Apa itu Bukber Saat Ramadhan? Bawa Apa Saat Bukber? Cek Disini!

bukber

Apa itu Bukber? Sepertinya istilah tersebut mustahil tidak kita ketahui terutama bagi para umat muslim yang ada di Indonesia. Tradisi bukber kini mulai ramai dibicarakan oleh orang-orang, karena dalam hitungan hari kita akan bertemu dengan Bulan Suci Ramadhan 2022 atau 1443 Hijriah.

Bukber adalah singkatan dari buka puasa bersama dengan para kerabat, saudara, maupun bersama orang terdekat.

Menariknya lagi, terdapat fakta dari Survei Continuum Data Indonesia bahwa perbincangan tentang Bukber di jagat maya meningkat pesat pada awal Ramadhan 2021 tahun lalu.

Dan tentunya, dalam menyambut Ramadhan pada tahun 2022 bisa saja akan mengalami lonjakan terhadap permintaan ajakan buka puasa bersama.

Untuk mengenal lebih dalam tentang buka puasa bersama baca terus artikel ini sampai habis, ya.

Manfaat Berbuka Puasa Bersama

Sebagai umat muslim, bersilaturahmi atau mempererat tali persaudaraan sesama muslim amat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah keutamaan berbuka puasa yang dapat kita rasakan:

  • Menjalin silaturahmi dengan teman lama,
  • Menambah relasi dengan teman-teman baru, dan kenalan baru,
  • Jalin interaksi yang positif,
  • Berbagi rezeki,
  • Berpahala,’
  • Merasakan kebersamaan ukhuwah.

Bukber Bawa Apa Ya

Mungkin Anda adalah tipe orang yang akan mempersiapkan dahulu apa saja yang akan di bawa saat bukber. Tenang saja, berikut hal yang bisa Anda bawa ketika pergi untuk berbuka puasa bersama;

  • Smartphone, untuk berkomunikasi izin dengan orang tua atau keluarga,
  • Dompet beserta uang tunai, sudah siap-siap dandan dan otw, jangan sampai malu tidak bisa bayar makanan,
  • Alat sholat pribadi seperti mukena dan sajadah travel, kita tidak tahu umur sampai kapan jadi siapkan diri untuk lanjut ibadah salat maghrib.
  • Pasangan, kalau yang sudah berpasangan bawa sekalian supaya izinnya ga repot,
  • Pakai outfit yang sesuai dengan tema acara, kalau udah ditentuin sama panitianya.
  • kendaraan, misalnya tempatnya jauh banget dari rumah dan punya kendaraan pribadi juga.
  • Mental, siap-siap kalau ditanya “udah lulus belum,” “sibuk apa sekarang”, “kapan nikah”, dan sebagainya siapkan juga jawabannya kalau perlu.

Tempat Favorit Untuk Ajang Bukber

Dari hasil survey, ternyata sebanyak 70% masyarakat melakukan acara bukber di luar rumah. Wajar saja mengingat momen bukber hanya pada saat Ramadhan saja, sehingga menjadi momen yang ditunggu tunggu.

Undangan bukber bisa berdatangan dari siapa saja seperti teman-teman SD, SMP, SMA hingga kuliahan. Bagi Anda yang ingin menyelenggarakan bukber, tempat adalah hal yang paling penting untuk ditentukan.

Inilah beberapa tempat yang favorit untuk jadi ajang berbuka puasa bersama.

Bukber di Masjid

Dari survey sebelumnya, menunjukkan bahwa sekitar 23,4% masyarakat banyak yang menggunakan Masjid sebagai media berbuka puasa bersama.

Hayoo siapa yang suka ngajakin temen-temennya untuk berbuka puasa di Masjid? Selain kita bisa menghemat pengeluaran, ternyata ada hikmahnya jika kita berbuka puasa bersama di masjid.

Terkadang, masyarakat yang ingin langsung melaksanakan shalat tarawih atau misalnya sebelumnya sedang mengikuti kajian rutin di masjid memilih berbuka puasa di masjid juga.

Hikmahnya, kita bisa lebih berhemat alias tidak berlebihan pada waktu berbuka, selain itu kita akan lebih cepat terpanggil untuk shalat  ketimbang Berbuka di tempat umum.

