Bulan Puasa Berapa Hari Lagi di Tahun 2023? Simak!

Bulan puasa disebut juga sebagai Bulan Suci Ramadhan, pada tahun ini yaitu 2023, mungkin Sobat penasaran bulan puasa berapa hari lagi ya kira-kira? 

Memasuki Bulan Januari, sebagai umat Muslim tentu kita menyadari bahwa tak lama lagi umat Islam mendapatkan perintah untuk berpuasa.

Puasa dilakukan dalam rangka agar orang beriman dapat menjadi orang yang bertakwa.

Saat berpuasa, yang dilakukan oleh umat Muslim tidak sekedar menahan lapar dan haus, tetapi jangka waktu tersebut digunakan betul-betul untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Sudah beberapa hari berlalu sejak kita memasuki tahun baru 2023. 

Bulan Puasa Berapa Hari Lagi?

Bulan Puasa Berapa Hari Lagi
Sumber: pexels.com

Jika berkaca kembali pada tahun sebelumnya yaitu 2022, Kementrian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Minggu (3/4) setelah diputuskan dalam sidang isbat pada hari Jumat.

Keputusan berikut sama dengan keputusan yang diterbitkan PBNU juga menetapkan 1 Ramadhan pada hari Minggu.

Dalam menentukan tanggal 1 Ramadhan atau menjawab pertanyaan bulan puasa berapa hari lagi, umat Islam mengadakan sidang isbat.

Ada dua metode yang digunakan yaitu dengan perhitungan hisab atau astronomis, kemudian melalui rukyatul hilal atau pengamatan hilal.

Melansir kemenag, sidang isbat digelar secara hybrid dengan laporan secara hisab, posisi hilal di seluruh Indonesia berada di atas ufuk, tepatnya tingginya hilal pada posisi 1 derajat 6,78 menit sampai 2 derajat 10 menit.

Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang memuat tanggal hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2023 bisa menjadi gambaran jadwal Ramadhan 2023 di Indonesia. 

Gambaran Penetapan Bulan Ramadhan Tahun 2023

Bulan Puasa Berapa Hari Lagi
Sumber: pexels.com

Kita dapat melihat pada kalender 2023 terbaru berdasarkan SKB yang ditekan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, kemudian Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas tertulis bahwa libur nasional Hari Idul Fitri tahun 2023 jatuh pada 22-23 April 2023. 

Sesuai dengan ketentuan syariat yaitu Ramadhan dilaksanakan selama satu bulan penuh.

Sehingga apabila merujuk kepada syariat Islam maka pelaksanaan Ramadhan akan jatuh pada bulan Maret 2023.

Jadwal Cuti bersama Idul Fitri 2023 telah ditetapkan ada pada sebelum dan sesudah Hari Raya Lebaran yakni tanggal 21, 24, 25, dan 26 April 2023.

Prediksi Bulan Puasa Berapa Hari Lagi Uni Emirat Arab

Melansir dari laman detik.com, UNI Emirat Arab (UEA) memprediksi bahwa Bulan Ramadhan tahun 2023 ini akan jatuh pada Hari Kamis, yaitu tanggal 23 Maret 2023 mendatang.

Apabila melihat dari hitungan hari, terhitung yaitu dari bulan Januari 2023 sekarang yaitu tanggal 20 Januari 2023, maka ada 62 hari tersisa.

Hal ini juga berdasarkan Ketua Dewan Direksi Emirates Astronomy Society Ibrahim Al Jarwan yang juga merupakan anggota Uni Arab untuk Astronomi dan Ilmu Antariksa (AUASS) memperkirakan Ramadhan akan mulai pada tanggal 23 Maret 2023 dan berlangsung selama 29 hari lamanya.

Ibrahim Al Jarwan juga menyebutkan, bahwa pada kondisi Ramadhan 2023 nantinya jam puasa akan mencapai sekitar 14 jam dan bervariasi sekitar 40 menit dari awal bulan hingga akhir bulan.

Kapan Hilal Ramadhan Akan Terlihat Puasa 2023

Sementara itu, mengutip dari Gulf News, Ibrahim Al Jarwan juga menjelaskan hilal Ramadhan akan terlihat pada Selasa, 21 Maret 2023 pukul 21.23 WIB.

Untuk Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023 mendatang.

Masyarakat pada umumnya menyambut bulan suci Ramadhan dengan mengucapkan “Ramadhan yaa Kareem” atau “Selamat datang Ramadhan.”

Perlu kita ketahui, informasi berikut baru sekadar prediksi saja dan bukan bisa menjadi acuan yang pasti.

Demikian penjelasan bulan puasa berapa hari lagi di tahun 2023 yang bisa bermanfaat bagi Sobat pembaca.

Semoga dapat menjawab rasa penasaran Sobat dan mempersiapkan Ramadhan yang lebih baik lagi di tahun ini.

Sebarkan juga artikel Blog Evermos ini kepada orang-orang terdekat yang membutuhkannya.

Mari persiapkan Ramadhan tahun ini dengan perlengkapan ibadah yang lengkap, terjangkau dan terbaik hanya di Evermos.

Selain Sobat bisa membelinya, Sobat juga dapat menjualkannya kepada orang-orang terdekat.

Mari bergabung dan berikhtiar bersama-sama menjadi reseller di Evermos sekarang juga.