Begini 7 Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja, Buat Menyenangkan!

Mau tahu bagaimana cara mengajari anak membaca tanpa mengeja bikin anak Anda menyukai kegiatan belajar? Simak selengkapnya artikel berikut. 

Tiba-tiba anak Anda jadi lebih aktif dan ingin tahu sesuatu? Nah, ini saatnya membuat si kecil punya kegiatan positif yang bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka.

Salah satunya mengajari si kecil membaca. Banyak hal yang dapat Anda raih saat anak Anda bisa membaca. Sebab, kemampuan membaca kelak menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki setiap orang, loh.

Dalam mengembangkan kemampuan membaca inilah dibutuhkan peran orang tua sebagai guru pertama bagi anak. Kenalkan buku sejak dini agar mereka memiliki wawasan yang luas serta menunjang kemampuan membaca mereka.

Namun dibutuhkan proses, waktu, dan teknik agar anak Anda dapat lancar membaca tentunya Anda harus sabar dalam menjalaninya.

Terdapat dua teknik mengajar anak membaca yaitu pertama dengan teknik mengeja dan yang kedua adalah teknik tanpa mengeja.

Teknik mengeja akan mengajarkan anak untuk mengeja penggabungan dua huruf. Sedangkan, teknik tanpa mengeja biasanya anak akan langsung diajarkan untuk menghafal suku kata agar prosesnya lebih natural.

Berikut cara mengajari anak membaca tanpa mengeja yang bisa Anda lakukan bersama anak Anda.

7 Cara Mengajari Anak Tanpa Mengeja dengan Mudah

1. Siapkan Peralatan Penunjang Belajar Membaca

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja
Sumber: pexels.com

Pertama-tama, cara mengajari anak membaca harus menyiapkan peralatan penunjang terlebih dahulu. Letakkan buku pilihan si kecil dan duduk berhadapan.

Anda juga bisa  menggunakan alat peraga seperti, kartu huruf, blok huruf, huruf magnet, dan lainnya agar si kecil tidak mudah bosan dan membantu mengingat huruf abjad A sampai Z.

Manfaat penggunaan blok huruf atau phonetic reading blocks ternyata cukup efektif untuk membantu anak belajar dengan menyenangkan.

Permainan ini bisa membiasakan anak untuk menganalisis huruf dan susunan kata-katanya. 

Ingin penghasilan terus bertambah setiap harinya? Mengapa tidak, selain bisa Anda lakukan kapan dan dimana saja, caranya juga cukup mudah. Jadilah reseller bersama ribuan reseller lainnya di Indonesia dan raih kemudahan dalam berikhtiar di Evermos.

DAFTAR DISINI SEKARANG

2. Kenalkan Huruf dengan Menyenangkan

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja
Sumber: pexels.com

Melaksanakan metode belajar membaca tanpa mengeja akan lebih mulus jika Anda menerapkan cara yang menyenangkan.

Ketika si kecil baru pertama kali belajar huruf abjad A-Z, buatlah mereka membayangkan atau mengimajinasikan sesuatu yang berhubungan dengan huruf tersebut. 

Pastikan pula bahwa si kecil dapat mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan benar.

Misalnya, ketika si kecil melihat bentuk huruf “K”, maka Anda bisa langsung mengucapkan huruf tersebut berbunyi “ka”. 

Cara mengajari anak membaca tanpa mengeja lainnya adalah menyuruh mereka membayangkan sesuatu. Misalkan, membaca huruf “K” dengan menunjuk kaki mereka yang mana diawali oleh huruf “K”.

Selain metode pembacaan yang harus diperhatikan, Anda juga tidak diperkenankan membuat suasana belajar menjadi tegang. Sebab, kondisi ini akan membuat si kecil jadi tertekan saat belajar.

Ciptakan waktu belajar sambil bermain agar si kecil menganggap proses pembelajaran tidak beban atau cepat bosan.

daftar reseller evermos gratis

3. Ajari Anak Menghafal Suku Kata

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja
Sumber: pexels.com

Nah, setelah anak sudah mengenal dan mulai menguasai huruf abjad, cara mudah mengajarkan anak membaca berikutnya adalah memperkenalkan suku kata yang diikuti huruf vokal; A, I, U, E, dan O.

Contohnya, yaitu: 

  •     Huruf abjad ‘C’

Ca, ci, cu, ce, co, dan seterusnya secara bertahap dengan mengganti huruf abjad lainnya.

Baca juga  Orang Tua Wajib Tahu, Inilah 7 Cara Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Apakah Anda sedang bosan mengerjakan pekerjaan rumahan itu-itu saja? Mau coba dapat usaha sampingan yang lebih mudah daripada repot menyetok barang, mengemas produk dan mengirimkan produk sendiri?

