Cara Membuat SIKM 2021 Untuk Perjalanan Darurat Lebaran

cara membuat SIKM 2021

Saat ini pemerintah telah mengeluarkan peraturan larangan keluar masuk Jakarta saat perayaan Idul Fitri 2021. Meski begitu, bagi beberapa orang tertentu yang memenuhi kriteria darurat. Caranya dengan menggunakan surat izin keluar masuk (SIKM). Jadi, bagaimana cara membuat SIKM tersebut? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat SIKM 2021

cara membuat SIKM 2021

sumber : google/bersosial

Demi mencegah penyebaran pandemi virus Covid-19 di Tanah Air, tradisi mudik saat Lebaran di 2021 ini harus kembali ditiadakan. Aturan larangan mudik ini akan berlaku mulai tanggal 6 hingga 17 mei 2021 pada seluruh masyarakat dan segala moda transportasi publik.

Namun demikian, tetap ada pengecualian yang diberikan bagi angkutan logistik dan masyarakat dengan kepentingan yang sangat mendesak.

Masyarakat yang memiliki keadaan darurat inilah dan mempunyai surat izin darurat ini bisa keluar masuk Jakarta saat momen lebaran 2021. Meskipun tetap ada penyekatan jika memiliki ‘Surat Sakti’ ini.

Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) ini bisa diurus lewat kelurahan sesuai domisili masing-masing. Nantinya, SIKM ini akan berlaku mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021 mendatang, tepat sebagaimana jangka waktu saat pelarangan mudik 2021.

Adapun kategori masyarakat yang diperbolehkan mudik telah ditetapkan dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 adalah sebagai berikut

  1. Urusan perjalanan dinas
  2. Kunjungan keluarga sakit
  3. Kunjungan duka anggota keluarga meninggal
  4. Ibu hamil didampingi oleh satu orang anggota keluarga
  5. Kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dengan dua orang.

Prosedur pembuatan SIKM kali ini lebih mudah dibanding tahun lalu, karena sebelumnya masyarakat bisa membuatnya secara online lewat corona.jakarta.go.id.

Baca Juga : Larangan Mudik Lebaran 2021, Ini Jenis Perjalanan yang Diperbolehkan

Peraturan SIKM 2021

cara membuat SIKM 2021

sumber : google/bersosial

Kebutuhan SIKM ini lebih tertuju pada masyarakat yang berkerja pada sektor nonformal yakni seperti para pekerja dan masyarakat umum, yang tidak bisa mendapatkan surat dari pimpinan perusahaan lantaran tak bekerja di suatu perusahaan atau tidak mendapatkan surat tugas dari pemerintah.

Untuk itu, Berdasarkan Surat edaran yang berlaku, ada tiga kriteria ketentuan membuat SIKM untuk perjalanan selama larangan mudik Lebaran yakni sebagai berikut:

  1. Pegawai instansi pemerintahan/Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/ Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), prajurit TNI dan anggota Polri melampirkan surat izin tertulis dari pejabat setingkat Eselon II yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik pejabat serta identitas diri calon pelaku perjalanan;
  2. Pegawai swasta melampirkan surat izin tertulis dari pimpinan perusahaan yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik pimpinan perusahaan serta identitas diri calon pelaku perjalanan;
  3. Pekerja sektor informal melampirkan surat izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik Kepala Desa/Lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan;
  4. Masyarakat umum nonpekerja melampirkan surat izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah yang dilengkapi tandatangan basah/tandatangan elektronik Kepala Desa/Lurah serta identitas diri calon pelaku perjalanan;

Ketentutan Membuat SIKM 2021

cara membuat SIKM 2021

sumber : google/bersosial

Merujuk dari Surat edaranSIKM atau surat izin keluar masuk ini memiliki beberapa ketentuan yakni

  1. Berlaku secara individual
  2. Berlaku untuk satu kali perjalanan pergi-pulang lintas kota/kabupaten/provinsi/ negara, dan,
  3. Bersifat wajib bagi pelaku perjalanan dewasa yang berusia 17 tahun ke atas.
  4. SIKM tak berlaku bagi daerah aglomerasi layakanya Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang. Aglomerasi adalah satu kesatuan wilayah yang terdiri dari beberapa pusat kota atau kabupaten yang saling terhubung Skrining dilakukan oleh anggota TNI/Polri dan Pemerintah Daerah.

Nantinya, dokumen SIKM dan surat keterangan negatif Covid-19 ini akan dilakukan skrining di pintu kedatangan atau pos kontrol yang berada di rest area, perbatasan kota besar, dan titik penyekatan daerah aglomerasi.

Baca Juga : Beginilah Peraturan THR 2021 dari Menteri Ketenagakerjaan

Waktu Membuat SIKM 2021

Sementara saat ditanya berapa lama penerbitan SIKM akan dikeluarkan, Syafrin menjelaskan pada dasarnya bila semua syarat terpenuhi akan sangat cepat.

Karena itu, dia menegaskan SIKM tidak bisa diminta atau diajukan untuk kebutuhan yang tidak sesuai kriteria selama larangan mudik Lebaran berlaku.

Demikianlah ulasan mengenai pembuatan SIKM 2021 bagi para masyarakat yang mengalami keadaan darurat. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

Semoga kita semua selalu dilimpahi kesehatan dan rahmat Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbal Alamin.

Lengkapi perlengkapan ibadah Anda untuk ramadan atau idul fitri dengan produk-produk di Aplikasi Evermos. Selain untuk berjualan sendiri, Anda pun berkesempatan untuk  menjadi  reseller dari berbagai produk tersebut. Lumayan, pendapatannya bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup dan ibadah sehari-hari.

Bagaimana caranya? Anda cukup bergabung bersama kami menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Jadi Reseller Gratis

Setelah mendaftar jadi reseller, khusus pendaftaran dari blog akan langsung mendapatkan subsidi transaksi pertama, lho!

Anda akan mendapatkan potongan langsung dari transaksi pertama, dengan rincian sebagai berikut:

Belanja Rp100.000 akan dapat Rp50.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA100

Belanja Rp50.000 akan dapat Rp20.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA50

Sedangkan khusus untuk produk digital jika berbelanja Rp100.000 maka akan dapat Rp5.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai cara menghindari lapar saat puasa ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×