Simak Tutorial Cara Bermain Tiktok ini Untuk Membuat Video Kekinian!

Jaman sekarang untuk menjadi kreatif bukanlah hal yang sulit. Banyak fasilitas penunjang seperti contohnya aplikasi TikTok. Namun, banyak masyarakat yang masih bingung cara bermain tiktok dan menggunakannya.

TikTok merupakan aplikasi untuk membuat dan mengedit video yang sedang trending di kalangan anak muda.

Banyak sekali fitur serta efek editor yang ditawarkan oleh aplikasi Tik Tok. Kamu Penasaran ingin mencobanya? Mari simak ulasa cara bermain TikTok berikut ini!

Baca Juga : Pahami 4 Cara Cek Saldo BRI Online dan Offline dengan Mudah

Cara Bermain Tiktok

1. Cara Download TikTok

Cara Bermain Tiktok
sumber : Pexels.com

Langkah pertama yang perlu anda lakukan tentunya adalah mendownload TikTok Aplikasi ini tersedia Google play store untuk android dan App Store untuk pengguna IOS. Tenang saja,download aplikasi tiktok ini gratis.

Cara Login Akun Tik Tok

Setelah mendownload aplikasinya, sekarang kamu perlu mendafar dan log in ke aplikasi. Jika kamu tidak log in maka sulit untuk membuat dan menyimpan video hasil buatanmu.

Jika sudah login setiap video yang dibuat akan secara otomatis masuk ke dalam draft akun Tik Tok kamu. Berikut adalah cara Log in aplikasi TikTok:

  • Masuk ke aplikasi Tik Tok yang sudah kamu download sebelumnya.
  • Kemudian klik simbol Orang yang ada di bagian sudut kanan bawah.
  • Kamu bisa Log in dengan akun FB, Instagram, atau Google. Pilih salah satu saja.
  • Selesai

Begitulah cara Log in di Tik Tok, mudah dan simpel, kan.

Baca Juga : Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Bisnis yang Menguntungkan

2. Melihat rekomendasi Video

Cara Bermain Tiktok
sumber : Pexels.com

Setelah masuk, anda akan melihat menu tiktok. Klik pada simbol “Home” untuk tahu rekomendasi video yang ditawarkan TikTok. Sama seperti aplikasi medsos lainnya yang akan menampilkan saran akun yang kontennya mungkin disuka.

Di menu ini kalian bisa mencari ide video TikTok seperti apa yang ingin dibuat. Dari video dan akun yang direkomendasikan kalian bisa melihat tren yang sedang marak. Mulailah salurkan kreativitas kalian.

Kalian juga bisa mencari sendiri akun, tagar, music atau, video yang sedang ramai di TikTok lainnya dengan tap ikon pencarian “Discover”. Kalau mau lebih spesifik, ketik saja nama akun, atau music yang ingin kalian cari pada kolom pencarian.

3. Interaksi akun

sumber : pexels.com

Selain hanya membuat video sendiri, kamu juga bisa mulai berinteraksi dengan pengguna tiktok lainnya. Aplikasi TikTok sama saja seperti di Instagram atau Facebook.

Kalian bisa memberikan like (tap love), komentar, atau membagikan konten tersebut. Menu untuk berinteraksi tersedia di sebelah kanan layar saat video sedang tayang.

4. Cara Membuat video

Cara Bermain Tiktok
sumber : pexels.com

Setelah mengamati video yang akan dibuat sekarang saatnya untuk membuat video kamu sendiri. Caranya klik ikom plus “+” di bagian tengah pada bar bawah layar untuk mulai merekam video.

Yang paling utama dalam menghasilkan video adalah kamu harus merekam video terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke aplikasi Tik Tok yang sudah didownload.
  • Untuk merekam video, kamu bisa langsung klik simbol plus (+) pada bagian tengah.
  • Kemudian, pilih genre musik yang diinginkan. Kamu bisa memilih genre lagu apapun. Tik Tok memiliki daftar lagu yang cukup lengkap mulai dari lagu lokal, western hingga korea.
  • Klik more untuk dapatkan berbagai genre lagu lainnya.
  • Setelah Anda menentukan genre lagu yang diinginkan, secara otomatis Tik Tok akan menampilkan daftar lagunya.
  • Klik lagu tersebut. Setelah itu klik “confirm to use and begin shooting”

Selain memilih lagu. Anda juga bisa memilih tipe gerakan video antara epic, slow, normal, fast, atau flash, Pilih salah satu saja. Anda bisa menambahkan efek yang lucu dan menarik dengan klik effects di bagian samping kiri.

jika sudah lengkap dan cocok dengan semua settingannya, maka langsung saja rekam videonya. Anda bisa klik tombol shooting di bagian tengah bawah. Anda hanya perlu satu kali klik untuk merekam video. Selesai, cukup Mudah, bukan?

5. Cara Mengedit Video

Cara Bermain Tiktok
sumber : pexels.com

Selesai merekam video maka tak lengkap rasanya jika belum diedit. Untuk mengeditnya pun sangat mudah dan simpel. Berikut Anda bisa ikuti beberapa cara di sini:

Setelah kamu selesai merekam video, akan muncul secara otomatis beberapa pilihan. Kamu bisa langsung menyimpan hasil rekaman atau ingin mengedit video terlebih dahulu.

untuk mengedit video, Tik Tok telah menyediakan tiga fitur edit yaitu edit music, sound, dan special effects.

Untuk mengedit lagu maka Anda bisa langsung klik “edit music”

Fitur ini hanya untuk memilih bagian lagu saja, caranya dengan menggeser simbol kuning ke kanan dan ke kiri.

Jika sudah memilih bagian lagu yang diinginkan, maka kamu bisa langsung klik tanda checklist yang ada di dalam kotak pink.

Untuk mengedit suara, Anda bisa langsung klik Sound. Dengan fitur ini, Anda bisa menentukan seberapa besar volume soundtrack. Setelah selesai klik tanda checklist.

Jika sudah selesai dengan musik dan sound, saatnya untuk menambahkan efek menarik untuk video. Caranya, Anda bisa klik pada fitur special effects.

Di bagian Filter Effects ini Anda bisa pilih beragam efek seperti shake, illusion, black magic dan lainnya,

Setelah selesai dengan Filter Effects, Anda bisa mengedit Time Effects. Tujuannya adaah adalah untuk memberikan efek di durasi video tertentu.

Klik salah satu efeknya, kemudian aturlah penempatan efeknya dengan menggeser bulatan hijaudi bagian durasi video.

Jika sudah selesai mengedit, Anda bisa langsung klik save di bagian pojok kanan atas. Sekarang video Anda bisa disimpan di draft atau bisa langsung mengupload ke sosial media dengan klik post.

Saat anda telah merekaman dan posting video maka video tersebut sudah tersimpan di galeri ponsel.

Cara Bermain Tiktok

Berikut adalah ulasan cara bermain tiktok. Selain untuk ajang hiburan, tiktok juga bisa digunakan untuk mempromosikan barang dagangan atau membagikan ilmu kepada sesama

Selamat bermain tiktok, namun tetap digunakan untuk hal yang positif, ya.

Untuk membaca artikel tutorial lainnya anda bisa mengunjungi blog Evermos.

×