8 Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam, Bunda Wajib Tahu!

Cara mendidik anak perempuan

Anak perempuan menjadi anak yang menjadi dambaan dalam setiap keluarga. Sifatnya yang penurut, ramah, penuh kasih, dan sholehah akan tumbuh dalam dirinya apabila anak tersebut mendapatkan didikan yang tepat. Apakah bunda masih bingung bagaimana cara mendidik anak perempuan? Jangan khawatir, berikut Tim Evermos sajikan informasinya untuk Anda.

Memiliki anak yang aktif, periang dan memiliki kepribadian yang baik tentulah harus diajari sejak dini.

Poin plusnya, anak dapat berbakti dan menjadi anak yang sholehah seperti orangtua harapkan pada umumnya. 

Oleh karena itu, setiap orangtua haruslah memahami cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa, cara mendidik anak perempuan remaja menurut Islam dan memahami kata kata yang baik untuk anak perempuan.

Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Islam

Cara mendidik anak perempuan

Sumber: pexels.com

Setiap anak merupakan titipan dari Allah SWT. Karena itu, para orangtua wajib untuk mendidik dan menjaga anak-anak dengan baik.

Dikutip dari dalamislam.com, dari sebuah riwayat hadits, anak perempuan dapat menjadi penolong bagi orangtuanya.

مَنِ ابْتُلِيَ مِنْ هَذِهِ البَنَاتِ بِشَيْءٍ كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّارِ

“Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi tameng baginya di Neraka.” (HR: Ahmad)

“Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Menjadi Teladan yang Baik

Dalam cara mendidik anak perempuan menurut Islam, agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sebagai orangtua mestilah menjadi teladan yang baik.

Sebab, mendidik anak perempuan artinya berbeda dengan mendidik anak laki-laki. 

Anak perempuan membutuhkan sosok teladan yang dapat dijadikan panutan dalam menjalankan peranannya sebagai anak di rumah.

Begitu pula ketika ia beranjak remaja, anak perempuan tetap membutuhkan dukungan dari orang terdekatnya serta rasa kasih sayang dan keamanan.

Maka dari itu, sebagai orangtua hendaknya Anda dapat menjadi teladan yang baik bagi buah hatinya terutama bagi anak perempuan.

Ajari anak perempuan Anda bagaimana cara memberi yang baik, cara minta tolong yang baik, membantu mengerjakan urusan rumah tangga.

Ajari Ilmu Tauhid

Cara mendidik anak perempuan

Sumber: pexels.com

Konsep ketuhanan adalah hal yang perlu Anda tanamkan kepada anak perempuan.

Cara mendidik anak perempuan menurut Islam adalah dengan mengajarkan kepadanya ilmu-ilmu tauhid.

Ilmu tauhid memegang peranan penting dalam kehidupan anak sehari-harinya.

Ajarkan kepadanya bahwa Allah SWT merupakan Tuhan yang telah menciptakan dirinya dengan maksud dan tujuan.

Bunda dan Ayah dapat mengajarkan anak perempuan dengan kalimat tauhid yaitu,

Laihala illaallah, Muhammad Darrasullullah (Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah rasul utusan Allah SWT).

Kemudian didiklah dengan ilmu tauhid yaitu mengajarkan bahwa siapakah pemberi rezeki, siapakah yang mengatur jalannya kehidupan, siapakah yang memberikan kelapangan dan sebagainya.

Membacakan Doa Doa Harian

Selain mengajarkan konsep Ilmu Tauhid, dalam cara mendidik anak perempuan remaja menurut Islam pentingnya untuk mengajarkan doa doa harian.

Anda bisa memberikan contoh dengan mengucapkan bismillah ketika hendak melakukan sesuatu dan alhamdulillah setelah selesai melakukan sesuatu.

Ada banyak doa sehari-hari yang bisa Anda bacakan kepada anak-anak Anda, mulai dari doa bangun tidur, doa hendak tidur, doa mau makan, doa hendak ke wc.

Dengan begitu anak jadi terbiasa untuk membaca doa dan senantiasa meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Melatih Shalat Sebagai Kebiasaan

Hal yang dibiasakan akan menjadi sebuah rutinitas bagi seorang anak.

Begitu pula dengan kegiatan ibadah seperti shalat lima waktu yang akan menjadi ibadah wajib nantinya.

