Toko Kelontong Kecil-Kecilan, Cari Tahu Langkah Suksesnya Disini

Toko kelontong kecil kecilan menjadi tenpat masyarakat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Bisnis toko kecil kecilan satu ini mampu raup untung dengan penghasilan ratusan ribu setiap harinya.

Apakah Anda ingin membuka usaha toko kelontong kecil-kecilan namun belum tahu bagaimana cara memulainya? Coba simak tips berikut.

Bisnis toko kelontong merupakan bisnis yang lazim kita temukan dekat daerah tinggal sehari-hari maupun dapat kita temukan di jalanan raya.

Meski usaha tersebut terlihat sepele, jangan salah mengiranya bahwa setiap hari toko kelontong kecil-kecilan mendapat pemasukan yang lumayan banyak dengan kisaran ratusan ribu rupiah per harinya.

Dalam kegiatan sehari-hari saja kita akan membutuhkan produk yang terjual dalam toko kelontong.

Memulai usaha toko kelontong dengan modal yang kecil akan membuat Anda berpenghasilan setiap hari. Hendaknya Anda memerlukan strategi yang tepat dalam langkah membukanya.

Langkah Sukses Membuka Toko Kelontong

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pinterest.com

Usaha yang satu ini mungkin terlihat sepele, namun jika Anda menekuninya dengan baik maka bukan hal yang tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan tiap harinya.

Sebab pangsa pasar satu ini selalu masyarakat butuhkan setiap harinya. Berbagai barang yang Anda jual nantinya seperti bahan kebutuhan makanan, aneka jajanan, barang kebutuhan mandi, hingga mainan anak-anak.

Memilih Lokasi Penjualan Strategis

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pexels.com

Sebagai seorang pengusaha yang ingin sukses, sudah tentu harus mengetahui kiat-kiat apa saja yang membuat usaha tersebut berjalan dengan baik.

Hal yang paling utama dalam mempertimbangkan usaha toko kelontong adalah lokasi penjualannya terlebih dahulu. Sebab jika kurang tepat memilih tempat usaha, akan memberikan pengaruh terhadap keberjalanan pemasaran.

Misal, jika lokasi yang dapat memungkinkan bagi Anda adalah daerah perumahan Anda perlu mengetahui mengapa Anda membutuhkan lokasi tersebut. Karena banyaknya jumlah penduduk, tidak adanya toko kelontong dekat perumahan tersebut.

Hal ini membuat perencanaan Anda untuk membuka toko tersebut semakin mantap dan yakin untuk menjemput rezeki di wilayah tersebut.

Anda juga bisa mempertimbangkan lokasi rumah Anda sebagai tempat membuka usaha toko kelontong. 

Mengapa tidak, selain Anda bisa mudah untuk mobile Anda tidak perlu khawatir terhadap kebutuhan pasar yang bisa Anda tanyakan kepada tetangga sekitar.

Lalu, biaya yang Anda keluarkan dalam modal membuka usaha tersebut jauh lebih hemat, sehingga hanya perlu memikirkan bahan yang akan dijual saja.

Kenali Kebutuhan Konsumen

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pexels.com

Ada kalanya kita tidak bisa menganggap semua kebutuhan konsumen itu sama. Memperhatikan kebutuhan konsumen apalagi dari segi kebutuhan yang belum tersedia ini amat penting.

Bayangkan jika Anda asal-asalan menyediakan barang yang kiranya akan habis semua, padahal belum tentu akan seperti itu. Jauh lebih mubazir bukan?

Keutamaan dengan mengetahui kebutuhan konsumen Anda bisa segera mengetahui berapa besaran modal untuk membeli barang-barang tersebut.

Apalagi jika pada daerah tersebut Anda tidak memiliki kompetitor toko kelontong lainnya, sangat mudah untuk memastikan keinginan konsumen seperti apa sebagai toko kelontong pertama yang nantinya mereka jumpai.

Misal ketika Anda ingin mencoba survey pada produk shampoo, bisa Anda tanyakan agar mendapatkan kiranya apa yang lingkungan perumahan tersebut gunakan. untuk membeli di toko kelontong kecil.

Ini penting agar mereka tidak perlu repot kembali untuk mencari produk yang sama pada tempat orang lain.

Sesuaikan Modal Usaha

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pexels.com

Tentunya ketika menjalankan sebuah usaha, siapa yang tidak menginginkan keuntungan sesuai jumlah modal yang dimiliki, bukan?

Pada tahap membeli barang, setelah melakukan survey terhadap apa saja barang yang akan hendak Anda beli di pasar Anda hendak memperhatikan kantong budget juga.

Meski ingin menjadi toko kelontong yang terlengkap dan menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat bukan berarti Anda jadi mengabaikan budget yang Anda miliki tanpa persiapan.

Jadi, belilah bahan dan barang yang sekiranya menjadi bahan utama dalam toko kelontong Anda. Misalkan membeli penyedap bumbu dapur, tidak perlu Anda beli semua merek yang berhubungan dengan penyedap bumbu dapur. 

Belilah sekitar dua brand saja dalam memulai langkah bisnis toko kelontong Anda. 

Tidak perlu khawatir dengan keinginan Anda dalam mencapai kelengkapan seluruh barang di toko kelontong Anda.

Sebab, Anda bisa melakukannya secara bertahap seiring dengan berjalannya waktu.

Semua ini dilakukan semata-mata agar Anda mampu menyesuaikan modal yang Anda miliki, sebelum Anda berpikir untuk menginvestasikannya kepada kelengkapan barang.

daftar reseller evermos gratis

Mencari Grosiran Murah 

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pexels.com

Kemudian saatnya Anda berburu barang dan bahan kebutuhan melalui tempat-tempat grosir barang dagangan yang tepat.

