Pahami 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil

Dalam bisnis kecil, Anda juga tidak bisa mengabaikan modal usaha. Bagaimana cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kecil? Akan dikupas secara tuntas pada ulasan artikel berikut ini!

Ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah memikirkan cara untuk mendapatkan modal usaha.

Anda tak perlu khawatir, karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal. Apa sajakah itu?

Cara Mendapatkan Modal Usaha

1. Tabungan Pribadi

Cara Mendapatkan Modal Usaha
Sumber: pexels.com

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan tabungan pribadi. Kebanyakan orang menabung untuk tujuan tertentu seperti membeli rumah, kendaraan, dana pendidikan dan lain sebagainya.

Tetapi, jika Anda sudah mantap ingin membuat usaha, tidak ada salahnya menggunakan tabungan pribadi Anda untuk modal usaha.

Jika begitu, pastikan Anda harus memiliki target yang jelas agar tahu kapan simpanan tersebut bisa terkumpul kembali. Dengan begitu, uang tersebut bisa digunakan sebagaimana tujuan awalnya.

2. Menjual Aset

Cara Mendapatkan Modal Usaha
Sumber: pexels.com

Anda bisa menjual aset untuk modal usaha. Misalnya Anda memiliki aset berupa perhiasan, kendaraan mobil atau motor, Anda bisa menjualnya sehingga dapat Anda manfaatkan sebagai modal usaha.

Tetapi, satu hal yang harus diingat, sama seperti halnya menggunakan tabungan, Anda tidak bisa sembarangan dalam menjual aset. Anda harus memastikan terlebih dahulu keuntungan dan kerugian dalam penjualan aset tersebut.

Selain itu, Anda juga harus merasa mantap bahwa bisnis yang akan dibangun nantinya akan mampu mengembalikan aset tersebut, bahkan dengan yang jauh lebih baik lagi nilainya.

3. Meminjam pada Bank

Cara Mendapatkan Modal Usaha
Sumber: pexels.com

Salah satu alternatif yang paling banyak dipilih dalam hal meminjam uang untuk modal usaha adalah pada bank. Pinjaman bank untuk modal usaha pada umumnya memiliki 2 jenis yaitu Kredit Multi Guna dan Kredit Tanpa Agunan.

Pada Kredit Multi Guna, Anda diharuskan untuk menjaminkan aset bisa berupa kendaraan bermotor atau properti. Sedangkan Kredit Tanpa Agunan, Anda tidak diharuskan menjaminkan aset apapun.

Tapi perbedaan dari keduanya yaitu kisaran bunga yang ditawarkan. Untuk KMG menawarkan bunga dengan kisaran 9%-12%, sedangkan KTA mencapai 10%-23%.

Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan untuk modal usaha Anda.

4. Meminjam pada Teman atau Keluarga

Cara Mendapatkan Modal Usaha
Sumber: pexels.com

Cara ini prosesnya tidak serumit pinjaman di bank, dan juga bebas dari bunga. Meminjam modal usaha pada teman atau keluarga kita sebut hutang atau ekuitas.

Jika menyebutnya hutang, maka Anda diharuskan untuk mengembalikan uang tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Jika bentuknya ekuitas, Anda tidak harus mengembalikan modal tersebut. Akan tetapi, diharuskan untuk memberikan sebagian saham dari usaha yang dijalankan.

Sebenarnya meminjam modal dari cara yang satu ini minim resiko jika dibandingkan dengan meminjam di bank. Tapi jika terjadi kegagalan pada usaha Anda, maka beresiko terjadi kerusakan hubungan.

Maka dari itu, Anda harus menjelaskan secara detail tentang bisnis Anda pada orang yang akan Anda pinjami modal agar tidak terjadi kesalahpahaman.

5. Mencari Partner Bisnis

Cara Mendapatkan Modal Usaha
Sumber: pexels.com

Cara ini bisa dilakukan oleh Anda yang sudah memiliki sedikit modal, tapi dirasa masih belum efektif untuk memulai sebuah bisnis.

Maka dari itu, Anda bisa memulai mengajak teman atau kerabat untuk jadi partner bisnis. Keuntungannya melakukan cara ini adalah selain untuk menambahkan modal usaha, memiliki partner bisnis juga bisa membantu Anda untuk lebih konsisten dengan bisnis yang dijalankan.

Tetapi, pastikan dulu dari awal, Anda dan partner bisnis Anda tersebut harus memiliki visi dan misi yang sama dalam menjalankan sebuah bisnis agar bisnis yang dibangun dapat sukses.

Itulah 5 cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis kecil. Semua kembali lagi pada keputusan Anda untuk memakai cara yang mana. Pastikan Anda bisa menilai resikonya, apakah besar atau kecil untuk bisnis Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin berbisnis dengan modal minim, Anda bisa bergabung menjadi reseller di Evermos.

Modal minim hanya 300.000 rupiah saja, Anda sudah bisa punya toko online sendiri tanpa perlu memikirkan stok produk dan pengiriman.

Tugas Anda dalam menjalani bisnis reseller ini tinggal mempromosikan produk pada teman atau kerabat untuk membeli produk-produk yang ada di Evermos.

Dengan modal minim, Anda bisa mendapat komisi yang lebih besar dari setiap penjualan produk. Menarik bukan?

Yuk, daftarkan diri Anda sekarang juga untuk menjadi reseller di Evermos! Jangan lupa kunjungi Blog Evermos.

×