Bisnis Pesantren She Lemon Cetak Omzet 400 Juta Bersama Evermos

by Eko Ferdiyantho
0 comment

Bisnis pesantren – Indonesia memiliki kurang lebih 30.000 pesantren yang tersebar di seluruh Tanah Air. Salah satunya adalah Rumah Tahfidz Permata, sebuah pesantren khusus para penghafal Qur’an yang tidak memungut biaya kepada santrinya, yang terpenting memiliki tekad untuk menjadi seorang tahfidz Qur’an.

Dengan adanya keinginan untuk meningkatkan ekonomi, pesantren ini membuat produk minuman dan mengikuti seleksi One Pesantren One Product (OPOP) tingkat Provinsi di Jawa Barat. Mereka berhasil mempresentasikan produknya sehingga lolos seleksi untuk mengikuti pelatihan khusus produk minuman di kota Tasikmalaya.

Program OPOP sendiri bertujuan untuk menciptakan kemandirian umat melalui para santri, masyarakat dan Pondok Pesantren itu sendiri, agar mampu mandiri secara ekonomi dan sosial.

Bisnis Pesantren

Pada tahun 2019, Rumah Tahfidz Permata mulai membangun bisnis pesantren dengan memproduksi minuman herbal sari lemon yang diberi nama brand pertama Santri Lemon yaitu plesetan dari Sari Lemon dan mulai memasarkannya namun karena hasilnya tidak memuaskan.

Baca Juga: Mona Apriana, Reseller Evermos dan Ibu Rumah Tangga dengan Omzet Belasan Juta

Mereka lantas membuat nama brand lagi dan diberi nama She Lemon. Dengan begitu produk minuman herbal sari lemon ini memiliki 2 nama brand sekaligus.

Alasan diberi nama She Lemon karena minuman herbal ini mengandung banyak khasiatnya terutama bagi para perempuan seperti melancarkan pencernaan, merawat kesehatan mulut, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, detoksifikasi, mengatasi sakit tenggorokan, membantu menurunkan berat badan, memudarkan bekas jerawat dan masih banyak manfaat lainnya.

She Lemon terbuat dari 100% Lemon Asli. Untuk kualitas minuman ini tidak perlu diragukan lagi kehalalannya serta aman untuk tubuh karena sudah mempunyai sertifikat Halal dari MUI dan Izin Edarnya. Bahan baku yang mereka dapatkan untuk memproduksi minuman herbal ini didapatkan dari petani lemon lokal dengan kualitas terbaik.

Minuman ini diproduksi oleh karyawan, para santri dan masyarakat sekitar di lingkungan rumah tahfidz Permata. Selain dapat membantu perekonomian internal pesantren, produksi She Lemon dapat membantu memakmurkan ekonomi masyarakat sekitar pesantren.  

Bisnis Pesantren

Proses produksi minuman herbal She Lemon ini melibatkan para pengasuh dan santri di lingkungan rumah tahfidz sekaligus dengan tujuan ingin menciptakan santripreneur dimana nantinya para santri dapat menjadi seorang pengusaha ketika sudah lulus.

Terlibatnya para santri dalam proses produksi hingga pemasaran She Lemon menjadi pembelajaran tambahan dan peningkatan kemampuan mereka di pesantren. Para santri diharapkan dapat memahami proses produksi sebuah produk dari konsep awal terbentuk, proses produksi, pemasaran, penjualan sampai dengan mengetahui omzet penjualan produknya.

Bisnis pesantren minuman herbal She Lemon kemudian bergabung bersama Evermos di tahun yang sama. Pada bulan pertama bermitra dengan Evermos, She Lemon mulai mengalami peningkatan penjualan yakni sebanyak 200 botol berhasil dijual melalui reseller Evermos.

Evermos kemudian membantu She Lemon dalam meningkatkan penjualan setiap bulannya melalui promosi digital di media sosial dan juga secara langsung kepada puluhan ribu resellernya. Evermos juga membimbing She Lemon dalam melakukan penjualan dan pemasaran secara online.

Keberhasilan pada saat berhasil menjual 200 botol menjadi motivasi tambahan tim produksi She Lemon dalam mengembangkan pemasarannya secara digital.

Berkat kerjasama bersama Evermos, She Lemon kini dapat bersaing dengan kompetitor yang lebih besar dan produk She Lemon dapat memperluas pemasarannya produknya sudah dapat dikirimkan ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. 

Puncaknya adalah bisnis pesantren ini berhasil mencetak Gross Merchandise Value (GMV) senilai Rp. 400 juta dengan jumlah produk terjual sebanyak 6 ribuan botol mulai dari 1 Januari s.d Juli 2020.

Hal ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan karena She Lemon dapat meraup GMV Rp. 400 juta tersebut dalam waktu 7 bulan saja.

Hal ini bisa menjadi pembuktian bahwa Bisnis Pesantren menjadi peluang yang menjanjikan. Pesantren di Indonesia dapat mencontoh Rumah Tahfidz Permata untuk menambah pemasukan dana pesantren dengan membuat atau memproduksi suatu barang dan dapat dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Peluang Bisnis Pesantren ini sangat menjanjikan. Selain dapat membantu perekonomian internal pesantren adanya bisnis ini dapat menjadi tambahan ekonomi masyarakat di lingkungan pesantren.

Evermos juga merasa bangga bisa menjadi partner tumbuh bersama UMKM seperti She Lemon. 

Peran Pesantren sangat penting, mengingat Indonesia ingin mewujudkan cita-citanya sebagai Pusat Rujukan Ekonomis Syariah di Dunia.

Pesantren sebagai salah satu pendukung utamanya dalam mewujudkan cita-cita ini. Seperti halnya yang dilakukan oleh Rumah Tahfidz Qur’an Permata yang mampu memproduksi minuman herbal sari lemon dan meraup omzet hingga Rp.400 juta.

 

You may also like