6 Cara Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran Demi Kenyamanan Keluarga

Bulan Ramadan akan segera berakhir dan kita sebagai umat Muslim akan menyambut hari yang special yaitu Hari Raya Idul Fitri. Tentu saja setiap orang sibuk mempersiapkan hari Lebaran, mulai dari memasak makanan khas lebaran hingga membersihkan rumah. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai cara membersihkan rumah menjelang lebaran agar keluarga nyaman.

Setiap anggota keluarga hendaknya saling membantu untuk membersihkan rumah. Rumah terdiri dari berbagai ruangan yang mana harus terjaga kebersihannya.

Agar suasana lebaran semakin menyenangkan, ikuti cara membersihkan rumah berikut ini dari setiap ruangann yang harus Anda lakukan. Baca ulasannya hingga tuntas ya!

Baca juga: Sudah Siap Belanja? Inilah 5 Tips Dekorasi Rumah Untuk Sambut Lebaran, Biar Makin Nyaman!

Cara Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran 

1. Bersihkan Taman atau Pekarangan

Cara Membersihkan Rumah
Sumber: shutterstock.com

Anda bisa mulai merapikan taman atau pekarangan rumah dari area depan. Bersihkan dengan sapu atau mengambil dedaunan yang gugur.

Terlebih halaman atau teras adalah tempat yang akan diperhatikan pertama kali oleh tamu. Nah, Anda bisa memulai dengan menggunting daun-daun tanaman yang sudah layu dan menguning.

Kemudian potong rumput yang sudah panjang dan bersihkan pot-pot yang sudah mulai lusuh, dan jika sempat bisa mewarnai kembali dinding cat yang sudah rusak.

Pastikan dalam memilih cat harus warna yang dapat memberikan energi positif.

Jangan lupa menyapu dan mengepel lantai teras, kemudian merapikan kursi dan meja agar terlihat bersih juga terawat.

Agar memberi kesan sejuk, Anda juga bisa menjajarkan pot-pot tanaman dengan susunan yang lebih rapi. Pastikan setiap tanaman yang dipajang terlihat hijau.

2. Bersihkan Ruang Tamu

Cara Membersihkan Rumah
Sumber: shutterstock.com

Pastikan ruang tamu Anda bersih. Karena biasanya, ruang tamu menjadi tempat berkumpul keluarga di Hari Raya.

Benda-benda yang sering dipegang juga dapat menjadi medium virus. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membersihkan benda-benda di ruang tamu dengan rutin.

Tak ada salahnya juga untuk menata ulang ruang tamu agar terlihat lebih fresh dan memberikan suasana baru di Hari Lebaran nanti.

Untuk membersihkan lantai, Anda dapat menggunakan sapu. Ada rekomendasi produk kebersihan yang tersedia di Evermos, salah satunya sapu dan pengki.

Segera Dapatkan Produk Kebersihan Untuk Kenyamanan Rumah Anda

produk sapu lantai

Benda ini menjadi benda yang paling utama yang harus ada di rumah Anda. Bagi Anda yang belum memilikinya atau ingin membeli yang baru, langsung pesan saja, terdapat berbagai pilihan warna dan peralatan kebersihan lainnya.

Tidak hanya untuk Anda miliki saja, Anda bisa memanfaatkan produk kebersihan ini untuk dijual. Karena pasti para ibu rumah tangga sangat membutuhkan produk ini.

Untuk menjadi reseller, silahkan daftar sekarang juga. Raih kesempatan untuk mendapatkan penghasilan walaupun di rumah saja.

KLIK DISINI UNTUK DAFTAR

3. Bersihkan dan Siapkan Tempat Untuk Ibadah

Cara Membersihkan Rumah
Sumber: google/bersosial

Saat ada tamu berkunjung ke rumah Anda, sudah pasti mereka akan menumpang untuk melaksanakan ibadah sholat.

Tentu memang penting untuk menyiapkan tempat khusus beribadah. Tidak perlu ruangan yang besar, misalnya bisa dengan menggunakan kamar salah satu anggota keluarga tetapi bukan kamar utama atau salah satu sudut ruangan yang sudah dibersihkan.

Atau jika di rumah Anda terdapat ruangan mushola khusus, itu lebih baik. Jangan lupa sediakan beberapa alat ibadah yang bersih dan nyaman untuk dikenakan.

