Punya Olshop? Wajib Tahu! Inilah Cara Mempromosikan Produk Di Sosmed yang Ampuh

cara mempromosikan produk di sosmed

Cara mempromosikan produk di sosmed — Penggunaan media sosial saat ini telah memenuhi ranah internet. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna media sosial sudah menyentuh angka 100 juta.

Dengan jumlah pengguna yang mencapai angka sebanyak itu maka bisa kita jadikan peluang untuk berjualan dan mempromosikan produk dagangan kita.

bagi Anda yang memiliki bisnis, mungkin saat ini memang sudah memiliki rencana untuk memulainya. Namun, masih banyak orang yang bingung bagaimana cara mempromosikan produk di sosmed yang baik dan benar.

Jangan khawatir, langsung saja kita simak ulasan di bawah ini.

Cara Mempromosikan Produk di Sosmed

Tahukah Anda bahwa media sosial adalah media promosi yang tepat dan murah bila digunakan secara efektif.

Dengan fitur yang lengkap dan karakteristik tersendiri media sosial bisa menjadi wadah yang tepat bagi seller untuk menjangkau target pasar.

Walaupun sekilas terlihat sederhana, namun sebenarnya promosi di media sosial ini memegang kunci dan pengaruh yang besar bagi kelangsungan bisnis.

Selain itu, promosi melalui media sosial ternyata membutuhkan trik yang tepat agar bisa memberikan hasil terbaik dari jutaan akun media sosial lainnya.

Bagaimana, penasaran kan? Langsung saja kita persiapkan tips untuk mempromosikan produk di sosmed berikut ini:

Tips Mempromosikan Produk Di Sosmed

1. Tentukan tujuan yang tepat

Sebelum mulai mengerjakannya, tentu kita perlu menyediakan beberapa persiapan terlebih dahulu. Tentunya yang pertama dan utama adalah menetapkan tujuan.

Bila kita berjalan tanpa adanya tujuan atau target, Anda hanya akan berjalan tanpa arah dan tak terukur.

Selain itu, Anda juga akan kesulitan untuk mengukur dan menilai apakah promosi media sosial Anda berjalan sukses atau tidak. Hal yang ditakutkan ialah Anda hanya mengerjakan sesuatu tanpa menghasilkan apapun.

Tujuan yang ditetapkan pun hendaknya tidak boleh sembarangan. Anda bisa coba menerapkan konsep SMART, bahwa tujuan Anda haruslah specific, measurable, attainable, relevant, dan timely.

Contoh kecilnya apakah Anda fokus untuk meningkatkan followers, penjualan, ataupun likes dan comment serta sebagainya.

2. Pilih media sosial yang paling tepat

Cara menghasilkan produk di sosmed

Sumber: shutterstock.com

Ada banyak media sosial yang tersedia saat ini. Setiap media sosial tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk itu,  tidak semuanya bisa cocok dengan cara promosi dan jenis bisnis Anda. Oleh sebab itu pertama-tama lakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui mana yang paling sesuai dengan tujuan dan target market Anda.

Misalnya, jika bisnis Anda menjual fashion untuk generasi milenial maka Instagram bisa menjadi platform yang tept karena memang saat ini kebanyakan milenial menggunakan Instagram.  Jadi, setiap produk harus disesuaikan dengan karakteristik sosmed yang akan dipakai. Namun tenang saja, apapun bisnis online Anda tetap bisa promosi di media sosial.

3. Target Audiens

Selain hanya mencocokkan sosmed dengan produk. Kita juga perlu mencocokkan jenis sosmed dengan target audiens.

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu siapa target audiens Anda. Apakah itu Pelajar, Mahasiswa, atau bahkan Ibu rumah tangga? Lebih baik lagi jika Anda lebih spesifik lagi dalam menentukan targetnya hingga ke usia, jenis kelamin, pekerjaan dan sebagainya.

Dengan mengetahui dan menentukan target audiens Anda, maka Anda bisa menyesuaikan budget iklan agar lebih efisien dan efektif. Hal itu karena iklan Anda hanya secara spesifik menyasar pengguna sesuai kriteria Anda.

Selain hanya untuk budget iklan, penentuan target audiens ini juga bisa digunakan untuk efektivitas membuat konten yang menarik.

Setelah mengetahui tips mempromosikan produk di sosmed ini, Anda jadi mulai tertarik berbisnis? Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis coba bergabung menjadi reseller Evermos.

Dengan menjadi reseller Evermos, Anda bisa mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah dengan menjual beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap. Jadi, Anda tidak perlu lagi susah-susah mencari supplier produk. Di aplikasi Evermos tersedia beragam produk mulai dari fashion, makanan, hingga perlengkapan ibadah yang bsia Anda manfaatkan sebagai peluang usaha.

Apalagi jika Anda bergabung menjadi premium reseller Evermos Anda bsia mendapat kesempatan untuk mengikuti program referral yang menguntungkan.

Jadi mari bergabung dan miliki usaha bsinis online gratis tanpa modal. Kapan lagi bisa dimodalin oleh Evermos langsung, 50 ribu secara cuma-cuma dengan voucher transaksi di bawah ini. Jangan dilewatkan ya. Langsung klik saja tombol daftar di bawah ini untuk jadi reseller Evermos.

daftar reseller evermos

Bagi Anda yang tertarik Untuk menjadi Reseller Berpenghasilan Jutaan Rupiah Perbulannya, Yuk Daftar Disini!

mulai jualan sekarang

Cara Mempromosikan Produk di Sosmed 

Cara mempromosikan produk di sosmed

Sumber: shutterstock.com

1. Buat Akun Bisnis

Pertama-tama agar lebih fokus dalam mengurus bisnis online, maka Ada baiknya pisahkan akun media sosial pribadi dengan akun bisnis Anda.

