Cara Membuat Sabun Cair dari Sabun Batang Hanya Dari Rumah | Mudah dan Cepat

Kebanyakan orang lebih memilih sabun cair daripada sabun batang karena berbagai alasan seperti higienitas, dan kepraktisannya. Namun bagaimana jika sudah terlanjur menyetok banyak sabun batangan? Tidak perlu khawatir karena kami punya cara membuat sabun cair dari sabun batang yang mudah dan praktis.

Ternyata, sabun cair bisa kita buat hanya dari rumah saja dengan bahan yang ada di rumah. Caranya pun cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Ingin tahu caranya? Mari kita simak artikel berikut ini.

Cara Membuat Sabun Cair dari Sabun Batang secara Mudah dan Cepat.

cara membuat sabun cair dari sabun batang
sumber : pexels.com

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membuat sabun cair, bisa dibuat dari awal atau mengubah dari bentuk sabun batang. Namun, cara pembuatan dari sabun batang ini adalah cara paling praktis karena tidak membutuhkan bahan kimia yang sulit ditemukan.

Untuk membuat sabun cari dari sabun batang ini hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana saja. Ingin tahu caranya? Yuk langsung saja kita simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Handsanitizer dengan Mudah | Bisa Buat di Rumah!

Alat

  1. Wadah
  2. Parutan
  3. Panci
  4. Botol pump

Bahan

  1. Air
  2. Sabun batang

Cara Membuat :

  1. Pilih sabun batang yang sesuai dengan keinginan Anda.

Anda bisa memilih sabun batang dengan varian apa saja.

  1. Parut sabun Batang

Parutlah sabun dengan menggunakan parutan yang halus dan tampungkan ke dalam sebuah mangkuk. Dengan memarut sabun akan membuat sabun lebih cepat meleleh nantinya.

  1. Didihkan secangkir air

Didihkan secangkir air sekitar 235 ml air yang nantinya akan dicampurkan dengan parutan sabun.

  1. Campurkan parutan sabun dengan air.

 Campurkan air dan sabun hingga memiliki tekstur kental seperti pasta. Jika tidak dengan air mendidih, Anda juga bisa melakuka hal ini dengan menggunakan microwave.

  1. Tambahkan Gliserin

1 sendok (5g) gliserin ke dalam adonan kemudian aduk hingga tercampur rata. Gliserin ini berperan sebagai pelembap untuk kulit, dan membuat sabun lebih lembut saat digunakan.

  1. Tambahkan Bahan Pelengkap

selain menambahkan glisterin, Anda juga bisa menambah beberapa bahan yang diinginkan seperti pewangi dan bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit.

Contohnya Anda bisa menambahkan lavender, chamomile, minyak alami dan pewarna alami untuk membuat sabun menjadi semakin bagus.

  1. Aduk hingga kekentalan sabun cair terasa pas.

Selanjutnya, Anda bisa mengaduk kembali setelah menambahkan berbagai bahan yang diinginkan. Masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran sambil diaduk hingga sabun memiliki tekstur dan kekentalan yang pas

  1. Setelah dingin, tuangkan sabun ke dalam wadahnya.

Selesai. Anda bisa langsung menuangkan sabun cair ke wadahnya dan bisa langsung digunakan.

Baca Juga : Inilah 9 Manfaat Daun Sirih Untuk Tubuh Yang Jarang Diketahui

Kelebihan Menggunakan Sabun Cair

cara membuat sabun cair dari sabun batang
sumber : pexels.com

Masyarakat saat ini mengenal 2 jenis sabun yang sering digunakan untuk mandi dan self hygiene yaitu sabun padat dan sabun cair.

Namun, mengapa saat ini keberadaan sabun cair lebih popular dan diminati dibandingkan dengan sabun batang?

Sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia yang semakin kompleks maka manusia tumbuh semakin dinamis dan menginginkan sesuatu yang praktis.

Salah satunya seperti sabun cair ini. Selain karena masalah kepraktisannya, sabun cair ini pun terkenal karena dinilai lebih higienis.

Ada beberapa keunggulan dari penggunaan sabun cair ini. Langsung saja kita simak pembahasannya di Bawah ini.

Kelebihan sabun cair dibandingkan sabun padat

Jika dilihat secara seksama, sebenarnya kedua jenis sabun ini fungsinya sama yaitu membersihkan tubuh. Namun sebenarnya sabun cair memang memiliki lebih banyak keunggulan, diantaranya:

  • Praktis

Sabun cair ini praktis karena kemasannya berupa botol dan bisa dipindahkeboto-pindahkan sehingga mudah dibawa kemana- mana.

  • Mudah larut dalam air

Membilas pun menjadi lebih gampang

  • Dapat dipakai dengan menggunakan spons sehingga lebih hemat

Spons membantu busa akan lebih banyak sehingga pembersihan pun jadi efektif

  • Lebih higienis arena tidak ada kontak dengan pemakai lain

Ini adalah hal yang paling penting. Higienitas dari sabun cair cukup tinggi karena tidak akan terjadi saling transfer kuman/bakteri dari orang lain.

Demikianlah ulasan kami mengenai cara membuat sabun cair dari sabun batang. Semoga dengan adanya artikel bermanfaat untuk menjadi inspirasi Anda dalam berkreasi.

Bagaimana caranya cukup mudah bukan? Dengan membuat sabun cair sendiri, Anda bisa menjadi lebih hemat dalam pengeluaran.

Jangan lewatkan artikel kesehatan menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×