Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis & Manfaatnya, Cukup 5 Menit!

Tidak mengherankan lagi bahwa kini platform digital seperti media sosial bisa kamu andalkan dalam melayani pembeli produk.

Sebuah data dari Digital Report 2020  memuat persentase maraknya pengguna aplikasi Whatsapp ternyata sering kali digunakan oleh 84% segmen dewasa dengan rentang usia 16-64 tahun.

Hal ini menjadikan sosial media Whatsapp memiliki potensi yang besar sebagai media pemasaran produk juga pelayanan bisnis.

Mungkin kamu juga bertanya,

Apakah sulit untuk membuat akun WA bisnis?” tentu saja tidak, karena saat ini sudah banyak pengusaha bisnis yang berbondong-bondong untuk mendaftar akun WA bisnis.

Fitur pengiriman pesan kilat ini memudahkan para pengguna yang sedang mengembangkan bisnisnya, lho.

Baca juga  Begini Cara Jualan Di Whatsapp Biar Efektif dan Cepat Untung

Membuat Akun Whatsapp Menjadi Whatsapp Bisnis

Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis
Sumber: google.com

Sebelum mengetahui apa saja fitur yang bisa kamu gunakan dalam akun WA bisnis, hendaknya persiapkan smartphone untuk mewujudkan akun bisnis kamu sesaat lagi.

Apakah akun Whatsapp bisnis sama dengan akun Whatsapp biasa digunakan?”

Jika kamu mencari jawabannya, maka Admin mengatakan tidak. Dari tampilan interface nya saja berbeda maka pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuatnya.

Apakah saya bisa menggunakan akun Whatsapp pribadi untuk jadi akun Whatsapp bisnis?”

Sudah tentu pasti bisa. Namun ada hal yang patut kamu pikirkan dengan matang sebelum mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis.

Karena akun bisnis tidak dapat kembali menjadi akun Whatsapp pribadi.

Oleh karena itu, Admin menyarankan bagi para pelaku bisnis untuk menyediakan nomor yang berbeda untuk membuat akun Whatsapp bisnis.

Sekedar info saat ini banyak pengusaha pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Namun memiliki kendala pada masalah modal, tapi tetap saja itu tidak menghentikan keinginannya untuk berusaha.

Jika kamu salah satunya, kamu tetap bisa mencoba usaha dengan modal minim menjadi reseller berbagai produk hanya di Evermos.

Belum penah bergabung? Jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk join sekarang juga sebagai reseller di Evermos.

YUK, GABUNG DISINI!

Langkah-Langkah Membuat Akun Whatsapp Bisnis

Kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan akun Whatsapp biasa menjadi akun bisnis, caranya mudah cukup lakukan tahapan berikut:

  1. Download dan Install aplikasi Whatsapp Business di PlayStore untuk Android, dan App Store untuk pengguna iOS.
  2. Silahkan isi format nomor telepon bisnis pada kolom tersedia.  Sama halnya seperti akun Whatsapp Messenger sebelumnya gunanya adalah untuk memverifikasi no telepon yang akan kamu gunakan sebagai akun bisnis.
  3. Setelah menerima kode OTP verifikasi dari SMS atau telepon, klik “next” Penting untuk kamu ingat, jangan pernah menyebarkan kode OTP yang kamu dapatkan untuk mencegah kebocoran data.
  4. Verifikasi no telepon dengan memasukan kode OTP.
  5. Masukkan nama bisnis dengan huruf inisial pada nama depan dan nama belakang bisnis. Misal, Mira Cookies. Untuk kata depan kamu bisa menggunakan huruf besar dan huruf besar pada kata selanjutnya.
  6. Tips untuk membuat nama bisnis yaitu jangan menggunakan istilah umum, tetapi siapkan nama yang unik juga tidak melebih-lebihkan alias lebay.
  7. Pada selanjutnya kamu bisa melengkapi profil bisnis di laman yang dapat orang-orang kunjungi juga. Pada laman tersebut melingkupi nama akun bisnis, deskripsi bisnis, alamat perusahaan, alamat website bisnis, sampai deskripsi jam buka.
  8. Selanjutnya klik “save”.
  9. Selamat, kamu telah berhasil membuat akun Whatsapp menjadi akun Whatsapp Bisnis.

Beberapa fasilitas yang tentunya bebas kamu gunakan dalam fitur Whatsapp Bisnis yaitu membuat katalog produk, membuat pesan otomatis ketika ada pelanggan yang mengirim chat ke akun, dan lain sebagainya.

Sebagai pelanggan bisnis, mereka bisa menggunakan utas Whatsapp dalam kemudahan bertransaksi, bertanya seputar pesanannya dan mencari informasi.

Tahukah kamu? sekarang promosi bisnis lebih mudah dengan mengaitkan link pada toko online. 