Jadi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun bisnis. Dalam membuat profil akun bisnis, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Gunakan logo bisnis sebagai foto profil.
  2. Isi biodata atau deskripsi perusahaan pada profil Anda. Tulis deskripsi yang singkat dan padat mengenai informasi bisnis Anda seperti contohnya bidang perusahaan atau produk yang Anda jual.
  3. Lengkapi alamat, link website, dan nomor telepon bisnis Anda. Informasi ini sangat dibutuhkan dan akan memeprmudah konsumen yang ingin menghubungi dan membeli produk Anda.

2. Buat Konten Menarik

Setelah membuat akun bisnis yang profesional. Tantangan Anda selanjutnya adalah wajib membuat konten yang menarik. Tahap ini bisa dikatakan merupakan tahap yang paling penting, karena kontenlah faktor utama yang menentukan apakah audiens tertarik atau tidak untuk membeli produk Anda.

Membuat konten bukan berarti hanya posting kalimat atau foto saja. Anda  bisa sesekali memposting video promosi yang menarik.

Namun tidak hanya berhenti pada membuat konten saja. Kita juga perlu pintar dalam menganalisis konten dan strategi kedepannya. Media sosial tak hanya sebatas pada pembuatan konten dan memasarkan produk saja.

Analisis iklan juga sangat perlu dilakukan. Karena setelah dilakukan monitoring maka Anda bisa melakukan evaluasi untuk pengembangan iklan ke depannya untuk membuat strategi yang paling efektif dan menguntungkan.

Anda juga bisa memutuskan strategi mana yang harus diberhentikan dan kapan merilis konten baru. Intinya data dari analisis tersebut sangat penting untuk langkah yang akan Anda buat kedepannya.

Jika Anda masih bingung untuk membuat konten yang menarik, maka Anda bisa mencoba mengamati kompetitor bisnis serupa Anda. Pelajarilah konten-konten seperti apa yang banyak disukai oleh pelanggannya. Anda bisa coba membuat konten sejenis yang lebih baik.

3. Komunikasi dengan Audiens

Ada satu hal yang harus kita ingat, bahwasanya membangun konten saja tidak cukup. Promosi di media sosial juga perlu dibangun dengan interaksi yang baik dengan konsumen.

Manfaatkanlah media sosial untuk Anda berkesempatan membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan Anda.

Jadi, selain membuat konten yang menarik, Anda juga perlu menanggapi komentar-komentar atau respons dari audiens Anda. Ketika audiens mendapat respons yang juga baik dari Anda, audiens berpeluang menjadi pengikut dan pembeli yang loyal.

Semakin aktif Anda berkomunikasi dengan audiens Anda, semakin baik engagement yang akan terbentuk. Reputasi yang terbentuk atas brand atau bisnis Anda pun juga jadi semakin baik.

4. Pakai Fitur Ads

Sudah tahukah Anda bahwa saat ini ada layanan baru di hampir banyak media sosial yakni layanan fitur “ads”. Fitur terbaru ini bisa digunakan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Dengan fitur Ads, Anda bisa menyasar konsumen yang tepat.

Namun, fitur ads ini menggunakan biaya jadi Anda perlu sedikit mengeluarkan budget. Namun perlu diingat bahwa budget besar atau kecil bukanlah penentu utama iklan Anda berhasil. Yang terpenting adalah Anda perlu pandai-pandai mengatur anggaran iklan.

Cobalah menggunakan iklan dengan harga yang rendah terlebih dahulu. Kemudian, lakukan monitoring untuk memantau kinerja iklan Anda. Jika sudah optimal, Anda bisa melanjutkan iklan. Namun, jika kurang optimal, Anda bisa menambahkan budgetnya. Terus lakukan pemantauan berkala agar dapat mengukur hasilnya.

5. Kerja Sama Influencer

Cara mempromosikan produk di sosmed

Sumber: shutterstock.com

Cara terakhir yang efektif dan sedang banyak digunakan saat ini ialah bekerja sama dengan influencer. Influencer adalah orang-orang terkenal yang memiliki followers banyak yang mana setiap produk yang dipromosikannya bisa berpengaruh terhadap followersnya tersebut.

Jadi, sistemnya adalah anda akan mengirimkan barang kepada orang tersebut untuk kemudian dipromosikan di aku media sosial miliknya sendiri.

Review produk influencer ini berpeluang besar untuk dibeli oleh para pengikutnya. Jika tidak, maka minimal, pengikutnya mulai penasaran dengan produk tersebut, lalu mengikuti akun bisnisnya, dan melakukan pembelian. Bagaimana, Anda tertarik untuk bekerja sama??

Demikianlah ulasan mengenai cara mempromosikan produk di sosmed. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dan bisa membuka pintu rezeki Anda.

Setelah membaca artikel ini semoga Anda bisa terinspirasi dan semakin semangat dalam menjalankan bisnis Anda.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau memperluas jangkauan bisnis Anda, maka Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Jangan khawatir, siapapun Anda tetap bisa mendapatkan kesempatan untuk berpenghasilan jutaan rupiah perbulannya, loh.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

daftar disini sekarang

Sekian artikel mengenai cara mempromosikan produk di sosmed . Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×