6 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Secara Mudah dan Alami

cara mengangkat sel kulit mati

Kondisi kulit kering dan terkelupas menjadi pengganggu penampilan. Kulit kering tandanya ada sel kulit mati yang belum terangkat. Untuk itu, mari kita simak ulasan mengenai cara mengangkat sel kulit mati.

Cara mengangkat sel kulit mati ternyata tidak cukup dengan mencuci wajah setiap hari karena melibatkan lapisan kulit yang lebih dalam.

Kulit yang tidak cukup memproduksi minyaklah yang menyebabkan kondisi kulit jadi mengelupas dan tampak bersisik. Beberapa penyebab kulit mengelupas antara lain adalah kurang menggunakan pelembab dan eksfoliasi.

Untuk itu, berikut kami berikan ulasa mengenai cara menghilangkan sel kulit mati secara mudah dan alami.

Baca Juga : 11 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah yang Lebih Bersih Berseri

Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Secara Mudah dan Alami

1. Gunakan Masker Oatmeal, Madu dan Plain Yoghurt

cara menangkat sel kulit amti

sumber : pexels.com

Oatmeal memiliki tekstur yang kasar dan kandungan saponin yang bisa membantu mengelupas sel kulit mati pada segala jenis kulit wajah.

Selain itu, vitamin dan mineral dalam oatmeal baik untuk kulit. Oatmeal juga mengandung protein pada oatmeal yang berguna untuk menjaga kulit lembap.

Cara menghilangkan kulit mati di wajah adalah menggunakan masker oatmeal. Cara membuatnya dimulai dengan mencampur 2 sendok makan oatmeal instan, 2 sendok makan plain yogurt, dan 1 sendok makan.

Kemudian oleskan masker tersebut ke wajah dan pijat dengan gerakan melingkar. Diamkan 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan. Selesai, lakukanlah secara rutin dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Baca Juga : 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Mudah dan Alami

2. Teh Hijau

cara menangkat sel kulit amti

sumber : pexels.com

Cara mengangkat sel kulit mati selanjutnya dapat menggunakan bahan di rumah saja, yaitu teh hijau. Teh hijau yang sudah diseduh bisa berguna untuk dijadikan scrub kulit.

Tekstur yang sedikit kasar dari teh hijau ini membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Bahkan, tidak sampai di situ saja, teh hijau juga akan membantu kulit lebih elastis dan tetap sehat karena kandungan antioksidan. Antioksidan juga berfungsi sebagai antiinflamasi dan antikarsinogenik.

Cara membuat masker teh hijau ini cukup mudah, cukup mencampurkan teh hijau dan madu.

Tuangkan 2 sendok makan teh hijau bekas ke dalam mangkuk lalu tambahkan 2 hingga 3 sendok teh madu.

Setelah itu, aduk sampai bertekstur seperti pasta yang kental. Oleskan pasta teh hijau ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan pijat lembut wajah.

3. Yoghurt

cara menangkat sel kulit amti

sumber : pexels.com

Cara mengangkat sel kulit amti selanjutnya adalah dengan menggunakan yoghurt. Yoghurt ini ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan sel kulit mati karena kandungan Asam laktatnya. Selain itu, asam laktat juga berguna untuk mencerahkan warna kulit.

Cara membersihkan kulit mati dengan yoghurt pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan yoghurt serta air mawar dengan perbandingan yang sama. Setelah tercampur rata, Anda tinggal mengoleskan masker ke seluruh wajah. Kemudian tunggu hingga mengering dan bilas dengan air hingga bersih.

4. Scrub alami Minyak zaitun + Gula

cara menangkat sel kulit amti

sumber : pexels.com

Tahukah Anda, bahwa Anda bisa membuat scrub eksfoliator alami dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang diberi campuran gula pasir.

Campuran kedua bahan tersebut Bersatu sangat baik. Minyak zaitun sendiri bagus untuk melembapkan kulit, sedangkan partikel gula yang kasar akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga bisa menambahkan perasan air lemon.

Cara menggunakannya adalah Anda bisa mengoleskan masker ke seluruh wajah hingga merata, dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dan keringkan.

5. Bubuk Kopi

cara menangkat sel kulit amti

sumber : pexels.com

Dengan tekstur yang sedikit kasar, bubuk kopi juga baik dalam menghilangkan kulit mati pada wajah. Kopi bubuk juga dapat merangsang produksi sel kulit baru.

Selain itu, kopi mengandung flavonol yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit hingga menjaga kulit tetap bercahaya.

Membuat masker dari bubuk kopi cukup mudah. Caranya adalah dengan mencampur 3 sdm bubuk kopi, 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm madu, serta 1 sdm gula halus. Kemudian aduk hingga rata dan oleskan masker ke wajah. Pijat dan diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Cara menghilangkan kulit mati bisa dengan memanfaatkan kacang almond. Almond sangat kaya akan vitamin A dan vitamin E. Almond juga memiliki kandungan lemak sehat yang berguna untuk menjaga kulit lebih sehat dan awet muda.

Untuk mengolah almond, caranya cukup ribet namun sangat worth it. Pertama Anda perlu merendam beberapa biji almond dalam air atau susu murni semalaman.

Kemudian setelah direndam kupas kulit almond dan giling menjadi pasta. Agar lebih optimal Anda bisa menmbahkan 2 sendok teh madu.

Setelah itu, oleskan pasta almond ke wajah dan pijat perlahan hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat.

6. Kulit Jeruk

cara menangkat sel kulit amti

sumber : pexels.com

Cara menghilangkan kulit mati dengan mudah adalah hanya dengan menggunakan kulit jeruk. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Setelah itu giling kulit jeruk kering sampai menjadi bubuk.

Bubuk kulit jeruk bersifat abrasive yang berguna untuk mengelupas sel kulit mati secara alami. Selain itu, kulit jeruk juga berguna untuk menghilangkan kotoran pada kulit wajah.

Kulit jeruk memilliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang melimpah yang berguna untuk meremajakan kulit.

Agar lebih optimal, Anda bisa mencampurkan bubuk kulit jeruk dengan plain yoghurt. setelah tercampur rata, Anda tinggal mengoleskannya ke wajah dan pijat perlahan. Kemudian, diamkan 20 menit dan setelah itu cuci hingga bersih.

Demikianlah 6 cara menghilangkan sel kulit mati secara alami dan mudah. Untuk mendapatkan hasil yang signifikan, Anda perlu melakukannya secara rutin 1-2 kali seminggu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba dan semoga berhasil.

Untuk membaca artikel kecantikan menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×