Ini Lho 4 Cara Jualan di Lazada Agar Omset Toko Online Anda Meningkat

Ingin memasarkan produk secara online? Anda harus tahu cara jualan di Lazada, salah satu marketplace yang banyak diminati saat ini.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa seiring dengan berkembangnya dunia e-commerce, minat konsumen untuk berbelanja secara online juga semakin tinggi sehingga jualan online dinilai lebih menjanjikan dan menguntungkan daripada jualan offline.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan seorang penjual dengan berjualan online, seperti lebih hemat waktu, hemat pengeluaran untuk sewa tempat, hemat tenaga dan jangkauan pasar menjadi lebih luas.

Sebelum Anda mulai berjualan di Lazada, ikuti langkah cara jualannya di bawah ini.

Langkah atau Cara Jualan Barang di Lazada

1. Melengkapi dan Memberikan Dokumen yang Diperlukan

Cara Jualan di Lazada
Sumber: google.com

Berikut cara yang bisa Anda lakukan pada langkah yang pertama diantaranya:

  • Membuka website lazada.co.id lalu klik tombol Daftar yang terletak di pojok kanan atas.
  • Melengkapi form pendaftaran dan memberikan dokumen yang diperlukan seperti soft copy surat izin bisnis Anda atau soft copy KTP, dan soft copy dokumen rekening bank (Buku Tabungan/Rekening Koran).
  • Membaca dengan teliti isi Perjanjian Penjual yang kemudian setujui dan tandatangani apabila Anda setuju dengan isi perjanjian tersebut.

2. Mengaktifkan Akun Anda

Cara Jualan di Lazada
Sumber: google.com

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan meng-klik tombol “Menjadi Sellerkemudian isi form yang tersedia dengan lengkap dan akurat. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang diberikan untuk menyelesaikan proses pendaftaran seller.

Perlu Anda ketahui juga bahwa Lazada menyediakan fasilitas seller center yang dapat digunakan penjual untuk memantau keseluruhan proses transaksi bila terjadi pembatalan, retur, maupun transaksi sukses serta laporan penjualan harian.

Ternyata fasilitas ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi, sehingga akan lebih memudahkan Anda.

3. Mendaftarkan Produk Anda dan Memulai Berjualan

Cara Jualan di Lazada
Sumber: google.com

Anda harus mengunggah 5 produk terlebih dahulu agar produk bisa live dan mulai terlihat oleh pengunjung Lazada.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Anda harus menyiapkan foto produk dengan kualitas terbaik serta konten yang menarik untuk diunggah. Tujuannya adalah untuk bisa mengalahkan pesaing atau kompetitor, mungkin saja ada yang menjual produk yang serupa dengan Anda.

Cara Jualan di Lazada Agar Omset Anda Meningkat

1. Menggunakan Foto Berkualitas dan Deskripsi Produk Menarik

Cara Jualan di Lazada
Sumber: google.com

Hal pertama yang akan dilihat oleh pembeli adalah foto atau gambar. Jadi, pastikan Anda menggunakan foto yang jelas sehingga pembeli jadi yakin akan barang yang dibeli sesuai dengan yang mereka inginkan.

Dalam deskripsi produk, Anda bisa menjelaskan seperti bahan yang digunakan, manfaat, spesifikasi atau fitur, variasi, keuntungan atau benefit dengan membeli produk tersebut, dan cara penggunaannya (jika ada).

Pada setiap deskripsi produk Anda, pastikan untuk memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan produk seperti “baju muslim murah”. Maka, ketika orang mencari produk menggunakan kata kunci tersebut, produk Anda yang akan muncul pertama kali.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat deskripsi produk yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa penulis profesional dan terpercaya.

2. Memberikan Promo

Cara Jualan di Lazada
Sumber: google.com

Strategi memberikan promo atau diskon merupakan praktik bisnis yang umum dilakukan. Sebelum Anda menerapkan dan memotong harga produk hingga setengahnya dengan harapan mendorong penjualan, Anda harus terlebih dahulu merencanakan dan memeriksa struktur harga produk Anda.