Carilah toko grosir yang menyediakan barang-barang dengan harga yang paling murah, meskipun kadang jarak menjadi hambatan bagi Anda tapi lihatlah arah yang positifnya.

Makin terjangkau dan murahnya barang dagangan, maka keuntungan yang Anda dapatkan jauh lebih banyak ketimbang Anda membeli dengan harga yang mepet dengan harga jual barang Anda.

Mencari supplier memerlukan proses yang lumayan, tidak ada salahnya Anda bekerjasama dengan supplier bahan pokok seperti beras, telur kepada produsen yang langsung memproduksinya.

Sebab, harga yang Anda dapatkan dari distributor makin sedikit keuntungan  yang bisa Anda dapatkan dalam penjualan barang nantinya.

Menata Letak Barang

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pexels.com

Tidak hanya persoalan lokasi, modal dan barang dagangannya saja dalam membuka usaha toko kelontong kecil.

Untuk memulainya, Anda juga perlu menyiapkan rak-rak atau etalase yang dapat menyimpan barang-barang dagangan Anda untuk menata toko kecil tersebut.

Nah, dalam menata letak barang tidak perlu bingung, Anda bisa memperhatikan tata letak toko kelontong orang-orang pada umumnya.

Setelah mempersiapkan peralatan untuk menyimpan barang dagangan Anda, Anda tinggal menyimpan stok-stok dagangan Anda yang dapat terjangkau oleh konsumen.

Penataan yang strategis memungkinkan keberhasilan Anda dalam menjual barang dagangan Anda.

Mendekorasi Toko Lebih Menarik

Jika Anda masih memiliki modal yang lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba mendekorasi toko kelontong Anda. Misalnya dengan spanduk yang Anda tempelkan pada sisi toko kelontong.

Setidaknya, dengan hal ini target pasar Anda akan tertarik untuk mengunjunginya karena sudah mengenali toko kelontong Anda sehingga mereka dapat menemukan dengan mudah toko kelontong dekat sini.

Tidak hanya persoalan mendekorasi saja, namun tata letak yang berantakan, atau kebersihan toko yang tidak terawat akan memberikan dampak yang kurang nyaman bagi konsumen. Oleh sebab itu, perhatikan selalu, ya!

Mau cari penghasilan tambahan? Mau jadi reseller dari berbagai macam produk dalam satu kemudahan?

YUK, GABUNG DISINI!

Yuk gabung menjadi reseller di Evermos sekarang juga.

Siapkan Pembukuan Dana

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pexels.com

Agar Anda dapat lebih memahami bagaimana arus dana bisnis yang Anda jalankan, Anda wajib untuk memiliki catatan pembukuan.

Mungkin Anda juga bertanya, “kira-kira berapa modal usaha toko kelontong?”

Jawaban ini akan kembali kepada Anda berapa modal yang Anda sanggup untuk dikeluarkan dalam membangun usaha buka toko kelontong.

Fungsi dari pembuatan buku ini  untuk mengetahui adanya pemasukan atau pengurangan yang berlebih bisa Anda ketahui dengan baik.

Isi dari pembukuan yang Anda buat meliputi jumlah dana pengeluaran, daftar barang bahkan Anda bisa juga menulis keterangan harga yang Anda beli ketika sedang kulakan atau berbelanja di barang grosir.

Juga tentang dana pengeluaran yang Anda gunakan misalnya untuk modal, atau rupiah yang Anda dapatkan dalam penjualan dan Anda gunakan untuk keperluan lain.

Jadi lebih mudah bukan dalam melacak jejak keuangan Anda?

MULAI JUALAN SEKARANG

Tingkatkan Kualitas Pelayanan

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pexels.com

Hal selanjutnya yang banyak orang belum tahu namun ternyata sangat berpengaruh adalah kualitas pelayanan kepada konsumen.

Bisa saja, pelanggan yang mengunjungi toko kelontong Anda merupakan kerabat dan tetangga sekitar rumah Anda.

Kemudian tanpa menyadari dampak dari pelayanan Anda yang buruk, orang yang Anda layani bisa saja berkeluh kesah dan dapat mempengaruhi konsumen Anda yang lainnya. 

Ibaratnya konsumen adalah raja, maka kita harus melayaninya dengan professional. Justru dengan perlakuan baik juga akan menimbulkan dampak positif yang lebih deras lagi.

Konsisten Dalam Ikhtiar

 Toko Kelontong Kecil-Kecilan
Sumber: pexels.com

Jika semua langkah telah Anda tempuh maka kembalikan lagi seluruh urusan kepada-Nya. Selalu komunikasikan kehendak Anda sembari Anda melakukan hal yang mendatangkan manfaat dan berkah dalam prosesnya.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk memanfaatkan waktu yang Anda miliki untuk Anda gunakan untuk merawat hubungan Anda dengan Maha Pemberi Rezeki.

Seperti yang pernah sobat reseller lakukan, Pak Dian Wijaya membumikan ilmunya dalam ikhtiar yaitu dengan “Kuasai Marketing Bumi, Perkuat Marketing Langit.”

Jalani proses ikhtiar dengan kesabaran selagi menanti rezeki Anda menyambut.

Demikian artikel mengenai cara sukses membuka usaha toko kelontong kecil-kecilan, semoga dapat membantu Anda ya!

Ingin coba baca beragam artikel menarik lainnya? Kunjungi Blog Evermos