4. Bersihkan Sofa

Cara Membersihkan Rumah
Sumber: shutterstock.com

Sofa merupakan furniture terbesar di ruang tamu. Nah, jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, bisa dengan membersihkan seperlunya menggunakan lap lembab.

Jika ingin mencucinya, tetap pilih metode pencucian paling lembut. Bantal juga harus dicuci dengan metode pencucian lembut.

Kemudian pastikan seluruh kuman yang menempel musnah dan lanjutkan dengan pengeringan dalam suhu yang hangat.

Bersihkan juga debu dan tungau, hal ini disebabkan karena mereka menjadi salah satu penyebab alergi yang ada di rumah.

Sedot debu di permukaan atas karpet atau sofa dengan penyedot debu dengan menggunakan ujung model upholstery.

5. Bersihkan Dapur

Cara Membersihkan Rumah
Sumber: shutterstock.com

Menjelang Hari Idul Fitri, Anda biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktu di dapur untuk membuat hidangan khas Lebaran.

Jadi, jangan lupa untuk membersihkan dapur dan peralatan masak setelahnya.  Peralatan masak menjadi senjata saat hendak membuat makanan.

Tentu saja Anda harus rutin membersihkan peralatannya. Termasuk peralatan yang sudah jarang digunakan.

Peralatan dapur sebaiknya dibersihkan dengan merendamnya di air panas serta dicuci dengan sabun agar bakteri atau virus yang menempel mati.

6. Bersihkan Kamar Mandi

Cara Membersihkan Rumah
Sumber: shutterstock.com

Tamu yang datang tentu saja akan menggunakan kamar mandi untuk sekadar cuci tangan, buang hajat dan mengambil air wudhu.

Agar lebih mudah untuk membersihkannya, bisa dengan mengandalkan disenfektan dan lap kain untuk membersihkan bagian luar dari toilet.

Selain itu, padukan dengan  pembersih toilet khusus bagian dalam, saat membersihkan bagian dalamnya usahakan untuk mendiamkan kurang lebih sepuluh menit sebelum menggosok dengan sikat toilet dan membilasnya.

Hal yang perlu Anda lakukan saat membersihkan kamar mandi adalah dengan menyikat toilet, wastafel, lantai, dan dinding kamar mandi sampai bersih hingga ke sudut-sudutnya.

Kemudian lap cermin dengan pembersih kaca. Simpan semua toiletries seperti sikat gigi, shampo, deodoran, bungkus pembalut ke dalam box tertutup sementara.

Oh ya, ganti pula handuk minimal seminggu sekali untuk tetap menjaga kebersihannya. Pastikan pula untuk benar-benar mengeringkan handuk setelah memakainya dengan cara menjemurnya di tempat kering.

Ganti handuk untuk tangan yang bersih. Bisa juga dengan menambah vas bunga kecil pada wastafel, serta pengharum ruangan.

Rekomendasi Hiasan Bunga Untuk Mempercantik Ruangan 

produk dekorasi bunga

Dengan adanya hiasan bunga cantik atau tanaman dalam ruangan memang membuat suasana menjadi lebih asri dan berwarna.

Tahukah Anda, bahwa selain untuk mempercantik ruangan, dengan adanya tanaman ini bisa mengurangi rasa stress, lho!

Ingin menemukan berbagai macam bunga atau tanaman untuk menghiasi rumah Anda? Anda dapat menemukannya di Evermos.

Biasanya para wanita atau ibu-ibu yang cenderung menyukai tanaman, tidak ada salahnya jika menjalankan usaha untuk menjadi reseller yang menjual produk tersebut.

Anda akan merasakan banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Jika ingin bergabung menjadi reseller, silahkan untuk klik di bawah ini.

YUK GABUNG DISINI

Demikianlah informasi mengenai cara membersihkan rumah menjelang hari Lebaran.

Semoga kita senantiasa selalu menjaga kebersihan rumah supaya tetap nyaman ditinggali, apabila ada tamu yang berkunjungpun akan merasa betah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaaat, boleh bagikan artikel ini kepada yang lain agar mendapat kebermanfaatan dan ikut mempersiapkan untuk membersihkan rumah.

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Jangan lupa untuk mengunjungi situs Blog Evermos.

×