Ajari Si Kecil Berpuasa, Berikut 7 Cara Kreatif yang Bisa Dilakukan

Cara Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Ingin Si Buah hati jadi anak yang cerdas dan sholeh dengan belajar berpuasa? Anda patut memperhatikan bagaimana cara mengajari anak puasa sejak dini yang tepat.

Anak-anak perlu dilatih berpuasa meskipun belum diwajibkan puasa, alasannya agar terbiasa. Berikut ini cara mengajari anak puasa sejak dini secara tepat dan kreatif yang bisa para orangtua lakukan.

Meskipun anak yang belum mencapai baligh tidak diwajibkan untuk berpuasa Ramadan, tapi tak ada salahnya untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini agar lebih siap saat telah diwajibkan berpuasa

Biasanya anak-anak memiliki semangat yang tinggi untuk berpuasa, namun pada perjalanannya memang sangat sulit bagi anak-anak untuk menjalani puasa selama satu bulan penuh.

Alasan Mengapa Puasa Baik Bagi Si Kecil

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai langkah cara mengajari anak puasa sejak dini yang tepat, Anda perlu mengetahui kenapa penting mengajarkan si kecil berpuasa.

Pada masa kanak-kanak, tidak hanya fisik saja yang bertumbuh dan berkembang.

Ada pula mental yang kerap disorot menjadi salah satu penentu akhlak si kecil, tentu kita ingin anak memiliki mental yang baik.

Agar mental yang baik terbentuk, pelatihan sejak dini merupakan langkah awal bagi si kecil agar dapat menjadi pribadi yang tangguh, tidak mudah mengeluh serta selalu optimis.

Bahkan, menurut hasil riset Dr. Muhammad Mustafa Al-Samri, Washaya Al-Aba’ fi Shiyam al Abna’ atau pesan orang tua tentang puasa anak membuktikan anak-anak yang berpuasa mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan mental yang lebih baik ketimbang dengan anak yang tidak berpuasa.

Lanjutnya, anak yang mendapatkan latihan puasa lebih mampu mengemban tanggung jawab serta dapat bersikap lebih dewasa, baik dalam pola pikir maupun berperilaku.

Hebat juga ya ternyata manfaat puasa bagi perkembangan mental dan pribadi si kecil, tentu siapa yang tidak menginginkannya?

Nah, bagi Anda orang tua yang ingin mengajari anak-anaknya berpuasa Ramadan, berikut ini ada cara yang tepat dan kreatif untuk mengajarkan anak berpuasa. Simak ulasan artikel ini hingga tuntas ya!

Cara Melatih Anak Untuk Berpuasa Sejak Dini

1. Mulailah dari Berpuasa Hanya Setengah Hari

Cara Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Sumber: shutterstock.com

Memang tidak mudah bagi anak kecil secara tiba-tiba harus menjalani ibadah puasa selama satu hari penuh.

Maka dari itu, agar sang anak tidak merasa kaget sebaiknya ajari mereka berpuasa secara bertahap.

Anda bisa mengajari anak berpuasa selama setengah hari terlebih dahulu.

Sang anak dapat belajar berpuasa selepas waktu sahur hingga jam makan siang.

Anda dapat melakukan ini selama beberapa hari. Apabila sang anak sudah siap, orang tua bisa secara bertahap menambahkan durasi puasanya. Bisa melebihkan beberapa jam setelah makan siang.

Nah, agar nutrisi sang anak tetap terpenuhi, pastikan orangtua memberikan asupan bergizi seperti makanan yang kaya protein, vitamin dan susu pertumbuhan anak.

Susu memang tetap dibutuhkan saat anak belajar berpuasa. Dengan demikian, perkembangan tubuh sang anak akan tetap berjalan dengan baik.

Untuk susu, Anda bisa memberikan anak susu pada saat sahur, waktu berbuka puasa dan pada malam hari sebelum tidur.

