10 Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Usai Lebaran, Tanpa Harus Minum Obat!

Seusai lebaran, tentu kebanyakan dari kita telah menyantap banyak makanan dalam jumlah yang tidak sedikit. Bahkan makanan tersebut bisa saja mengandung kolesterol. Hal ini tentu menjadi permasalahan bagaimana caranya agar terhindari dari kolesterol, bukan? Maka dari itu, pada artikel ini akan membahas mengenai cara cepat menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat.

Melansir dari Harvard Health Publishing, mengandalkan obat-obatan semata tanpa Anda imbangi dengan gaya hidup sehat tidak menjamin kadar kolesterol terkontrol.

Bahkan menurut penelitian, kadar kolesterol total dan lemak jahat (LDL) ratusan orang terbukti berkurang dengan pola makan sehat.

Yuk, langsung saja simak ulasan artikel berikut agar kesehatan tubuh Anda menjadi lebih terjaga.

Baca juga: Inilah 7 Ciri Ciri Kolesterol Tinggi dan Asam Urat. Jangan Disepelekan!

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol

1. Membatasi Asupan Gula

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol
Sumber: shutterstock.com

Cara cepat menurunkan kolesterol alami yang seringkali orang lupakan adalah mengontrol asupan gula.

Sebagian orang beranggapan bahwa gula hanya terkait dengan penyakit diabetes. Padahal, mengonsumsi gula berlebihan juga memengaruhi kolesterol.

Menurut Cleveland Clinic, tingginya asupan gula membuat hati memproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, konsumsi gula berlebihan juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menghambat enzim pemecah kolesterol trigliserida.

Agar kolesterol dan gula darah tetap stabil, batasi asupan gula dengan meminimalkan minuman manis, makanan olahan, sampai karbohidrat bertepung.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Konsumsi makanan tinggi serat juga sebagai cara cepat menurunkan kolesterol alami, terutama kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Selain bisa memangkas kadar kolesterol, asupan kaya serat juga mengandung bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan.

Beberapa jenis makanan tinggi serat yang bisa dimanfaatkan sebagai cara cepat menurunkan kolesterol alami di antaranya biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.

Rekomendasi Produk Minuman Kesehatan untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

produk minuman sehat

DAPATKAN SEKARANG

Jangan lupa untuk mengonsumsi minuman kesehatan yang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah dapat membantu menurunkan penyakit kolesterol.

Selain menyehatkan, minuman ini terasa enak dan segar. Yuk, beli sekarang juga mumpung ada promo buy 1 get 1. Kapan lagi bisa sehat dengan mengonsumsi minuman sehat yang harganya ekonomis?

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium Tinggi

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol
Sumber: shutterstock.com

Dengan mengonsumsi asupan tinggi magnesium merupakan salah satu cara cepat menurunkan koleterol alami. Magnesiun terbukti bisa mengontrol kadar kolesterol.

Menurut penelitian, magnesium dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Kekurangan kalsium bisa meningkatkan risiko serangan jantung, artimia, sampai nyeri dada.

Beberapa makanan yang banyak mengandung magnesium yang bisa dimanfaatkan sebagai cara cepat menurunkan kolesterol alami di antaranya tahu, tempe, pisang, kacang-kacangan, gandum utuh, sayuran hijau, ikan, sampai alpukat.

4. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi secara alami selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah makan makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

Lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Sedangkan lemak tak jenuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Beberapa sumber lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi untuk dimanfaatkan sebagai cara cepat menurunkan kolesterol alami di antaranya minyak zaitun, kacang-kacangan, alpukat, ikan salmon, sampai ikan tuna.

5. Perhatikan Jumlah Kalori dan Hindari Makan Berlebihan

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol
Sumber: shutterstock.com

Cara cepat menurunkan kolesterol alami lainnya yang perlu Anda lakukan yitu hindari makan berlebihan.

Makan berlebihan dapat meningkatkan berat badan. Setiap kenaikan berat badan berisiko meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Jangan lupa untuk perhatikan porsi setiap makan dan kualitas makanan. Jaga agar kalori yang masuk ke tubuh sesuai kebutuhan.

Orang dewasa dengan aktivitas normal dan kondisi tubuh sehat rata-rata membutuhkan 2.000 kalori per hari.

