau yang berbumbu tajam.

  • Infeksi pada Saluran Pencernaan

    Penyebab diare saat puasa selanjutnya adalah infeksi pada saluran pencernaan. Kebersihan makanan menjadi salah satu faktor utama yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima selama bulan Ramadan.

    Infeksi pada saluran pencernaan mungkin terjadi ketika makanan yang Anda santap tidak higienis, sehingga infeksi bisa berasal dari bakteri yang Anda makan.

    Itulah pentingnya kita selektif dalam memilih makanan yang kita konsumsi agar terhindar dari penyakit, termasuk penyakit diare.

  • Mengkonsumsi pemanis buatan

    Salah satu penyebab diare saat puasa yang mungkin cukup sering terjadi adalah konsumsi makanan manis. Puasa memang identik dengan takjil yang manis.

    Akan tetapi, Anda harus berhati-hati karena belum tentu pemanis yang digunakan alami dan sehat.

    Sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat pada produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat. Jadi, sebaiknya lebih bijaklah dalam memilih makanan manis.

    Untuk berbuka puasa, ada baiknya Anda mengonsumsi buah kurma. Selain Rasulullah menganjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma, ternyata kurma ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

  • Stres

    Stres atau terlalu banyak pikiran juga bisa menjadi penyebab diare saat puasa.  Kondisi stres memang bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, salah satunya menyebabkan diare.

    Nah, pada bulan puasa ini, sebaiknya fokuslah untuk beribadah dan menenangkan diri agar Anda tidak mengalami stres yang dapat memicu munculnya diare.

  • Perubahan Hormon

    Perubahan hormon dapat menjadi penyebab diare saat puasa, walaupun tidak semua orang yang sedang mengalami perubahan hormon akan mengalami diare.

    Akan tetapi, hal ini memang cukup memengaruhi. Biasanya, hal ini terjadi pada orang yang sedang mengalami haid.

    Biasanya, diare muncul sebelum dan selama periode menstruasi berlangsung. Diare saat menstruasi diduga berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Diare Saat Puasa?

Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak

Cara Mengatasi Diare Saat Puasa

Sumber: shutterstock.com

Setelah Anda mengenali penyebab diare saat puasa, tentu Anda sudah bisa mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Anda harus benar-benar memilih makanan yang aman untuk berbuka dan sahur jika tidak ingin mengalami diare lagi.

Makanan tinggi lemak dapat memperparah diare dan sakit perut, jadi sebisa mungkin, hindari makanan ini untuk menjadi santapan buka puasa atau menu sahur. Sebaiknya batasi konsumsi lemak kurang dari 15 gram per hari.

Selain itu, jika diare yang Anda alami belum sembuh 100%, hindari daging merah, mentega, margarin, produk susu, makanan yang digoreng, makanan cepat saji, makanan kemasan siap makan, dan makanan olahan.

Penuhi Asupan Cairan saat Sahur dan Berbuka

Cara Mengatasi Diare Saat Puasa

Sumber: shutterstock.com

Salah satu cara mengatasi diare saat puasa yang paling ampuh tentunya adalah dengan memenuhi asupan cairan tubuh.

Diare memang dapat menyebabkan kekurangan cairan, apalagi saat puasa Anda harus menahan untuk minum dalam waktu lebih dari 12 jam. Hal ini tentu akan memperburuk kondisi tubuh.

Untuk mengatasinya, usahakan pada saat sahur banyak mengonsumsi cairan seperti air putih.

Air putih dapat mencegah seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh yang bisa menyebabkan lemas dan sakit.

Penggunaan oralit sangat dianjurkan jika seseorang memiliki risiko dehidrasi. Oralit terdiri dari campuran air dengan gula dan garam, dan berfungsi untuk menggantikan karbohidrat, elektrolit/ion, dan mineral penting lainnya yang hilang dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.

Konsumsi Yoghurt Setelah Berbuka

Cara Mengatasi Diare Saat Puasa

Sumber: shutterstock.com

Anda juga bisa mengonsumsi yoghurt setelah berbuka untuk mengatai masalah diare. Mengonsumsi yoghurt secara teratur dapat meningkatkan imunitas, terutama yang berhubungan dengan pencernaan.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa yoghurt dapat mengatasi masalah infeksi pencernaan.

Bakteri probiotik yang terkandung di dalam yogurt dapat melawan bakteri jahat pada sistem pencernaan dan membantu ‘perjalanan’ makanan di saluran cerna.

Sebaiknya Anda mengonsumsi yoghurt pada malam hari sebelum tidur. Pilih yoghurt yang tidak mengandung pemanis buatan, karena yang mengandung pemanis buatan justru akan memperparah diare.

Namun, jika Anda sering diare atau diare lebih parah ketika minum susu atau makan produk olahan susu, bisa jadi Anda mengalami intoleransi laktosa.

Mengonsumsi Obat Diare

Cara Mengatasi Diare Saat Puasa

Sumber: shutterstock.com

Cara mengatasi diare saat puasa berikutnya tentu adalah dengan mengonsumsi obat antidiare. Obat antidiare mampu mengurangi gejala, serta mempersingkat lamanya diare sebanyak satu hari.

Obat antidiare yang paling sering orang konsumsi adalah loperamide. Keefektifan ini sudah terbukti dan memilki efek samping yang sedikit. Loperamide mampu menjadikan kotoran lebih padat dan mengurangi frekuensi buang air besar.

Sejumlah obat antidiare bisa dibeli di apotek tanpa menggunakan resep dari dokter. Sebaiknya baca petunjuk pada kemasan agar tahu takaran dosis yang tepat dan tahu apakah obat tersebut cocok untuk Anda.

Obat antidiare sebetulnya tidak diperlukan, kecuali Anda terdesak oleh aktivitas penting.

Mau Usaha Hanya dengan Modal HP? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Zaman yang serba canggih sekarang ini memungkinkan bagi siapa saja untuk berikhtiar mencari rezeki dengan berjualan, salah satunya adalah jualan online.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Belajar langsung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi diare saat puasa, yang dapat Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Silahkan share artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda bagi yang membutuhkannya.

Mau membaca artikel menarik lainnya? Silahkan untuk mengunjungi situs Blog Evermos. 

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×