Dalam cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa, pelajaran shalat menjadi hal yang penting untuk dilakukan sejak dini. 

Pendidikan shalat sejak dini juga terdapat dalam satu riwayat hadist berikut,

عن عمرو بن شعيب، عن أبيه، عن جده -رضي الله عنه- قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: مُرُوا أولادَكم بالصلاةِ وهم أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، واضْرِبُوهُمْ عليها، وهم أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ في المَضَاجِعِ 

Dari Amr Bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Perintahkan anak-anakmu melaksanakan sholat sedang mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka karena tinggal sholat sedang mereka berusia 10 tahun dan pisahkan antara mereka di tempat tidurnya.”

Pendidikan agama seharusnya sudah diberikan sejak kecil, karena di usia dewasa mereka akan menjalankan perintah-perintah agama sudah terbiasa.

Ajari Pekerjaan Rumah Tangga

Dalam cara mendidik anak perempuan menurut Islam, Nabi Muhammad SAW mengajarkan Fathimah RA untuk pekerjaan rumah tangga. 

Meski pekerjaan rumah tangga masih banyak dikerjakan oleh orangtua maupun kakak, adik perempuan mesti mengenal pekerjaan rumah tangga.

Sebagai orangtua, tentunya kita berharap bahwa anak perempuan dapat mandiri, dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Pekerjaan rumah tangga tersebut seperti memasak, mencuci pakaian dan bersih-bersih rumah.

Mengajari Pergaulan yang Baik

Cara mendidik anak perempuan

Sumber: pexels.com

Sebagai orangtua, pentingnya untuk mengajarkan kepada anak perempuan tentang adab dan pergaulan yang baik.

Para orangtua perlu mendidik anak perempuannya tentang batasan bergaul dengan laki-laki.

Dalam Islam, perempuan dan laki-laki diajarkan untuk saling menjaga pandangannya.

Kemudian anak perempuan juga perlu dilatih untuk berpenampilan tidak menyerupai laki-laki.

Menurut Ustadz Abu Salma Muhammad, anak perempuan berusia 7 sampai 10 tahun mesti dekat dengan ibunya untuk mengenal seksualitasnya. 

Apabila setelah baligh maka belajar untuk mendekatkan dengan ayahnya sehingga sang anak tidak mencari laki-laki lain untuk mendapatkan rasa kasih sayang.

Ajari Adab yang Baik dan Adab Kepada Orang Tua

Apabila Anda mendambakan anak yang memiliki budi pekerti baik, akhlak yang mulai, maka Anda perlu mengajarkan tentang adab yang baik.

Cara mendidik anak perempuan remaja menurut Islam yaitu dengan mengajarkan adab yang baik.

Adapun cara terbaik untuk mengajari akhlak baik kepada sang anak adalah dengan membacakan kisah-kisah Nabi terdahulu yang memiliki akhlak dan sifat terbaik.

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.”

Agar anak dapat berbakti nantinya, Bunda dapat memberi pemahaman tentang bagaimana caranya sang anak dapat berbuat baik kepada kedua orangtuanya.

Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT yang memerintahkan berikut,

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” (Q.S Luqman : 14)

Memberi Pendidikan yang Layak

Cara mendidik anak perempuan

Sumber: pexels.com

Siapa yang tidak ingin memiliki anak perempuan yang memiliki prestasi gemilang dan dapat mengangkat nama kedua orangtuanya?

Setiap anak tak terkecuali anak perempuan membutuhkan pendidikan yang layak.

Pendidikan yang layak dapat diraih oleh sang anak dengan bersekolah di tempat yang layak.

 Dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim pun membahas mengenai memberikan pendidikan pada anak perempuan.

Hadist tersebut berbunyi “Barang siapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa. Maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku.” Kemudian Anas bin Malik berkata: Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau.”

Dalam hadist tersebut menjelaskan bahwa orang tua sendiri wajib untuk mengayomi anak perempuannya hingga ia dewasa kelak.

Itulah cara mendidik anak perempuan menurut Islam yang benar. 

Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda yang mencari informasi terkait pendidikan terhadap anak-anak sesuai Islam.

Bagi Anda yang sedang mencari penghasilan tambahan dengan jualan online, sangat tepat bagi Anda untuk bergabung di Evermos sekarang juga.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×