8 Ide Bisnis Online Kuliner Modal Kecil yang Viral dan Simpel!

Bisnis online kuliner modal kecil – Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang selalu ada peminatnya. Karena kuliner menjadi salah satu kebutuhan primer dari manusia. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada bisnis kuliner yang dijalankan dapat lebih berkembang dan menjangkau pasar. Mau ide dan tips bisnis online kuliner modal kecil untuk usaha rumahan? Simak terus informasinya dalam artikel berikut.

Memilih ide suatu bisnis haruslah dengan pertimbangan yang tepat dan matang, sebab dengan menentukan ide bisnis berarti pebisnis siap menanggung resiko keberhasilan maupun kegagalan. 

Lalu bagaimana cara menentukan ide bisnis rumahan yang tepat?

Apa yang Perlu Dipersiapkan di Bisnis Online Kuliner?

Sebelum mengenali inspirasi ide bisnis online kuliner modal kecil, sebagai seorang pengusaha Anda perlu mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebagai pebisnis kuliner.

1. Punya modal awal 

Setiap bisnis pastinya memiliki modal awal untuk dipersiapkan dalam menjalani bisnis. Tergantung dari bisnis yang akan dijalankan. Untuk bisnis online kuliner modal kecil, Anda bisa menggunakan modal pribadi seperti tabungan, atau berasal dari aset pribadi.

Selain dari modal pribadi juga bisa mencari modal melalui rekan, keluarga, meminjam ke koperasi atau bank lewat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pelaku UKM.

2. Survey Lokasi Usaha atau Audience

Pebisnis berharap bahwa ide bisnis yang telah diterima dapat laris manis. Sebelumnya, Anda perlu melakukan riset atau survey terhadap calon pembeli atau konsumen.

Misalnya, kita mengetahui bahwa lingkungan sekitar atau wilayah yang menjadi lokasi dari pemasaran produk kita berasal dari kalangan anak-anak.

Kita dapat mengetahui apa yang disukai oleh anak-anak misalnya makanan yang manis, atau yang pedas sehingga dari cita rasa tersebut dapat memunculkan atau menentukan ide yang tepat untuk bisnis kuliner.

3. Supplier Bahan Baku

Langkah yang perlu Anda persiapkan dalam bisnis kuliner berikutnya adalah menentukan supplier bahan baku yang tepat. Bisnis kuliner merupakan bisnis memasarkan produk yang sudah jadi dan sudah diolah.

Tentu sebagai pedagang kita ingin dapat menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin yang salah satunya dapat kita antisipasi dengan menentukan supplier bahan baku yang terjangkau dan berkualitas.

4. Siapkan Promosi yang Tepat

Bisnis yang lancar dan sukses pastinya tidak akan melewatkan langkah untuk mempersiapkan promosi yang tepat. Sesuaikan dengan target pasar, terutama untuk anak-anak Anda bisa melakukan promosi makanan secara langsung.

5. Selalu Doa dan Ikhtiar

Bekerja sambil berdoa adalah salah satu keberhasilan dari keberjalanan sebuah bisnis, sebagai tanda kebersyukuran dan permohonan agar Allah SWT dapat membantu kelancaran usaha. Sebab hanya Allah SWT yang dapat memberikan keberhasilan dan kesuksesan dari bisnis Anda. 

Rekomendasi Bisnis Online Kuliner Simpel Mudah

1. Salad Buah

bisnis online kuliner modal kecil
Sumber: google.com/bersosial

Sajian salad buah ternyata dapat Anda jadikan sebagai menu bisnis online kuliner modal kecil, lho.

Salad buah terdiri dari potongan-potongan buah yang segar seperti mangga, stroberi, apel, semangka, dan sebagainya yang dilengkapi dengan yoghurt dan mayonnaise. 

Rasa buah yang manis berpadu saus salad yang menyegarkan juga menyehatkan menjadi daya tarik bagi konsumen. Untuk bisa menjalankan bisnis berikut secara 

2. Rujak

bisnis online kuliner modal kecil
Sumber: google.com/bersosial

Selain salad buah, Anda juga bisa mencoba menu rujak yang variatif untuk rekomendasi bisnis online kuliner modal kecil. Rujak terdiri dari bahan baku seperti umbi-umbi, buah-buahan hingga sayuran. Rasa pedas rujak yang khas ditambah balutan bumbu kacang dan gula merah menggugah selera.

 Anda bisa menjalankan bisnis berikut secara online dengan memasarkan produk di media sosial dan lakukan pengiriman melalui kurir. 

