7 Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah | Selamat Dunia Akhirat

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT memang perlu kita ketahui sebagai umat islam yang sadar akan statusnya sebagai hamba.

Jika kita dekat dengan Allah, tentu dapat memberikan ketenangan pikiran dan hat. Semakin manusia dekat dengan Allah, maka hidupnya akan penuh berkah dan nikmat.

Allah SWT telah memberikan kepada hambanya limpahan nikmat dan karunia yang sangat banyak bahkan tanpa henti. Melalui nikmat tersebut, menjadi cara Allah untuk dekat kepada hambanya.

Hanya saja, seorang manusia tidak luput dari rasa cukup dan selalu merasa kurang.  Sehingga menimbulkan rasa hidup yang lebih berat dan kurang nikmat.

Nah, dari fenomena tersebut tentu kita perlu menanamkan kunci penuh berkah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, dengan dekat kepada Allah SWT seorang hamba akan lebih bersyukur atas karunia hidup serta memiliki ketenangan lahir dan batin.

Lalu bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah? Simak ulasannya pada penjelasan di bawah ini.

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT 

1. Mendirikan Sholat

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sumber: google/bersosial

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang bisa kita lakukan adalah dengan mendirikan sholat. Melalui sholat, umat muslim dapat lebih dekat dengan Allah SWT.

Alasannya karena ibadah sholat merupakan perintah wajib yang harus dilaksanakan setiap muslim.

Mendirikan sholat juga dapat memberikan ketentraman jiwa dan kesehatan fisik manusia, sehingga hidup lebih bahagia.

Baik sholat wajib dan sholat sunnah dapat dikerjakan umat muslim sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan menjalankan apa yang Allah perintahkan, maka Dia akan menyukainnya dan  membuat kita menjadi semakin dekat dengan Allah.

2. Berdzikir

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sumber: google/bersosial

Berdzikir menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT lainnya yang bisa kita lakukan. Kita bisa berdzikir selepas mengerjakan ibadah wajib dan sunnah seperti sholat.

Secara pengertiannya dzikir adalah menyebut nama Allah dengan membaca tasbih, tahmid, tahlil, takbir, taqdis, dan lainnya. Sehingga dengan membaca dzikir dapat menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Berdoa

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sumber: google/bersosial

Berdoa merupakan cara seorang hamba meminta, berserah diri, dan memohon sesuatu kepada Allah. Umat muslim memang dianjurkan untuk menyerahkan segala persoalan hidup dan mengadu kepada Allah SWT.

Dengan begitu, melalui doa menjadi cara komunikasi seorang hamba kepada Allah SWT. Kita akan merasa lebih dekat dengan Allah saat berdoa.

Doa tersebut dapat kita panjatkan selepas sholat ataupun saat mendapatkan sebuah nikmat tak terduga.

Mintalah kepada Allah saat kita membutuhkan pertolongan atau jalan keluar. Sebab, dengan berdoa kita akan merasa bahwa Allah ada dan begitu dekat untuk melewati segala macam persoalan hidup.

Imam Al Muzani rahimahullah dalam Syarhus Sunnah pernah berkata:

“Allah itu dekat ketika ada yang berdoa. Allah itu jauh keperkasaan-Nya dari makhluk, tidak mungkin dikalahkan oleh makhluk.”

4. Membaca Al Quran

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sumber: google/bersosial

Al-Quran merupakan kitab suci yang telah Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat muslim diperintahkan untuk membaca dan mengamalkan Al Quran.

Al Quran juga menjadi pedoman hidup manusia dan petunjuk dari Allah. Dengan membaca setiap ayat Al Quran dan mengamalkannya, maka Allah akan semakin dekat dengan hamba-Nya.

Selain mendatangkan pahala, membaca Al Quran juga akan membuat hidup penuh berkah, lho!

5. Melakukan Amal Shaleh

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sumber: google/bersosial

Amal shaleh merupakan implikasi dari keimanan seseorang. Amal shaleh memiliki tempat yang mulia dalam ajaran Islam.

Oleh karena itu, Islam memberikan balasan kebajikan untuk orang-orang yang istiqomah dalam beramal shaleh.

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl: 97)

Ketika kita melakukan amal shaleh, berarti diri kita sedang dekat dengan Allah. Yakinilah, Allah akan selalu dekat bahkan lebih dekat dari urat nadi kita.

6. Selalu Bersyukur

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sumber: google/bersosial

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT selanjutnya adalah dengan selalu bersyukur. Bersyukur dapat diartikan sebagai menerima apa yang Allah berikan dalam hidup dengan ikhlas dan tanpa mengeluh.

Nah, cara untuk selalu bersyukur dapat kita lakukan adalah  dengan menyadari sepenuhnya bahwa nikmat dan rezeki yang diterima semata-mata atas karunia dan kemurahan dari Allah SWT.

Terdapat dua macam cara bersyukur yang bisa dilakukan, diantaranya bersyukur dengan lisan serta bersyukur dengan memanfaatkan nikmat yang telah diberikan dengan bersedekah atau memanfaatkan sebaik mungkin.

7. Menjauhi Larangannya

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sumber: google/bersosial

Segala hal yang Allah larang dan membawa mudharat, sebaiknya kita hindari  jika ingin lebih dekat kepada Allah.

Misalnya menjauhi perbuatan maksiat, perbuatan dosa, melukai hati orang tua, perbuatan tercela, serta perbuatan yang lainnya.

Dengan begitu, kita dapat melaksanakan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi segala larangan-Nya sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah.

Demikianlah cara mendekatkan diri kepada Allah yang dapat Anda ketahui. Semoga langkah atau cara tersebut dapat kita amalkan dengan istiqomah.

Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dan meridhai setiap langkah serta selalu dekat dengan kita. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Ingin membaca informasi menarik dari artikel lainnya? Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos. Karena banyak informasi seputar keislaman lainnya yang bisa Anda simak dan insya Allah bermanfaat.

 

×