7 Cara Jitu Agar Jualan Online di Instagram Bisnis Laris Manis

Apakah jualan Anda sepi? Mungkin ada yang salah dengan strategi jualan Anda. Coba ikuti cara jualan online di Instagram bisnis dijamin jualan Anda bakal laris.

Siapa sih yang tak mau jualannya laris manis? Pasti setiap orang ingin laku besar dan untung dalam jualannya!

Untuk bisa memaksimalkan penjualan, salah satunya adalah melakukan promosi melalui media sosial, salah satunya Instagram.

Maka dari itu, Anda harus tahu cara jualan online di Instagram bisnis agar jualan Anda tidak sepi lagi. Berikut penjelasannya!

Cara Jualan Online di Instagram Bisnis

1. Menentukan Target Audience

Instagram Bisnis
Sumber: pexels.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan promosi adalah menentukan target audience. Coba pahami orang-orang seperti apa saja yang kemungkinan membutuhkan solusi sehingga Anda yang akan menawarkan dan mampu memberikan solusi atas apa yang mereka inginkan.

Dari situlah, Anda bisa menentukan brand voice hingga konten yang sesuai dengan target audience.

Usahakan dalam menentukan target audience itu harus spesifik. Karena semakin spesifik target audience, maka semakin besar pula persentase konversinya.

Misalnya, jika Anda ingin jualan fashion hijab, maka target market yang tepat adalah perempuan. Lalu, lebih spesifik lagi fashion hijab yang Anda jual diperkenankan untuk kisaran umur berapa. Apakah remaja/anak muda atau dewasa?

Dengan menentukan target audience yang spesifik dan jelas tujuannya agar lebih efektif.

2. Membuat Akun Instagram Bisnis

Instagram Bisnis
Sumber: pexels.com

Selain akun personal/pribadi, Instagram pun menyediakan jenis akun bisnis. Jika Anda ingin berjualan sebaiknya menggunakan akun Instagram bisnis. Fungsinya agar akun yang dibuat lebih profesional dan tidak tercampur dengan urusan pribadi Anda.

Tidaklah sulit dalam membuat akun Instagram bisnis. Anda bisa membuatnya melalui menu setting kemudian pilih menu “Switch to Business Account”.

Pastikan juga sebelumnya sudah membuat akun Facebook dan fanpage Facebook. Karena keduanya akan diperlukan saat hendak membuat akun bisnis di Instagram.

Untuk membuat akun bisnis, sebaiknya menggunakan nama akun yang mengandung kata kunci yang biasa dicari orang. Contohnya, apabila Anda menjual fashion hijab casual, maka akun yang ditulis bisa seperti @jualhijabcasual atau @jual_hijab_casual

Dengan menuliskan akun yang mengandung kata kunci, maka kemungkinan besar akun bisnis Anda akan menjadi akun yang mudah dicari oleh calon konsumen.

3. Membuat Konten yang Menarik

Instagram Bisnis
Sumber: pexels.com

Setelah berhasil membuat akun bisnis di Instagram, selanjutnya Anda fokus membuat konten yang menarik.

Anda bisa membuat konten seperti menampilkan foto produk dengan hasil yang menarik, perhatikan pula pencahayaannya.

Selain memposting foto produk, Anda bisa membuat konten seputar tips yang berkaitan dengan produk yang Anda jual, misalnya produk hijab. Konten mengandung info tips tersebut tujuannya untuk meningkatkan engagement kepada audience.

Dari tampilan visual saja rasanya tidak cukup, untuk melengkapinya Anda bisa menambahkan copywriting yang menarik pada caption untuk bisa mengonversi calon konsumen.

4. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Instagram Bisnis
Sumber: pexels.com

Hashtag merupakan kata kunci yang memudahkan seseorang untuk mencari atau terhubung dengan akun bisnis Anda.

Ketika Anda hendak meng-upload foto dan membuat copywriting-nya, jangan lupa untuk memberikan hashtag yang sesuai.

Penggunaan hashtag bisa menggunakan aplikasi hashtag yang terdapat di playstore. Selanjutnya Anda ketikkan produk jualan Anda, misalnya “hijab casual”, maka aplikasi tersebut memberikan referensi hashtag yang paling banyak dicari dan ditulis oleh para user Instagram.

Jangan lupa pula untuk menggunakan hashtag nama brand produk Anda agar sering muncul di Instagram.

5. Lakukan Tag dan Share

Instagram Bisnis
Sumber: pexels.com

Untuk memperkenalkan akun bisnis Anda secara luas dan produk yang dijual jadi laris manis, Anda bisa melakukan cara dengan tag dan share kepada konsumen ataupun calon konsumen Anda.

Apabila Anda ingin melakukan tag dan share secara berkala, maka Anda bisa memilih orang lain lagi untuk dijadikan sasaran sehingga dengan cara ini produk Anda akan banyak dikenal.

6. Memfollow Akun yang Diikuti Target Audience

Instagram Bisnis
Sumber: pexels.com

Untuk mendapatkan followers, Anda bisa memulainya dengan memfollow akun-akun lain. Follow akun yang diikuti oleh target audience Anda. Jika mereka menyukai hal berbau kuliner, follow akun-akun berbau kuliner.

Nah, dengan cara ini dapat membantu Anda terhubung dengan user Instagram lain, khususnya yang sesuai dengan profil yang Anda cari.

Selain itu, dengan memfollow akun seperti itu bisa membantu Anda untuk mengetahui konten seperti apa yang cocok dengan audience. Dengan begitu, Anda bisa membuat konten yang lebih baik serta menarik.

7. Tawarkan Diskon atau Giveaway

Instagram Bisnis
Sumber: pexels.com

Pastinya sudah tidak asing lagi jika ada tawaran diskon atau giveaway dari sebuah akun jualan. Cobalah sesekali pada momen-momen tertentu untuk melakukan cara ini.

Diskon atau giveaway tesebut diberikan untuk followers Anda yang selalu aktif mengikuti kuis yang Anda lakukan.

Cara ini dinilai cukup efektif, karena biasanya syarat untuk mendapatkan diskon atau hadiah adalah dengan tag teman teman dari followers Anda.

Nah, secara tidak langsung cara ini dapat membantu Anda dalam mempromosikan produk Anda kepada setiap orang dan jangkauannya lebih luas lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai cara jitu jualan online di Instagram bisnis, coba lakukan cara-cara tersebut agar jualan online Anda jadi laris manis.

Banyak cara jualan online yang bisa berpotensi menguntungkan bagi Anda. Termasuk salah satunya dengan berjualan di salah satu platform reseller nomor 1 di Indonesia seperti Aplikasi Evermos.

Dengan menjadi reseller di Evermos, jualan Anda akan lebih mudah dan efektif serta dapat komisi dari setiap penjualan produk.

Yuk, raih kesempatan untuk jadi reseller sukses bersama Evermos! Anda bisa mulai berikhtiar jualan di aplikasi Evermos tanpa modal lho.

Caranya dengan mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu di bawah ini.

Daftar Reseller Evermos Gratis

Semoga info ini dapat bermanfaat dan selamat berikhtiar untuk menjadi reseller hebat di Evermos!

×