Mudah! Ini 3 Cara Bayar Pajak Motor Online Tanpa Ribet

Cara bayar pajak motor online Pajak kendaraan bermotor merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik kendaraan. 

Dalam upaya memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor, pemerintah Indonesia telah menyediakan berbagai macam cara pembayaran, termasuk pembayaran pajak motor secara online. 

Selain itu jika telat atau tidak membayar pajak kendaraan bermotor, entah itu roda dua atau roda empat atau lebih, maka akan mendapatkan ganjaran sesuai dengan peraturan undang-undang.

Salah satunya adalah tilang dan diharuskan membayar denda. Oleh karena itu artikel ini akan memberikan cara bayar pajak motor online dengan mudah.

Tata Cara Bayar Pajak Motor Online dengan Mudah

Cara Bayar Pajak Motor Online
Sumber: google.com/bersosial

Berikut adalah cara bayar pajak motor online yang dapat dilakukan tanpa harus pergi ke Samsat:

1. Mendaftar di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Online

Untuk dapat membayar pajak motor secara online, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Online. 

Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi SIAK Online dengan menggunakan KTP elektronik.

2. Mendaftar di Sistem Informasi Manajemen Pajak Kendaraan Bermotor (SIMPKB)

Setelah berhasil mendaftar di SIAK Online, selanjutnya adalah mendaftar di Sistem Informasi Manajemen Pajak Kendaraan Bermotor (SIMPKB). 

Kemudian pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs resmi SIMPKB dengan menggunakan nomor kendaraan bermotor (NKB) dan nomor identitas diri (NIK).

3. Melakukan Pembayaran Pajak Motor

Jika sudah berhasil mendaftar di SIAK Online dan SIMPKB, selanjutnya adalah melakukan pembayaran pajak motor secara online. 

Pembayaran dapat dilakukan melalui beberapa cara, di antaranya melalui aplikasi e-Samsat, internet banking, atau mobile banking.

  • Pembayaran melalui aplikasi e-Samsat

Mengutip dari kompas.com, untuk melakukan pembayaran melalui aplikasi e-Samsat, pertama-tama pengguna perlu mengunduh aplikasi e-Samsat di Google Play Store atau App Store. 

Setelah berhasil mengunduh aplikasi e-Samsat, pengguna dapat memasukkan nomor kendaraan bermotor dan nomor identitas diri (NIK) untuk melakukan pembayaran.

  • Pembayaran melalui internet banking

Selanjutnya untuk melakukan pembayaran melalui internet banking, pengguna perlu memiliki akun internet banking dari bank yang bersangkutan. 

Setelah masuk ke akun internet banking, pengguna dapat memilih menu pembayaran pajak kendaraan bermotor dan memasukkan nomor kendaraan bermotor serta nomor identitas diri (NIK) untuk melakukan pembayaran.

  • Pembayaran melalui mobile banking

Cara bayar pajak motor online yang terakhir yaitu dengan mobile banking. Pembayaran pajak motor juga dapat dilakukan melalui aplikasi mobile banking yang telah disediakan oleh bank yang bersangkutan. 

Langkah-langkahnya hampir sama dengan pembayaran melalui internet banking, hanya saja pengguna dapat mengaksesnya melalui aplikasi mobile banking yang telah diunduh di smartphone.

Setelah melakukan pembayaran, pengguna akan menerima bukti pembayaran yang dapat digunakan sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Ganjaran jika Tidak Membayar Pajak Kendaraan

Cara Bayar Pajak Motor Online
Sumber: google.com/bersosial

Jika seseorang telat atau tidak membayar pajak kendaraan sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah ditetapkan, maka dapat terjadi beberapa konsekuensi atau akibat yang dapat merugikan pemilik kendaraan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Dikenakan Sanksi Denda

Jika telat membayar pajak kendaraan, maka pemilik kendaraan akan dikenakan sanksi denda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Kemduain besar denda yang dikenakan biasanya berbeda-beda tergantung dari lamanya keterlambatan pembayaran.

2. Tidak Dapat Memperpanjang STNK

Kemudian jika pemilik kendaraan tidak membayar pajak kendaraan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, maka ia tidak akan dapat memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraannya. 

Akibatnya, pemilik kendaraan akan terkena sanksi berupa tilang jika mengemudikan kendaraan tersebut.

3. Tidak Dapat Mengajukan Pembebasan Biaya Balik Nama Kendaraan

Jika seseorang memiliki kendaraan bekas dan ingin menjualnya atau melakukan balik nama kendaraan tersebut, maka ia harus membayar pajak kendaraan yang belum terbayar. 

Selain itu, jika tidak membayar pajak kendaraan, maka pemilik kendaraan tidak dapat mengajukan permohonan pembebasan biaya balik nama kendaraan.

4. Tidak Dapat Memperoleh Fasilitas dari Pemerintah

Selanjutnya pemilik kendaraan yang tidak membayar pajak kendaraan juga tidak akan dapat memperoleh berbagai fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, seperti bantuan sosial atau subsidi BBM.

Demikianlah cara bayar pajak motor online yang dapat dilakukan. Dengan adanya layanan pembayaran online ini, diharapkan dapat memudahkan para pemilik kendaraan bermotor dalam melakukan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat!

Jika ingin lebih mengetahui tentang cara bayar pajak motor dan mobil secara online, Anda bisa menonton video di bawah ini:

Jika Anda ingin membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Kemudian Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Lalu Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)