Mudah & Praktis! Begini Cara Cek BLT Bansos yang Cair di Bulan Ini

Cara Cek BLT Bansos – Kita semua sudah pasti mengetahui bahwa di beberapa minggu yang lalu, harga minyak goreng di Indonesia melambung tinggi.

Tentu saja hal ini membuat banyak masyarakat merasa keberatan dengan kebijakan harga yang baru ini. Nah, untuk mengatasi masalah ini, pemerintah telah menyiapkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng.

Mungkin Anda penasaran bagaimana cara cek BLT minyak goreng? Yuk, langsung simak penjelasannya berikut ini.

BLT Minyak Goreng

cara cek blt bansos
Sumber: google/bersosial

BLT minyak goreng merupakan salah satu bentuk program perlindungan sosial di tengah kenaikan harga bahan pokok di Indonesia. Dengan adanya program ini harapannya bisa menjaga daya beli masyarakat.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Fabrio Kacaribu dalam sebuah diskusi Indonesia Macroeconomic Updates 2022 pada 4 April kemarin menyebutkan bahwa, anggaran BLT minyak goreng ini masal dalam fleksibilitas Anggaran Pendapatan dna Belanja Negara (APBN).

Kepala BKF tersebut juga menerangkan bahwa, masing-masing penerima akan mendapatkan Rp100 ribu per bulan selama tiga bulan dengan penyaliran sekaligus di awal. Penyaluran akan dilangsungkan pada bulan April ini sebesar Rp300 ribu.

Anggaran BLT minyak goreng ini, rencananya akan diberikan kepada penerima program Sembako dan PKH sebesar Rp6,15 triliun. Anggaran ini berasal dari dana eksisting yang ada di Kementerian Sosial. Sedangkan anggaran BLT minyak goreng kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) makanan sebesar Rp750 miliar berasal dari cadangan Bendahara Umum Negara (BUN).

Penyaluran untuk penerima program Sembako dan PKH dilakukan lewat Kementerian Sosial dengan mekanisme eksisting, yaitu PT. POS untuk penerima program Sembako dan penyaluran lewat Himbara untuk penerima program PKH. Sedangkan untuk penyaluran bantuan ke PKL makanan dilakukan langsung oleh TNI dan Polri.

Aplikasi Cek Bansos

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan BLT minyak goreng ini, ada dua cara cek BLT minyak goreng, yakni melalui aplikasi Cek Bansos maupun melalui laman resmi www.cekbansos.kemensos.go.id.

Syarat Penerima BLT Minyak Goreng

Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp6,9 triliun untuk penyaluran BLT minyak goreng. Anggaran ini nantinya akan diberikan ke 23 juta penerima, termasuk PKL makanan.

Namun, untuk bisa menerima BLT ini, masyarakat harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Adapun tiga syarat penerima BLT minyak goreng sebagai berikut:

  1. Telah terdaftar sebagai penerima Bantuan Pangan Non Tunai.
  2. Sudah terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).
  3. Termasuk pedangan kaki lima yang berjualan makanan gorengan.

Cara Cek BLT Bansos

Bagaimana Cara Cek Nama Penerima Bansos?

Untuk mengecek penerima BLT minyak goreng bisa Anda lakukan secara online atau offline. Berikut langkah-langkah untuk cek penerima BLT minyak goreng yang akan cair bulan ini.

Cara Cek BLT Minyak Goreng di cekbansos.kemensos.go.id

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id melalui perangkat digital.
  2. Isi data yang diperlukan seperti nama dan wilayah tempat tinggal.
  3. Masukkan kode yang terdiri dari delapan digit huruf dan spasi sebagaimana ada di gambar.
  4. Lalu, klik “Cari Data”.
  5. Nama Anda akan muncul jika masuk dalam daftar BLT minyak goreng. Namun untuk memastikan Anda termasuk penerima BPNT 2020, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis “ya”.
  6. Kemudian buka halaman selanjutnya untuk melakukan pengecekan penerima bansos lainnya.

Cara Cek BLT Minyak Goreng di Aplikasi Cek Bansos

  1. Unduh Aplikasi Cek Bansos di ponsel pintar yang Anda gunakan.
  2. Pilih menu “Cek Bansos”.
  3. Masukkan data diri seperti nama dan wilayah tempat tinggal.
  4. Klik opsi “Cari Data”.
  5. Cek data yang muncul untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima bantuan tersebut.

Cara Cek BLT Minyak Goreng di Dinas Sosial

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk cek penerima BLT minyak goreng yaitu dengan mendatangi kantor Dinas Sosial terdekat.

Di tempat tersebut, Anda bisa langsung bertanya kepada petugas untuk memastikan nama Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan minyak goreng atau belum. Apabila belum terdaftar, Anda bisa melakukan pendaftaran diri lewat aplikasi Cek Bansos.

Cara Daftar BLT Minyak Goreng

Pendaftaran penerima BLT minyak goreng bisa dilakukan lewat Aplikasi Cek Bansos. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos.
  2. Kemudian lakukan registrasi dengan mengisi nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP. Lalu tunggu sampai data diri Anda terverifikasi oleh admin Kemensos. Setelah terverifikasi, Anda bisa mengakses menu yang ada di aplikasi tersebut.
  3. Untuk mendafatarkan diri sebagai penerima BLT minyak goreng, Anda bisa klik daftar usulan. Kemudian, menambahkan usulan. Pemilik akun Cek Bansos dapat mendaftarkan dirinya atau orang lain yang tidak mampu.

Demikianlah informasi mengenai cara cek BLT Bansos minyak goreng yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini pada yang lain untuk menebar kebermanfaatan. Semoga Anda beruntung!

Untuk membaca artikel menarik lainnya, jangan lupa untuk kunjungi situs blog Evermos.

×