7 Cara Melihat Stalker IG yang Ampuh dan Akurat, Coba Sekarang!

Saat ini, Instagram menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak. Sebagai salah satu penggunanya, pernahkah kamu penasaran dengan orang yang sering mengintip profil Instagram kamu? Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana ya cara melihat stalker di Ig?  

Instagram memang terkenal sebagai platform yang cukup personal oleh penggunanya. Sebab banyak yang mengunggah aktivitas sehari-hari di platform tersebut. Hal ini juga berdampak pada rasa penasaran terhadap kehidupan orang lain yang kemudian mengarah ke stalking. 

Nah pertanyaan seperti “siapa sih yang sering stalking ig aku?” adalah pertanyaan yang mungkin sering muncul di benak kita. Bagaimana tidak, semua orang tentu ingin tahu siapa saja yang penasaran dengan aktivitas mereka di Instagram.

Jika kamu penasaran dan sedang mencari jawabannya, artikel ini akan membantu kamu dengan pembahasan tuntas mengenai stalking di Instagram, hingga cara melihat orang yang stalker Instagram kita, baik dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. 

Sebelum lebih jauh mengenai cara melihat stalker Ig, mari bahas secara singkat mengenai stalking. 

Baca juga: 9 Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi dan VPN Dengan Mudah 

Stalking itu Apa Ya? 

cara melihat stalker ig
Sumber: freepik.com

Dalam konteks Instagram, stalking mengarah pada tindakan mengamati atau memeriksa aktivitas orang lain secara intensif dan berulang kali tanpa sepengetahuan pemilik akun. Tindakan ini berarti seperti melihat foto hingga video yang mereka unggah. 

Selain itu, juga membaca komentar serta status mereka, hingga melihat profil dan sebagainya. 

Orang yang melakukan stalking disebut juga sebagai stalker, yaitu seseorang yang memiliki ketertarikan dan rasa penasaran yang tinggi terhadap orang lain yang mereka pantau. Alasannya bisa beragam, seperti kekaguman, rasa ingin tahu, hingga rasa cinta. 

Tindakan stalking di Instagram memang tidak dianggap sebagai pelanggaran hukum, namun perlu ada batasan yang wajar dalam menguntit Instagram orang lain sebagai bentuk menghargai privasi orang tersebut. 

Baca juga: 150+ Nama Sorotan IG Aesthetic Diri Sendiri, Teman, Pasangan Bikin Followers Melejit! 

Beberapa Cara Melihat Stalker Instagram

cara melihat stalker ig
Sumber: freepik.com

Berikut ini merupakan beberapa cara melihat siapa yang stalker Ig kita yang bisa kamu coba. 

1. Cara Melihat Stalker Ig Tanpa Aplikasi 

Cara melihat stalker Ig gratis tanpa perlu aplikasi adalah dengan mengubah akun Instagram pribadi kamu menjadi akun bisnis. Sebab akun Instagram bisnis menyediakan fitur yang lebih lengkap, seperti fitur “insight”. 

Fitur “insight” mampu menyediakan daftar siapa saja yang mengunjungi profil Instagram kamu. 

Untuk mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis, akun yang sebelumnya di-private akan secara otomatis berubah menjadi akun publik. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah akun Instagram kamu menjadi akun bisnis: 

  • Buka dan masuk ke akun Instagram kamu
  • Klik ikon profil di pojok kanan layar smartphone kamu
  • Klik pengaturan di bagian bawah 
  • Klik akun dan scroll ke bawah 
  • Klik pilihan beralih ke akun profesional 
  • Pilih bisnis dan ikuti petunjuk hingga selesai

Setelah akun kamu berubah menjadi akun bisnis, kamu bisa cek siapa saja orang yang mengunjungi profil Instagram kamu dengan cara sebagai berikut: 

  • Buka dan masuk ke akun Instagram kamu
  • Klik ikon profil yang ada di pojok kanan bawah 
  • Pilih ikon garis tiga di pojok kanan atas 
  • Apabila akun kamu sudah berubah menjadi akun bisnis, maka akan muncul pilihan insight
  • Pada menu insight, kamu akan mendapatkan data siapa saja yang mengunjungi profil Instagram kamu.

Selain tahu akun stalker, kamu juga mendapatkan informasi lain yang membantu kamu mengenal profilnya seperti umur, gender, hingga waktu aktif menggunakan aplikasi. 

2. Cek Stalker dengan JNCK Media 

Selain mengetahui stalker dari aplikasi Instagram langsung, kamu bisa memanfaatkan online checker dari JNCK Media. JNCK Media merupakan situs online checker yang dapat memberikan daftar akun yang sering mengunjungi profil Instagram kamu. 

Namun, perlu kamu ketahui situs JNCK Media hanya bisa digunakan untuk akun publik, sehingga kamu perlu mengubah mode akun Instagram kamu dari private menjadi publik. 