Tenang, Evermos punya solusinya. Anda hanya perlu bergabung menjadi reseller secara GRATIS disini untuk berikhtiar kemudian mendapatkan komisi sebanyak-banyaknya.

YUK, GABUNG DISINI!

4. Bacakan Dengan Nyaring

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja
Sumber: pexels.com

Cara cepat mengajarkan anak membaca dengan read aloud atau dibacakan nyaring ternyata diyakini sebagai bentuk praktik yang menyenangkan .

Sejak si kecil dalam kandungan kegiatan ini sudah bisa dilakukan. Anda hanya perlu mengambil satu buku, lalu bacakan dengan suara yang nyaring.

Intonasi serta ekspresi penting dalam sesi read aloud ini. 

Tujuannya adalah agar memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi si kecil. 

Ketika si kecil sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik, hendaknya Anda melibatkan mereka dalam penggunaan berbagai kosakata. Kemudian, dilanjut dengan sesi akhir dengan meminta si kecil menceritakan kembali isi buku.

Perlu untuk Anda ingat, ketika cara mengajari anak membaca tanpa mengeja sedang berjalan tiap minggunya, Anda tetap harus menyesuaikan dengan mood si kecil.

Ajak mereka belajar saat suasana hatinya sedang terasa senang dan bersemangat, maka hasil yang didapati pun akan lebih baik.

Tidak perlu bingung lagi kini untuk mencari buku apa yang bisa Anda bacakan kepada si kecil.

Anda bisa mendapatkan buku rekomendasi anak-anak yang tepat, edukatif dan menyenangkan dalam aplikasi Evermos.

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

Tak hanya itu, selain Anda bisa membelinya Anda bisa mendapatkan komisi dengan ikut menjualkan produk-produk tersebut kepada orang terdekat Anda. Double untung, kan.

5. Ajak Anak Membaca Suku Kata yang Bervariasi

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja
Sumber: pexels.com

Tahap selanjutnya adalah mengarjan anak mencari suku kata yang bervariasi.

Contoh suku kata yang bervarias untuk metode membaca anak seperti:

  •     Bo-la,
  •     Ba-tu,
  •     Ka-ki,
  •     Ma-ma,
  •     Pa-pa,
  •     Ku-da, 
  •     dan masih banyak lagi.

Tujuannya agar mereka menguasai tahap ini terlebih dahulu.

Tetapi, apabila anak masih sulit untuk memahaminya, coba ajari terlebih dahulu sampai ia terbiasa dan memahami suku katanya, seperti:

  •     ka, la, ma, na, pa, dan seterusnya
  •     ki, li, mi, ni, pi, dan seterusnya
  •     ku, lu, mu, nu, pu, dan seterusnya
  •     ke, le, me, ne, pe, dan seterusnya
  •     ko, lo, mo, no, po, dan seterusnya

Baca juga  Sudah Mulai PTM? Jangan Lupa Siapkan Peralatan Anak Sekolah Berikut Ini!

6. Mengenalkan Huruf Mati

Berikutnya, cara cepat mengajarkan anak membaca tanpa mengeja adalah memperkenalkan huruf mati.

Namun, Anda harus memastikan bahwa si kecil sudah memahami tahap perkenalan huruf abjad, suku kata, dan suku kata variasi. 

Perkenalkan kata variasi lainnya dan gabungkan dengan suku kata yang berakhiran huruf mati, seperti; ‘ny’ , ‘ng’, dan lainnya.

Anda bisa juga untuk mencari rekomendasi buku lainnya lewat Evermos. Selain harganya terjangkau, kini transaksi lebih mudah dan lebih cepat tanpa perlu menunggu lama distributor. Serahkan semua urusan transaksi penjualan Anda hanya di Evermos.

MULAI JUALAN SEKARANG

7. Latih Anak Untuk Membaca Kata Utuh

Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja
Sumber: pexels.com

Cara mengajari anak membaca tanpa mengeja yang terakhir adalah melatih membaca kata utuh.

Walaupun, awalnya si kecil kesulitan tetapi, peran Anda yang giat mengajari mereka akan mendorong anak semangat membaca.

Selain itu, minta anak untuk menunjukkan huruf awal dari gambar-gambar yang ada di buku tersebut. Bila tersedia ruang untuk mewarnai maka, warnailah gambar tersebut.

Nah, itu dia beberapa langkah mudah mengajarkan anak membaca tanpa mengeja agar terasa lebih menyenangkan. Semoga informasinya dapat bermanfaat, jangan lupa sebarkan melalui media sosial Anda kepada keluarga, kerabat dan orang terdekat Anda.

Ingin bisa berhasil menjadii reseller sukses dan punya usaha halal? Temukan ribuan produk jualnya dan nikmati modal GRATIS untuk reseller baru.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

Semua kemudahan ikhtiar bisa Anda dapatkan dalam satu aplikasi. yuk download sekarang!

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya dengan kunjungi blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)