Hal tersebut untuk memastikan dalam melindungi margin keuntungan Anda. Nah, berikut beberapa langkah dasar ketika Anda ingin merencanakan diskon dan strategi harga:

  • Mengidentifikasi margin keuntungan yang didapat, break-even point, dan mark up harga yang masuk akal.
  • Mencari tahu apa yang dilakukan kompetitor Anda, termasuk diskon dan promosi serupa yang mereka tawarkan.
  • Mengidentifikasi diskon penjualan apa yang sekiranya masih menghasilkan keuntungan.
  • Coba pikirkan cara lain untuk meningkatkan penjualan tanpa harus menurunkan harga.

Memang dengan adanya potongan harga atau misalnya gratis ongkos kirim selalu menjadi favorit para pembeli. Semakin sering promo diberikan, maka semakin sering pula barang dagangan Anda diburu pembeli.

3. Review dan Rating

Cara Jualan di Lazada
Sumber: google.com

Salah satu cara Anda untuk menjaga kepercayaan pembeli adalah melalui review dan rating. Karena dengan adanya review dan rating positif dari pembeli akan menambah kepercayaan calon pembeli lainnya yang ingin melihat kualitas produk usaha Anda.

Bahkan hampir 90% pembeli membaca  ulasan pembeli lainnya terlebih dahulu sebelum memutuskan berbelanja. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli agar toko online Anda bisa mendapatkan review dan rating yang bagus.

Dengan toko online Anda memperoleh review yang positif dari pembeli, sehingga review positif tersebut mampu meningkatkan rating toko online Anda di Google.

Nah, untuk penilaian dari Google sendiri bukan hanya dari review atau rating positif pembeli Anda saja, tapi juga dari jumlah yang mereview ulasan yang ada di toko online Anda.

Jadi, Anda harus selalu memantau ulasan dan review yang ada di toko online Anda, untuk meningkatkan kepopuleran toko Anda di Google. Semakin toko Anda dikenal, maka peluang untuk dibeli dan diminati semakin besar.

4. Fast Response

Cara Jualan di Lazada
Sumber: google.com

Seorang pembeli cenderung menyukai penjual yang fast response dan aktif dalam menjawab pertanyaan mereka atau update status pesanan.

Percaya atau tidak, ketika pembeli menanyakan sesuatu kepada penjual lewat pesan, baik melalui media sosial atau toko online, pembeli sangat mengharapkan jawaban yang secepat-cepatnya.

Lalu jenis fast response apa yang sangat diperlukan?

Yang sopan, tapi akrab!

Nah, untuk memenuhi hal tersebut, sangat diperlukan kemampuan atau keahlian dalam berkomunikasi.

Sebagai penjual memang pantang sekali untuk lambat merespon. Tetapi tetap harus ada hal penting yang harus diperhatikan penjual ketika menjawab konsumen, yaitu harus menganggap konsumen sebagai temannya tapi harus memperhatikan sisi kesopanan.

Jadi, mulailah membudayakan fast response jika Anda ingin sukses memasarkan produk secara online karena hal tersebut akan mendapatkan konversi konsumen yang sangat besar.

Demikian langkah-langkah atau cara jualan online di aplikasi Lazada. Semoga Anda bisa terinspirasi untuk bisa memulai jualan online dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Adapun aplikasi lain untuk bisa berjualan online yang berpotensi dapat penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah dengan menjual berbagai produk kebutuhan terlengkap di Evermos. Aplikasi untuk reseller No. 1 di Indonesia.

Cara untuk berjualannya pun sangat mudah. Anda tidak perlu ribet atau pusing memikirkan stok atau pengiriman karena tim kami yang akan meng-handlenya. Anda hanya perlu promosi ke teman atau kerabat.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller di Evermos. Klik Reseller Evermos di bawah ini untuk mendaftar.

Reseller Evermos

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan raih peluang usaha menguntungkan dengan menjadi reseller handal di Evermos!

 

×
slot88