3. Warung Makan Tradisional

bisnis online kuliner modal kecil
Sumber: google.com/bersosial

Ide kuliner yang sederhana dan mudah untuk diterapkan yaitu membuka usaha warung makan tradisional. Peluang bisnis untuk warung makan juga cukup berpotensi untuk dijalankan, termasuk pemasaran dan penjualan melalui online. 

Anda dapat membuat konsep warung makan tradisional seperti rice bowl, nasi padang, paketan nasi dan olahan ayam, dan sebagainya.

Kemudian untuk menarik pelanggan, Anda bisa memanfaatkan platform media sosial untuk memasarkan dan menjualkan bisnis kuliner Anda.

4. Reseller Produk Makanan di Evermos

bisnis online kuliner modal kecil
Sumber: google.com/bersosial

Zaman sekarang tidaklah sulit untuk mencari alternatif usaha modal kecil atau tanpa modal. Anda bisa mencoba aplikasi Evermos yaitu social commerce yang menjembatani antara supplier dan reseller produk.

Hanya dengan modal mendaftar sebagai reseller secara GRATIS, Anda bisa berjualan seluruh produk yang ada di katalog Evermos.

Terdapat ribuan produk makanan ringan dari brand lokal yang berkualitas yang siap Anda pasarkan hanya dengan mengakses Evermos lewat HP dan kirimkan produk ke mereka.

5. Keripik Basreng

bisnis online kuliner modal kecil
Sumber: google.com/bersosial

Ide rekomendasi bisnis online kuliner modal kecil berikutnya adalah membuat camilan keripik basreng. Cita rasa renyah dan gurih dari keripik basreng bikin membuat orang bisa ketagihan. Camilan baso digoreng berikut ini juga tentunya cocok sebagai alternatif bisnis kuliner yang dijual secara online melalui media sosial.

Agar bisnis keripik basreng dapat lebih berkembang, sajikan berbagai cita rasa yang variatif dan ciamik sehingga tidak membuat pelanggan merasa bosan.

Contohnya Anda bisa menambahkan variatif rasa bumbu rujak, rasa barbeque, rasa jagung manis, rasa rumput laut hingga varian rasa manis.

6. Sandwich Buah atau Fruit Sando

bisnis online kuliner modal kecil
Sumber: google.com/bersosial

Salah satu kuliner khas Jepang yang gampang untuk dibuat dan legit dan segar sedang viral saat ini  yaitu Fruit sando.

Fruit sando atau nama lainnya adalah sandwich Jepang yang terbuat hanya cukup tiga bahan saja menarik untuk Anda coba sebagai bisnis online kuliner modal kecil.

Tiga bahan tersebut yaitu roti tawar tanpa pinggrisan, kemudian whipping cream, dan potongan buah segar seperti stroberi atau kiwi.

Pertama-tama, Anda hanya perlu menyiapkan dua lembar potongan roti tawar kemudian letakkan whipping cream dengan tebal kira-kira 3 cm diatasnya. 

Taruh 3 butir buah dengan potongan diagonal, kemudian tutup dengan whipping cream diatasnya dan tumpuk dengan bagian roti tawar yang lain.

Simpan dalam freezer hingga 15 menit, kemudian potong arah diagonal, Anda bisa menjual Fruit Sando dengan memasarkannya di media sosial.

7. Lidi-Lidian

bisnis online kuliner modal kecil
Sumber: google.com/bersosial

Camilan yang diburu dari kalangan pelajar berikutnya adalah lidi-lidian. Anda bisa mencoba resep membuat lidi-lidian favorit anak sekolahan dengan bahan yang sederhana.

Siapkan bahan seperti tepung sagu, telur, tepung terigu, penyedap rasa, air dan baking powder sebagai adonan membuat lidi-lidian. 

Namun, dalam pembuatan lidi-lidian Anda memerlukan peralatan seperti penggiling mie untuk membuat bentuk lidi-lidian sesuai selera.

Setelah membuat lidi-lidian, taruh dalam wadah kemudian kreasikan kuliner berikut dengan berbagai varian rasa.

Dari rasa asin pedas hingga rasa yang manis seperti saus coklat, saus matcha siap menjadi ide bisnis online kuliner kreatif saat ini.

Nah itulah beberapa ide bisnis online kuliner modal kecil yang dapat Anda coba. semoga dapat menginspirasi Anda yang ingin berbisnis online.

Share link artikel berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Bagi Anda yang ingin coba bisnis online kuliner hanya dengan modal HP tanpa perlu stok produk di rumah, pilihan yang tepat untuk bergabung menjadi reseller di Evermos.

Yuk, daftar sekarang juga secara GRATIS atau tanpa modal dan raih penghasilan komisi hingga 35% per produknya!

DAFTAR DISINI SEKARANG

×