Semua hal itu bisa kamu dapatkan hanya dengan mendaftarkan produk pada social commerce satu-satunya yaitu Evermos. Sebelum itu, yuk daftarkan diri untuk menjadi reseller bagian dari Evermos. 

DAFTAR DISINI SEKARANG

Nikmati kemudahan sebagai seller dalam mempromosikan produk, siap untuk bersaing dengan brand lokal terbaik hanya di Evermos.

Baca juga Tutorial Cara Membuat Katalog Whatsapp Business Catalog

Fitur yang Tersedia dalam Whatsapp Bisnis

Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis
Sumber: google.com

Masih belum tahu apa saja fitur yang Whatsapp sediakan bagi para pelaku usaha online? Cek selengkapnya di bawah ini.

1. Auto Greeting

Salah satu fitur yang bermanfaat bagi para pengguna akun bisnis Whatsapp yaitu fitur untuk membalas pelanggan yang datang ke akun bisnis secara cepat.

Pesan salam otomatis bisa kamu modifikasi sesuai keinginan sendiri, tentu lebih praktis bukan jika kamu sedang tidak bisa mengecek chat masuk dengan segera.

Kamu bisa menyiapkan fitur seperti  FAQ (frequently asked question) atau tata cara pemesanan produk yang kamu sediakan.

2. Auto Reply Scheduler

Kemudian kamu bisa mengatur balasan secara otomatis ketika para pelanggan menghubungi akun bisnis.

Terutama saat-saat di luar jam kerja pelanggan akan mendapatkan balasan otomatis berdasarkan pesan yang kamu buat.

daftar reseller evermos gratis

3. Broadcast Message

Bisnis kamu sedang berkembang pesat dan ingin membagikan notifikasi diskon untuk menjangkau semua pelanggan? Sangat bisa!

Siapkan broadcast message dan set kepada nomor pelanggan agar mereka semua bisa menerima pesannya sekaligus dalam waktu bersamaan. Sangat simpel bukan.

4. Quick Replies

Cara Buat Akun Whatsapp Bisnis
Sumber: google.com

Fitur yang satu ini bisa berfungsi dengan baik dalam menjawab banyak pertanyaan pelanggan mengenai produk yang kamu miliki.

“Darimana produk ini dikirim?”

“Berapa estimasi waktu yang diperlukan untuk pengiriman barang?”

“Apa saja produk yang bestseller?”

Kalau ternyata banyak pesan yang serupa dengan jumlah pelanggan yang membludak, bisa-bisa kamu kewalahan membalasnya satu per satu.

Kamu bisa set pertanyaan dan jawaban dengan membuat pesan singkat berisi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Nantinya, para pelanggan bisa mengetik “/” dan memunculkan daftar pertanyaan yang seringkali diajukan sehingga mereka bisa tetap mendapatkan pelayanan yang prima.

5. Buat Bookmark atau Label Chat

Sulit untuk mengecek mana saja pelanggan yang sudah melakukan pesanan, atau mana pelanggan yang belum membayar pesanan yang mereka buat? 

Kamu perlu membuat label atau bookmark pada fitur yang tersedia.

Kamu sangat bisa untuk mengedit sendiri label yang ingin kamu tandai dengan kategori yang berbeda lengkap dengan warnanya.

6. Statistik Pesan

Keunggulan dari menggunakan Whatsapp bisnis selain fitur yang lengkap adalah kamu bisa mengetahui traffic interaksi melalui fitur statistik pesan.

Berdasarkan kategorinya antara lain pesan yang terkirim, pesan yang hanya pelanggan baca saja, pesan yang sudah pelanggan balas.

Ini efektif untuk mengetahui seberapa pengaruhnya interaksi yang kamu lakukan bersama pelanggan.

Link Toko Berikhtiar yang Bisa Kamu Dapatkan Hanya di Evermos

Ingin punya toko usaha online yang bisa kamu manfaatkan sebagai halaman bisnis pribadi? Jawabannya sangat bisa.

Apalagi jika kamu sudah memiliki akun Whatsapp Bisnis tidak perlu repot lagi untuk menyusun letak foto barang untuk membuat katalog.

Dengan adanya fitur link yang bisa di integrasikan pada laman jualan, sudah tidak perlu lagi untuk membuat katalog produk yang akan menyita waktu banyak.

Kemudahan ini bisa kamu dapatkan dengan caranya bergabung menjadi reseller di Evermos.

“Apakah pendaftaran dipungut biaya?” tentu tidak. Daftar sebagai reseller tidak membutuhkan biaya sepeserpun alias GRATIS.

Setelah mendaftarkan diri kamu juga bisa menjual seluruh produk yang ada di Evermos mulai dari brand lokal terbaik hingga brand internasional ternama.

MULAI JUALAN SEKARANG

Demikian artikel mengenai cara membuat akun Whatsapp Bisnis dengan mudah dan cepat, semoga dapat memberikan pencerahan ya!

Untuk membaca artikel menarik lainnya kunjungi juga blog Evermos.

×