Kultum : Bersyukur Kepada Allah | Nikmat Apalagi yang Engkau Dustakan

bersyukur kepada Allah

Bersyukur Kepada Allah — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan Hari ke delapan belas. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadz AA Gym ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Bersyukur Kepada Allah | Nikmat Apalagi yang Engkau Dustakan” yang bisa mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dan tidak mengeluh

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Cara Bersyukur Kepada Allah

Nikmat dari Allah SWT tidak akan ada habisnya. Jika kita ibaratkan seluruh air laut adalah tinta, maka tidak akan pernah cukup untuk bisa menuliskan limpahan nikmat dan karunia Allah yang begitu besar.

Maka beruntunglah bagi mereka yang bisa mensyukuri nikmat-Nya dan berperilaku shaleh sebagai wujud dari rasa syukur tersebut.

Nikmat yang Sering Kita Lupakan

Ada banyak sekali nikmat Allah yang sering kali kita lupakan. Salah satunya sebagaimana kita tahu contoh yang paling sederhana adalah waktu kehidupan bagi umat manusia.

Allah SWT berkali-kali bersumpah dengan menyebut nama waktu. Betapa berharganya waktu dalam Islam sehingga kita dituntut untuk mengisinya dengan kebaikan.

Sebagaimana ada pada hadist  Al-Bukhari Dari Ibnu Abbas radhiyallaahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

“Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR Al-Bukhari No. 6412)

Nikmat Allah Tiada Tandingannya

Nikmat kedua yang sering kita lupakan adalah kesehatan. Salah satu yang paling sederhana adalah nikmat penciuman dan pengecapan.

Bayangkan jika tidak ada bau harum dan tidak ada rasa. Maka semuanya akan terasa hambar. Memakan semuanya tidak ada rasa. Hal sesederhana itu adalah kias dan kehendak Allah. Beda sekali rasanya jika makan tanpa rasa dan bau

Maka jangan pernah mengeluh dengan apa yang engkau punya. semuanya sudah diatur sedemikian rupa untuk agar Anda bisa mensyukuri nikmatNya.

Jangan berpikir bahwa yang ada di dunia ini adalah hasil kerja keras kita. semuanya pun adalah bantuan dari Allah SWT.

Untuk itu, mari kita merenungi ayat ini seraya berkata dan merenungi kalimat “Nikmat mana lagi yang engkau dustakan”

فَبِاَىِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ
Fabi ayyi aalaaa’i Rabbikumaa tukazzibaan
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan”

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadz AA Gym mengenai Besyukur kepada Allah ini. Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah puasa kita semakin lancar dan mendapat berkah serta rahmatNya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×