2. Awali dengan Puasa Jajan

Cara Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Sumber: shutterstock.com

Cara mengajarkan anak berpuasa selanjutnya juga bisa Anda mulai dengan puasa makanan-makanan tertentu atau jajanan yang disukai sang anak.

Sebagai contoh, jika sang anak menyukai permen, biskuit, kue, donat atau makanan lainnya seperti chicken nugget, sosis, dan frozen food lainnya.

Jadi, ajari sang anak untuk tidak makan makanan favoritnya tersebut selama bulan puasa.

Sebaiknya kurangi pilihan makanan tersebut secara perlahan, sehingga akhirnya sang anak mulai terbiasa dan bisa mencoba berpuasa secara seharian penuh.

3. Ajarkan Anak Makna Puasa serta Berbagai Tradisi Unik Secara Perlahan

Para orang tua perlu mengajarkan anak tentang makna puasa serta manfaat dari menjalankannya.

Selain itu, jangan lupa untuk memberitahu mengenai kebaikan bulan Ramadan dan hal lainnya agar sang anak dapat memahami alasan mengapa dirinya harus berpuasa.

Anda juga dapat mengenalkan sang anak mengenai berbagai tradisi-tradisi selama bulan Ramadan seperti makan sahur, ngabuburit, berbuka puasa hingga melaksanakan sholat taraweh ataupun hal lainnya agar ia lebih tertarik untuk belajar puasa.

4. Jalani Aktivitas Ngabuburit yang Seru

Cara Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Sumber: shutterstock.com

Salah satu cara agar sang anak dapat belajar berpuasa dengan lebih baik adalah dengan mengalihkan perhatiannya dari makanan dan minuman selama berpuasa

Para orang tua bisa membuat berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan bersama sang anak.

Mulai dari permainan, menonton film kartun islami hingga membaca Al-Quran untuk membuat sang anak tidak begitu memikirkan tentang puasa yang tengah dirinya jalani.

5. Menyiapkan Makanan Favorit untuk Berbuka Puasa

Sebagai bentuk motivasi dan penghargaan karena sudah mau belajar berpuasa, para orang tua bisa menyiapkan makanan favorit sang anak pada saat berbuka puasa.

Apabila perlu, libatkan anak dalam pemilihan menu buka puasa dan juga proses persiapannya agar sang anak lebih termotivasi untuk menyelesaikan ibadah puasanya pada hari itu.

Pastikan menu buka puasa yang dibuat mengandung makanan yang sehat dan bergizi agar kondisi tubuh sang anak dapat tetap terjaga.

6. Menjadi Contoh dan Teladan yang Baik untuk Anak

Teladan merupakan bagian terpenting dalam proses pendidikan anak. Terutama pada anak usia balita.

Peranan orang tua menjadi sangat penting dan menentukan kepribadian anak-anaknya.

Biasanya anak selalu mencontoh kebiasaan orangtuanya. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi sang anak.

Orang tua harus selalu mendampingi sang anak untuk memberikan dukungan agar ia mampu menyelesaikan ibadah puasa dengan baik.

7. Hadiah Spesial pada Hari Lebaran

Cara Mengajari Anak Puasa Sejak Dini

Sumber: shutterstock.com

Tidak ada salahnya jika para orang tua memberikan hadiah special pada hari Lebaran agar anak lebih termotivasi dan semangat untuk belajar berpuasa.

Apalagi hadiah tersebut bisa menjadi sebuah penghargaan untuk sang anak karena telah mampu menjalani puasa.

Anda dapat memberikan hadiah berupa mainan, perlengkapan belajar, baju baru atau apapun hal yang sedang diinginkan oleh sang anak.

Akan tetapi, harus Anda pastikan bahwa hadiah tersebut dapat memberikan manfaat bagi sang anak.

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Sekarang, buka usaha Anda tidak perlu pusing soal biaya, atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Demikianlah informasi mengenai cara mengajari anak puasa sejak dini yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Sebarkan juga artikel berikut melalui platform media sosial dengan share link kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya, kunjungi Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×