8 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee 2023, Praktis dan Terpercaya!

Anda memiliki usaha online sebagai reseller atau dropshipper? Jika iya, pastinya Anda harus menemukan pemasok yang tepat untuk usaha Anda. Simak cara mencari supplier tangan pertama di Shopee melalui artikel ini agar penjualan Anda makin meningkat! 😀

Saat ini bisnis online semakin berkembang dan memunculkan kemudahan berbisnis tanpa modal, melalui usaha dropship dan reseller. Salah satu aspek yang sangat penting pada jenis bisnis tersebut adalah menemukan supplier tangan pertama yang berkualitas. 

Untuk menemukan supplier tangan pertama, maka para reseller ataupun dropshipper biasanya menelusuri berbagai platform jual beli online atau e-commerce. Sebab, mayoritas platform turut menyediakan pemasok barang, seperti misalnya Shopee atau sering disebut toko oren. 

Apa itu supplier tangan pertama? Mengapa perlu menggunakan Shopee untuk mencari supplier tangan pertama? Bagaimana cara mencari supplier tangan pertama di Shopee? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Baca Juga: Peluang Usaha Baru! Simak Cara Menjadi Supplier Barang Dropship  

Apa itu Supplier Tangan Pertama?

cara mencari supplier tangan pertama di shopee
Sumber: freepik.com

Supplier adalah pihak pemasok atau produsen yang memproduksi barang atau jasa berskala besar, lalu disalurkan dan dijual untuk pebisnis baik secara individu hingga perusahaan. 

Sedangkan supplier tangan pertama merupakan pihak produsen yang secara langsung dan pertama kali memproduksi produk dalam jumlah yang banyak. 

Adapun perbedaan supplier pada umumnya, dengan supplier tangan pertama terletak pada sistem produknya. 

Supplier tangan pertama langsung dari pabrik sendiri, sedangkan supplier biasa cenderung bekerja sama dengan pabrik milih usaha lain untuk memproduksi barang yang hendak mereka jual kepada pebisnis lainnya. 

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai supplier tangan pertama, Anda bisa membaca informasi apa itu supplier dan bagaimana kerjanya disini

Cara Kerja Supplier Tangan Pertama dan Contohnya

Contoh dari cara kerja supplier tangan pertama yaitu, misalnya terdapat sebuah pabrik yang memproduksi pakaian. Artinya, pabrik tersebut di anggap sebagai supplier baju tangan pertama. 

Mereka yang memproduksi pakaian tersebut kemudian menjualnya langsung ke toko, tanpa bekerja sama dengan bisnis grosiran ataupun distributor untuk mendapatkan barangnya. 

Sebagai reseller atau dropshipper, membeli dari supplier tangan pertama dapat menghemat biaya. Sebab biasanya tidak ada biaya tambahan yang perlu mereka keluarkan, dari pada membeli melalui perantara. 

Namun biasanya, sebagai reseller perlu membeli dalam jumlah yang besar kepada supplier tangan pertama sebagai stok barang. 

Kenapa Harus Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee? 

cara mencari supplier tangan pertama di shopee
Sumber: canva.com

Salah satu hal tersulit yang dihadapi oleh seorang reseller atau bisnis dropship adalah menemukan supplier tangan pertama yang berkualitas. 

Apalagi sejak bisnis ini meluas dan berkembang secara digital, reseller dan dropship sulit mengidentifikasi apakah toko tersebut merupakan supplier tangan pertama atau bukan. 

Selain dari harga yang lebih murah apabila menyetok barang dari supplier tangan pertama, barang yang dihasilkan juga biasanya terjamin kualitasnya karena supplier tangan pertama langsung dari pabrik milik mereka untuk memproduksinya.

Namun ternyata banyak marketplace yang telah menyediakan supplier tangan pertama yang terjamin kualitas dan harganya, salah satunya seperti Shopee. 

Shopee menjadi salah satu platform yang menyediakan layanan kepada para dropshipper dalam bentuk fitur di aplikasi mereka. Sehingga, para dropshipper tidak perlu menyediakan barang yang banyak dan mengeluarkan modal awal. 

Bagaimana Cara Mencari Supplier Tangan Pertama di Shopee?

cara mencari supplier tangan pertama di shopee
Sumber: canva.com

Mencari supplier tangan pertama di platform e-commerce  Shopee membutuhkan beberapa langkah strategis. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Shopee di smartphone atau device, dan melakukan registrasi akun di platform tersebut. 

Selanjutnya, berikut adalah beberapa cara mencari supplier di Shopee:

1. Pilih Kategori Produk 

Pertama, pilihlah kategori produk yang Anda minati. Apa produk yang ingin Anda jual? Pastikan Anda sudah melakukan riset pasar sebelum memutuskan akan menjual produk apa. 


