9 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Cepat dan Alami

Kita sering mengalami biang keringat muncul di mana saja seperti ruam. Meski bisa sembuh sendiri, namun menimbulkan ketidaknyamanan. Sehingga kita harus mencari cara mengatasi biang keringat secara cepat.

Biang keringat disebabkan karena lingkungan panas dan lembab, memakai baju terlalu ketat, hingga olahraga intens. Hal ini terjadi saat terperangkap di permukaan kulit sehingga menyebabkan inflamasi pada pori-pori.

Umumnya, biang keringat terjadi pada bayi karena kelenjar keringatnya belum berkembang baik. namun orang dewasa juga bisa terkena biang keringat.

Mungkin Anda sering menganggap sepele permasalahan ini. Padahal, biang keringat bisa mengganggu aktivitas dan jika dibiarkan bisa mengakibatkan infeksi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi biang keringat? Untuk itu, mari kita simak ulasan di bawah ini mengenai cara mengatasi biang keringat secara alami dan cepat.

Baca Juga : Luar Biasa! Inilah 7 Manfaat Aloe Vera Untuk Wajah Agar Lebih Sehat

9 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Cepat dan Alami

1. Kompres Dingin

cara mengatasi biang keringat
sumber : pexels.com

Salah satu cara mengatasi biang keringat terbaik adalah dengan menggunakan kompres dingin. Kompres dingin bisa mengurangi rasa gatal, bengkak, dan kemerahan. Namun sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan kompres dingin.

Kompres dingin ini bisa dilakukan selama 5–10 menit, kemudian lepaskan kompres dan ulangi lagi sampai beberapa kali hingga mereda.

Baca Juga : Yuk, Ketahui 6 Manfaat Tanaman Lidah Mertua Serta Cara Merawatnya

2. Calamine Lotion

cara mengatasi biang keringat
sumber : pexels.com

Cara mengatasi biang keringat selanjutnya bisa dilakukan menggunakan calamine lotion. Jenis lotion ini bisa menghilangkan rasa gatal di kulit.

Namun, calamine lotion ini bisa membuat kulit kering, jadi sebaiknya gunakan pelembab kulit sebelum mengolesi lotion ini.

3. Aloe Vera

cara mengatasi biang keringat
sumber : pexels.com

Medical news today mengatakan bahwa Aloe Vera bisa mengatasi biang keringat. Ada banyak manfaat aloe vera untuk kulit, salah satunya sebagai anti inflamasi.

Cara penggunaannya adalah dengan mengaplikasikan gel aloe vera langsung pada biang keringat agar iritasi bisa berkurang.

4. Mandi dengan Air Dingin

sumber : pexels.com

Mandi dengan menggunakan air dingin bisa mendinginkan ruam panas di kulit dan dapat membantu menenangkan kulit yang gatal.

Selain itu, Penggunaan exfoliant ringan yang lembut pada kulit juga dapat membantu membuka sumbatan pori-pori.

5. Gunakan Yoghurt

cara mengatasi biang keringat
sumber : pexels.com

Yoghurt dikenal memiliki efek mendinginkan dan menyejukkan pada kulit. Untuk itu, oleskan yoghurt dingin ke biang keringat dan diamkan selama 15 menit.

Setelah itu cuci dengan air dingin dan keringkan namun, jangan menggosok kulit yang teriritasi.

Yoghurt juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur alami yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan membuat kulit lebih sehat.

6. Gunakan Air Mawar

cara mengatasi biang keringat
sumber : pexels.com

Air mawar dikenal sebagai salah satu bahan untuk kecantikan. Anda bisa membuat campuran untuk obat biang keringat dengan cara berikut: 200ml air mawar, 4 sendok makan madu, dan 200ml air.

Kemudian campur dan bekukan dalam cetakan es batu. Kemudian ambil es batu ini dan bungkus dengan kain lembut.

Tekan dengan lembut pada area yang terkena biang keringat.

Air mawar ini membantu menjaga keseimbangan pH kulit, dan juga mengontrol kelebihan minyak.

7. Oleskan Minyak Jarak

cara mengatasi biang keringat
sumber : pexels.com

Minyak jarak dapat dimanfaatkan sebagai obat biang keringat karena sifatnya mampu mengontrol minyak berlebih. Caranya dengan mengoleskan minyak jarak ke kulit yang terkena biang keringat, lalu tunggu beberapa saat hingga benar-benar menyerap.

Jika menginginkan hasil yang optimal, lakukan langkah-langkah tersebut secara rutin, sesuai kebutuhan.

8. Oleskan Madu

cara mengatasi biang keringat
sumber : pexels.com

Kandungan anti-inflamasi pada madu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi biang keringat. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu mengoleskan madu pada kulit, lalu diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Praktikkan langkah ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

9. Gunakan Kipas Angin atau AC

cara mengatasi biang keringat
sumber : pexels.com

Ventilasi memiliki peran penting untuk biang keringat dalam membantu ruam lekas mengering dan menjaga kulit tetap dingin. Maka, tempatilah ruang ber-AC atau gunakan kipas angin.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi biang keringan secara cepat dan alami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda bisa segera sembuh dari biang keringat.

Untuk membaca artikel kesehatan menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi Blog Evermos.

×