Bolehkah Makan Sahur Setelah Imsak? Beginilah Penjelasan Dalilnya

Saat puasa seperti ini tentu ada sebagian dari kita yang mengalami keterlambatan bangun sahur. Waktu yang tinggal sedikit lagi membuat kita menggunakan waktu antara imsak dan shubuh untuk makan sahur. sebenarnya, bagaimana hukumnya? Bolehkah makan sahur setelah imsak? Untuk menjawabnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Bolehkah Makan Sahur Setelah Imsak

bolehkah makan sahur setelah imsak
sumber : shutterstock.com

Saat bangun kesiangan seseorang mungkin akan terburu-buru untuk Sahur. Akibatnya, ia bisa saja saja masih mengunyah makanan atau minuman setelah imsak atau bahkan saat azan Subuh berkumandang.

Bagaimakah sebenarnya hukum makan sahur setelah imsak ini. Apakah jika dilanjutkan berpuasa, maka akan batal puasanya? Atau masih boleh berpuasa?

Untuk menjawabnya, mari kita simak penjelasan dalilnya pada ulasan berikut ini.

Waktu Imsak artinya adalah waktu penanda bahwa waktu subuh akan segera tiba dan fajar akan segera terbit. Istilah imsak ini kerap dijadikan acuan untuk berhenti makan dan minum saat sahur. Jarak waktu antara imsak dan adzan subuh terpaut sekitar 10 menit.

Imsak ini menjadi penanda bagi yang tidak mengetahui kapan akan datangnya waktu fajar yang pasti. Maka mereka bisa menggunakan acuan imsak ini sebagai penanda dalam berhenti makan dan minum.

Jadi jika seperti ini ketentuannya, bagaimana hukum makan sahur setelah imsak?

Baca Juga : Hukum Membatalkan Puasa Bagi Pekerja Berat, Boleh Atau Tidak?

Hukum Makan Sahur Setelah Imsak

bolehkah makan sahur setelah imsak
sumber : shutterstock.com

Para ulama mengatakan bahwa makan dan minum setelah waktu imsak masih diperbolehkan. karena batas waktu asalkan belum terdengar kumandang adzan subuh. sebagaimana firman Allah dalam surat berikut ini:

…..وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ اْلأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ….

“Makan minumlah hingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu terbit fajar.” (QS. Al-Baqarah: 187)

Ayat ini menegaskan bahwa Allah SWT memberikan izin untuk makan, minum, atau melakukan hubungan badan sampai kita benar-benar yakin bahwa fajar telah terbit. Jadi, Jika sudah mendengar adzan dan tahu bahwa ini adalah panggilan untuk shalat subuh, maka itulah waktu yang tepat untuk seseorang harus berhenti makan.

Jika muadzin memberikan panggilan untuk sholat sebelum fajar menyingsing dan Anda mengetahuinya bahwa fajar belum terbit, maka diperbolehkan baginya untuk tetap makan dan minum sampai jelas baginya bahwa waktu subuh telah tiba.

Baca Juga : 9 Tips Sahur yang Benar | Cara Menghindari Lapar Saat Puasa

Hadist Tentang Makan Sahur Setelah Imsak

bolehkah makan sahur setelah imsak
sumber : shutterstock.com

Bahkan, Rasulullah SAW menyuruh para sahabat yang sedang sahur, untuk tetap makan minum adzan subuh berkumandang. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

إِذَا سَمِعَ أَحَدُكُمْ النِّدَاءَ وَالْإِنَاءُ عَلَى يَدِهِ فَلَا يَضَعْهُ حَتَّى يَقْضِيَ حَاجَتَهُ مِنْهُ

Rasulullah SAW berkata: “Jika ada di antara kalian yang mendengar panggilan untuk sholat subuh dan di tanganmu adalah sebuah bejana, jangan meletakkannya sampai kamu selesai mengambil apa yang kamu butuhkan dari itu.”

Dari kedua ayat di atas, bisa kita simpulkan  mengenai batasan waktu untuk menyantap sahur. Waktu setelah imsak masih diperbolehkan nerdasarkan Firman Allah SWT dan beberapa hadis yang dibahas di atas.

Tak hanya itu, kamu juga diperbolehkan minum meski adzan sudah terdengar, tapi dengan catatan bahwa wadah atau gelas memang berada di genggaman tangan.

Demikianlah ulasan mengenai hukum makan sahur setelah imsak berdasarkan berbagai hadist. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kualitas ibadah dan pemahaman islam kita meningkat.

Miliki perlengkapan persiapan untuk puasa di aplikasi Evermos. Tidak hanya untuk penggunaan pribadi saja, Anda pun bisa menggunakannya sebagai peluang usaha dengan menjadi reselelr Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Cara Menghindari lapar

Loyalty Program Reseller Evermos

Setelah mendaftar jadi reseller, khusus pendaftaran dari blog akan langsung mendapatkan subsidi transaksi pertama, lho!

Anda akan mendapatkan potongan langsung dari transaksi pertama, dengan rincian sebagai berikut:

Belanja Rp100.000 akan dapat Rp50.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA100

Belanja Rp50.000 akan dapat Rp20.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA50

Sedangkan khusus untuk produk digital jika berbelanja Rp100.000 maka akan dapat Rp5.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai cara menghindari lapar saat puasa ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×