9 Cara Berdagang Rasulullah yang Berkah dan Sukses, Yuk Tiru!

Cara Berdagang Rasulullah — Dalam kondisi ekonomi dan bisnis yang sedang sulit saat ini, banyak pengusaha yang gelap mata dengan memainkan beragam cara jahat maupun menyimpang dari ajaran Islam.

Munculnya pandemi Covid-19 memang menimbulkan banyak perubahan, termasuk sektor perkonomian. Hingga saat ini, masih banyak beberapa pengusaha kecil sampai menengah yang masih berjuang untuk mempertahankan dagangannya.

Seperti dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya sebaik-baiknya usaha adalah usaha berdagang” 

“Pedagang yang baik adalah yang mudah dalam membeli dan mudah pula dalam menjual” (HR.Bukhari)

Tak hanya hadis yang disampaikan, beliau pun mengamalkan bagaimana cara berdagang yang baik. Contoh teladan yang dilakukan Rasulullah SAW ini jauh sebelum beliau menjadi utusan Allah SWT.

Nah, tuntutan berdagang ala Rasulullah SAW ini dapat menjadi teladan bagi kita yang baru memulai. 

Agar lebih menekuni cara berdagang Rasulullah SAW, berikut ini ada beberapa sikap yang harus kamu ketahui. 

9 Cara Berdagang Rasulullah SAW, Insya Allah Berkah

1. Jujur

Cara berdagang Rasulullah SAW yang pertama adalah meneladani sikap jujur.

Jujur merupakan sifat Nabi Muhammad SAW (Shiddiq) dalam perkataan maupun perbuatannya. Termasuk dalam berbisnis.

Beliau tidak pernah berbohon atau berisfat munafik. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya para pedagang (pengusaha) akan dibangkitkan pada hari kiamat sebagai para penjahat, kecuali pedagang yang bertakwa kepada Allah SWT, berbuat baik dan jujur” (HR.Tirmidzi).

2. Menjual Barang dengan Kualitas yang Bagus

cara berdagang rasulullah
sumber : unsplash.com

Cara berdagang menurut Islam yang berkah adalah menjual barang-barang dengan kualitas yang bagus. Sehingga, tidak merugikan pembeli.

Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Majah, Uqbah bin Amir mereka pernah mendengan Rasulullah SAW berkata:

“Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak halal bagi seorang muslim untuk menjual barang yang ada cacatnya kepada temannya, kecuali jika dia jelaskan. (HR. Ibnu Majah.)

Ingin berbisnis tapi  bingung cari supplier? Ingin berjualan barang dengan kualitas yang bagus? Yuk segera bergabung dengan Evermos.

Evermos menawarkan Anda kesempatan memiliki bisnis online sendiri dengan menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari terlengkap mulai dari pakaian, makanan, hingga peralatan ibadah.

Semua barang ini merupakan produk kualitas terbaik dari brand lokal di Indonesia. Jadi, dengan bergabung disini Anda tidak hanya diuntungkan dari segi komisi namun Anda juga terlibat dalam pengembangan ekonomi umat.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di Evermos dan raih keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya.

Klik tombol pendaftaran di bawah ini. Pendaftaran Gratis!

DAFTAR DISINI SEKARANG

3. Reputasi yang Dijaga

Berikutnya cara berdagang Nabi Muhammad SAW adalah menjaga reputasi yang didapat dari jaminan mutu barang. Sebelum dibeli beliau menjelaskan semua kondisi barang-barang tersebut kepada pelanggannya.

4. Tegas Melarang Adanya Monopoli

Berikutnya, cara berbisnis Nabi Muhammad SAW adalah tidak melakukan monopoli dagang.

Monopoli dalam hal ini adalah penahanan barang komoditi oleh pihak-pihak tertentu yang ingin meraup keuntungan lebih tinggi dan menjual saat barang-barang dibutuhkan

Nabi Muhammad bersabda, “Pedagang yang mau menjual barangnya dengan spontan akan diberi kemudahan, tetapi penjual yang menimbun barang akan mendapat kesusahan.” (HR. Ibnu Majah dan Thusiy).

5. Berani Mewujudkan Mimpi

Cara agar dagangan laris terus adalah selalu berani mewujudkan mimpi dengan kondisi apapun.

Contohnya, Rasulullah SAW adalah seorang penggembala kambing. Namun, beliau ingin mengubah hidupnya jadi lebih baik lagi. 

 Lalu, manajer tempat kerjanya sebagai pedagang membantu Rasulullah SAW menjadi owner sebuah perusahaan.

6. Tabligh

cara berdagang rasulullah
sumber : unsplash.com

Cara berdagang Rasulullah SAW yang harus kamu teladani selanjutnya adalah menjelaskan kekurangan dari barang tersebut jika ada. 

 Dalam hadis yang diriwayatkan Ibn Majah, suatu ketika Uqbah bin Amir mendengar Rasulullah berkata:

 “Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, tidak halal bagi seorang muslim untuk menjual barang yang ada cacatnya kepada saudaranya, kecuali jika dia mejelaskan (kekurangan itu)”.

 Beliau adalah Enterpreneur yang Cerdas.

Ingin memiliki bisnis yang sesuai dengan syariat islam? Ingin mmeiliki penghasilan yang halal? Yuk ikut bergabung menjadi reselelr Evermos dan berjualan produk kebutuhan muslim sehari-hari terlengkap.

Mulai dari pakaian, hijab, hingga perlengkapan ibadah semuanya lengkap di Evermos.

Mulai bisnis di Evermos tak perlu ragu, karena Evermos sudah memiliki

7. Ambillah Keuntungan Sewajarnya

Cara berdagang menurut Islam selanjutnya adalah memiliki keuntungan.

 Semasa berdagang, beliau ingin memberitahukan modal dengan jujur. Sebab, menurut Rasulullah SAW usaha tidak semata-mata untuk materi, tetapi bisa mendapat berkah Allah SWT.

8. Lakukan Strategi Pemasaran

 Baginda Nabi pun ternyata sudah menerapkannya sejak dulu.

 Cara berdagang Rasulullah antara lain, membidik target pasar. Sedangkan untuk berpikir kreatif dan inovati menjual barang, beliau menjalin hubungan baik dengan pelanggan maupun kolega-koleganya

9. Bersifat Fathanah

cara berdagang rasulullah
sumber : unsplash.com

Cara berdagang Rasulullah SAW yang terakhir adalah tidak mudah putus asa. Ini merupakan sikap beliau dalam berbisnis. 

Perlu diingat, apapun yang dijalankan dalam berdagang semua itu adalah proses. Hal ini disebut dalam Q.S Yusud ayat 87 yang berbunyi:

“Yaa baniyyaz habuu fatahassasuu miny Yuusufa wa akhiihi wa laa tai’asuu mir rawhil laahi innahuu laa yai’asu mir rawhil laahi illal qawmul kaafiruun.”

Artinya:

Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah kaum yang kafir.

Selain itu, dalam Al-Qur’an Allah SWT berfirman:

“Barangsiapa yang menghendaki keuntungan akhirat, akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya, dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan dunia, Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu kebahagiaan pun di akhirat .” (QS. Asy-Syuraa: 20)

Cobalah mulai teladani sifat Rasulullah SAW dalam berdagang, Insya Allah sifat-sifat baik yang kamu pelajari akan membuat bisnismu sukses besar.

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi menarik untukmu!

Ingin mengikuti jejak rasulullah dalam berbisnis yang halal dan sesuai syariat islam? Yuk gabung jadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos

×