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan JNCK Media: 

  • Buka situs JNCK Media, kemudian arahkan ke Tools > Instagram Tools > Check Stalkers
  • Pada laman Instagram Check Stalker, input username Instagram di kolom yang disediakan
  • Klik I’m not a robot dan selesaikan captcha yang muncul
  • Klik pilihan Submit
  • Situs akan menganalisis akun kamu, setelah selesai, kamu bisa akses bagian Result untuk mengetahui berbagai akun yang sering mengunjungi profil Instagram kamu. 

JNCK Media memiliki keunggulan seoerti bisa mengetahui daftar stalker akun lainnya selama tidak dalam mode private. Namun, kekurangan dari fitur ini adalah keterbatasan untuk tiga kali pemakaian dalam satu hari. 

Baca juga: Cara Buat Instagram Bisnis untuk Pemula 

3. Cara Melihat Stalker Instagram dengan Aplikasi 

Cara melihat stalker IG selain JNCK adalah dengan aplikasi. Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat kamu unduh di Play Store ataupun App Store. Berikut beberapa aplikasi untuk melihat orang yang stalking Ig kita:

a. Reports+

Reports merupakan aplikasi yang memberikan data mengenai siapa saja yang tidak mengikuti kembali akun kamu, siapa yang meng-unfollow kamu, hingga komentar yang mendapat respons terbanyak. 

Berikut cara melihat stalker Instagram menggunakan aplikasi Reports+:

  • Unduh dan install aplikasi Reports+ dari Play Store ataupun App Store
  • Buka aplikasi dan login menggunakan akun Instagram kamu
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai menyinkronkan data
  • Pilih menu stalker di halaman utama aplikasi
  • Di menu tersebut akan muncul daftar akun yang sering melihat profil Instagram kamu

Namun perlu kamu ketahui, bahwa aplikasi ini tidak gratis. Sehingga kamu perlu berlangganan untuk mendapatkan berbagai fitur premiumnya. Selain itu, kamu juga tidak bisa mendapatkan daftar stalker yang menggunakan akun anonim atau palsu.

b. Stalkie

Stalkie yaitu aplikasi yang dapat membantu kamu mendapatkan informasi siapa saja yang sering melihat stories Instagram kamu, hingga siapa saja yang melihat live video kamu. 

Selain itu, kamu juga bisa tahu foto-foto apa saja yang di like oleh stalker. 

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Stalkie: 

  • Download dan install aplikasi ini dari Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi Stalkie dengan login menggunakan akun IG kamu
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai melakukan sinkronisasi data
  • Kamu akan mendapatkan daftar akun stalker melalui menu Stalker di halaman utama aplikasi

Namun, seperti aplikasi Reports+, Stalkie juga tidak gratis. Sehingga kamu perlu berlangganan untuk menjangkau fitur yang premium.

c. FollowMeter for Instagram

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat siapa yang baru saja mulai mengikuti akun kamu, dan siapa yang berhenti. 

Meskipun aplikasi ini tidak secara langsung menunjukkan stalker, namun aplikasi ini memberikan gambaran tentang aktivitas terkini di akun Instagram kamu.

d. Followers & Unfollowers

Jika kamu ingin tahu cara melihat stalker IG gratis dengan aplikasi, kamu juga bisa mencoba aplikasi FollowMetter dengan versi dasar yang gratis.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat melacak pengikut yang hilang atau yang tidak mengikuti akun kamu lagi, hingga pengguna yang tidak kamu ikuti balik. 

e. iAssistant Follower Analysis

Selain keempat aplikasi di atas, kamu juga bisa mencoba aplikasi iAssistant Follower Analysis, yaitu aplikasi stalker dengan fitur yang cukup mirip aplikasi rekomendasi lainnya. 

Cara Bijak Menggunakan Instagram

cara melihat stalker ig
Sumber: freepik.com

Pada akhirnya, pengetahuan tentang cara melihat stalker Instagram tentu saja menarik dan bisa menjadi alat yang berguna untuk memahami lebih lanjut tentang interaksi di media sosial kamu. 

Namun, yang paling penting adalah menjaga privasi dan keamanan kamu sendiri di media sosial. Jangan lupa untuk memperbarui pengaturan privasi kamu dan berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi.

Ingatlah bahwa media sosial adalah alat untuk berbagi dan berinteraksi, dan penggunaannya yang bijaksana adalah kunci untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan online dan offline. 

Meski kamu penasaran tentang siapa yang mungkin stalking profil kamu, penting juga untuk menghargai privasi orang lain. Ingat, di dunia maya pun, empati dan etika harus tetap dijaga.

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga dapat memberikan manfaat dan wawasan baru untuk kamu mengenai dunia media sosial. 

Jangan lupa untuk selalu kunjungi blog Evermos untuk tahu berbagai artikel informatif lainnya. 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)