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

Selain itu, Anda bisa mengacu pada produk yang tidak asing bagi Anda, sedang tren di pasar, hingga produk dengan permintaan yang tinggi. 

2. Cari Toko dengan Label Resmi atau Star Seller

Toko dengan label resmi atau star seller biasanya merupakan toko yang bereputasi tinggi sehingga lebih dapat Anda percaya. 

Label resmi menunjukkan bahwa toko tersebut diakui oleh Shopee sebagai toko yang menjual produk asli dan memiliki layanan yang baik. Selain itu, biasanya ulasan dan rating dari pembeli di toko tersebut juga baik dan tinggi. 

3. Periksa Detail Toko 

Lihat detail toko seperti lama beroperasi, rating, hingga ulasan dari pembeli. Supplier tangan pertama biasanya memiliki toko yang sudah beroperasi cukup lama dan mendapatkan review positif.

4. Hubungi Penjual 

Kirim pesan kepada penjual melalui fitur chat atau langsung hubungi penjual untuk menanyakan apakah mereka adalah supplier tangan pertama atau tidak. 

Biasanya mereka akan memberitahu Anda jika mereka adalah distributor langsung atau memproduksi barang-barang tersebut di pabrik sendiri. 

5. Periksa Deskripsi Produk 

Supplier tangan pertama biasanya memberikan deskripsi produk yang rinci dan jujur. Seperti bahan produk, detail panjang dan lebar produk, hingga informasi detail lainnya mengenai produk. 

Bahkan biasanya supplier tangan pertama akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara merawat produk tersebut agar tetap terjaga kualitasnya selama masa berjualan. 

Selain itu, mereka kerap  menyebutkan bahwa mereka adalah supplier langsung dalam deskripsi produk di Shopee.

6. Bandingkan Harga 

Cek harga produk di beberapa toko lalu bandingkan. Supplier tangan pertama biasanya menawarkan harga yang lebih rendah dari pada penjual lain yang membeli produk dari distributor atau perantara lain.

Lebih murah bukan karena kualitas yang lebih rendah, melainkan karena supplier tangan pertama memiliki pabrik sendiri sehingga tidak memerlukan biaya tambahan seperti bekerja sama dengan pabrik lain. 

7. Kuantitas Pesanan Minimum 

Supplier tangan pertama biasanya memerlukan kuantitas pesanan minimum. Jadi, jika toko tersebut menawarkan penjualan grosir atau memiliki kuantitas pesanan minimum, ini bisa menjadi indikasi bahwa mereka adalah supplier tangan pertama.

8. Kemampuan untuk Membeli dalam Jumlah Besar 

Jika penjual mampu menyediakan stok dalam jumlah besar, ini bisa menjadi indikasi bahwa mereka adalah supplier tangan pertama.

Selain berbagai cara di atas, perlu Anda ingat dan pahami bahwa meskipun informasi di atas dapat membantu Anda menemukan supplier tangan pertama di Shopee, namun sangat penting untuk memastikan dan cek secara teliti apakah produk memiliki keaslian atau tidak. 

Platform Supplier Tangan Pertama yang Terpercaya Selain Shopee

cara mencari supplier tangan pertama di shopee
Sumber: freepik.com

Shopee memang dikenal sebagai platform jual beli online yang biasanya dimanfaatkan oleh para individu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari mereka. Namun, siapa sangka ternyata Shopee juga menyediakan supplier tangan pertama untuk memudahkan pebisnis lainnya. 

Selain Shopee, banyak platform lainnya yang turut menyediakan supplier. Bahkan, terdapat platform yang memang memiliki fokus bisnis pada penyedia supplier aman berkualitas, dan pastinya tangan pertama yaitu platform Evermos

Evermos merupakan platform social commerce reseller yang menjual berbagai macam produk Muslim di Indonesia. Melalui Evermos, seseorang bisa berbisnis sebagai reseller ataupun dropshipper dan akan dihubungkan kepada supplier tangan pertama yang terpercaya. 

Misalnya, jika Anda ingin berbisnis pakaian, maka melalui Evermos Anda bisa temukan supplier baju murah untuk reseller tangan pertama dengan detail informasi komisi yang akan Anda dapatkan. 

Platform ini juga memberikan banyak kemudahan kepada dropshipper dan reseller, seperti salah satunya yaitu berbisnis tanpa modal. 

Selain itu, pebisnis pemula akan mendapatkan pembekalan mengenai berwirausaha secara digital hingga dibimbing selama proses berjualan. 

Bahkan, para dropshipper dan reseller juga bisa berjualan melalui platform Shopee dengan menyetok barang di Evermos. 

Tertarik dengan peluang bisnis ini? Cek informasi selengkapnya dengan klik tombol di bawah ini ya! Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat berbisnis!

YUK, GABUNG DISINI!