Makan terlalu banyak dan tinggi kalori tak hanya memengaruhi kolesterol. Anda juga berisiko mengalami obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Baca juga: Auto Kurus! Inilah 7 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran yang Dijamin Ampuh

6. Hindari Lemak Trans

Menghindari lemak trans juga merupakan salah satu cara cepat menurunkan kolesterol alami. Penderita kolesterol tinggi wajib menghindari asupan tinggi lemak trans yang bisa meningkatkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).

Lemak trans dalam jumlah kecil secara alami ditemukan dalam daging sapi, daging kambing, susu, dan produk susu seperti keju.

Selain itu, lemak trans juga terkandung dalam lemak tak jenuh yang telah dimodifikasi dengan proses yang disebut hidrogenasi.

Pemrosesan tersebut membuat bahan makanan punya tekstur yang lebih baik (renyah) dan cita rasa lebih gurih. Beberapa makanan kaya lemak trans di antaranya gorengan, keripik, kerupuk, dan makanan cepat saji.

7. Rutin Berolahraga dan Aktif Bergerak

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol
Sumber: shutterstock.com

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, menjaga pola makan sehat perlu diimbangi dengan kebiasaan aktif bergerak dan olahraga rutin.

Penderita kolesterol sangat disarankan olahraga selama 30 menit sebanyak lima kali per minggu, dan lebih aktif bergerak.

Olahraga dan aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Pilih jenis olahraga yang ringan tapi bisa rutin dikerjakan seperti jalan kaki, lari, atau aerobik di rumah.

Selain itu, cari aktivitas yang bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak seperti jalan kaki di jam istirahat, sering berdiri, bersepeda ke tempat kerja, atau mengerjakan pekerjaan rumah secara mandiri.

8. Berhenti Merokok

Jika kadar kolesterol tubuh ajek tinggi dan Anda perokok, coba mulai hentikan kebiasaan merokok. Berhenti merokok merupakan salah satu cara cepat menurunkan kolesterol alami karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selang 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung yang melonjak setelah terpapar rokok jadi lebih stabil.

Setelah tiga bulan berhenti merokok, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru jadi membaik. Selang setahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung ikut turun sampai setengah dari risiko perokok.

9. Hindari Stres

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol
Sumber: shutterstock.com

Mengendalikan stres juga merupakan salah satu cara cepat menurunkan kolesterol alami. Penelitian menunjukkan, stres dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Stres dapat memengaruhi kemampuan tubuh mempertahankan kolesterol baik (HDL).

Tak hanya itu, stres juga memicu respons hormon adrenalin dalam meningkatkan kadar trigliserida, sehingga kadar kolesterol jahat (LDL) meningkat.

Oleh karena itu, cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami perlu melibatkan pengelolaan stres.

Coba kelola stres dengan meditasi, yoga, latihan fisik, jaga hubungan baik dengan orang lain.

10. Istirahat yang Cukup

Studi membuktikan, terlalu banyak atau kurang tidur sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Kurang tidur rentan meningkatkan kadar kolesterol jahat karena orang yang cenderung ngemil atau makan lebih banyak, kurang bergerak, dan lebih stres saat kurang tidur.

Pastikan tidur yang cukup, hindari bergadang. Jika gejala kolesterol tinggi masih muncul padahal Anda sudah melakoni cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami di atas.

Tak hanya itu, coba konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Rekomendasi Madu yang Baik Untuk Kesehatan

Selain minuman lemon yang menyehatkan, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi madu agar kolesterol cepat turun.

Sudah mengonsumsi madu belum? Kalau belum, bisa Anda dapatkan produk madu yang tersedia di Evermos.

Selain Anda mengonsumsinya sendiri, Anda juga dapat menjual produk madu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk mendapatkan atau menjual produk ini, silahkan untuk daftar menjadi reseller Evermos.

produk madu untuk daya tahan tubuh

KLIK DISINI UNTUK DAFTAR

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Demikianlah informasi mengenai cara cepat menurunkan kolesterol yang bisa Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, jangan lupa untuk perhatikan poin-poin di atas agar Anda dapat terhindar dari kolesterol.

Boleh share artikel ini kepada yang lain agar mereka mendapat kebermanfaatan pula dari tulisan ini.

Ingin membaca artikel seputar kesehatan menarik lainnya? Jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs Blog Evermos.

×