Restoran

Tempat favorit berikutnya untuk Bukber adalah restoran. Biasanya, restoran atau rumah makan akan mengadakan promo khusus untuk yang ingin Bukber.

Sebelum hari H acara, pasti diantara teman-teman Anda ada yang sudah melakukan reservasi terlebih dahulu. Mengingat dalam hasil survei terdapat sebanyak 19,2% masyarakat yang menggunakan restoran untuk ajang bukber.

Meski begitu, jangan sampai kita berlebihan ketika berbuka serta tetap jalankan kewajiban muslim untuk menjaga shalat ya!

Bukber di Hotel

Tidak hanya tempat rumah makan saja yang berlomba-lomba memberikan penawaran menarik menjelang Ramadhan. Hotel-hotel yang berbintang juga menawarkan paket, harga khusus untuk masyarakat yang ingin reservasi untuk Bukber.

Hal yang istimewa ketika Bukber di hotel adalah view nya yang memanjakan mata.Namun, tidak sebanyak ketika berbuka di restoran atau masjid, antusias masyarakat Indonesia yang Bukber di hotel menurut survey hanya tercatat sebanyak 5,6% saja.

Sekolah

Momen-momen berbuka puasa menjadi ajang silaturahmi yang menyenangkan untuk dijadikan sebuah acara di sekolah. Kalian pasti pernah mengalami bukber di sekolah, bukan? Misalnya dalam rangka memperingati Bulan Ramadhan, ketika sedang sanlat atau Pesantren Kilat.

Para panitia di sekolah seperti OSIS atau wakil siswa akan mempersiapkan momen buka bersama di sekolah. Terbukti dalam hasil survey ada sebanyak 3% masyarakat yang berbuka puasa bersama di sekolah. Sayangnya, saat ini sekolah belum pulih dari kondisi akibat pandemi Covid-19. Sepertinya sekolah masih menjadi wishlist kembali untuk jadi tempat Bukber ya.

Tongkrongan

Bukan hanya para kaum ciwi-ciwi atau hawa saja yang antusias mengadakan tradisi buka puasa bersama. Kaum pria juga senang untuk mengadakan Bukber terlebih kepada teman-teman terdekatnya di tongkrongan.

Tongkrongan disini bukan hanya seperti warung terdekat saja, bisa berarti kafe, atau tempat yang memungkinkan untuk berkumpul. Hal tersebut terdapat dalam hasil survey yang mencatat sebanyak 2,9% masyarakat suka berbuka bersama di tongkrongan.

Meski sedang asyik berkumpul ria, jangan lupakan waktu shalat ya!

Bukber di Mal

Ngabuburit bagi sebagian orang bisa dilakukan dimana saja. Ada yang berolahraga, ada yang sambil tadarus, membersihkan rumah, ikut memasak untuk berbuka puasa hingga berjalan-jalan.

Berbicara jalan-jalan tentunya Mal menjadi spot favorit untuk bercengkrama, cuci mata, atau sekalian berbelanja bulanan. Dari hasil survey tadi menyebutkan sebanyak 2,4% orang menghabiskan uangnya untuk berbuka puasa bersama di Mal.

Bukber di Rumah

Biasanya orang-orang akan menyebut Bukber apabila berlokasi di luar rumah. Padahal, sering kita tidak sadari esensi dari Bukber adalah Berbuka Bersama-sama, yang biasa kita lakukan dengan keluarga. Selain komunikasi lebih intens dan kedekatan lebih erat, menjalin buka bersama teman di rumah tiada salahnya untuk menghemat pengeluaran.

Adakan kegiatan interaktif seperti bersih-bersih bersama atau memasak bersama supaya Ramadhan kali ini hubungan semakin lebih erat.

Itulah dia beberapa tempat yang biasa dijadikan alternatif Bukber. Meski saat sedang menikmati suasana buka puasa bersama, sebagai umat muslim yang beriman jangan lupa akan kewajiban shalatnya ya! Supaya amalan puasa kita tadi tercatat sebagai amalan puasa yang sempurna.

Sekian informasi mengenai bukber, semoga menambah insight bagi Anda yang sedang mencari tentang buka bersama.

Sebarkan link artikel berikut kepada orang terdekat yang membutuhkannya.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×