Kultum : Berbakti Kepada Orang Tua | Mari Senantiasa Mendoakannya

berbakti kepada orang tua

Berbakti kepada Orang Tua — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan Hari ke-28. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadz Rayk Manggala ini.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “berbakti kepada orang tua” yang bisa menjadi pengingat bagi kita untuk senantiasa mendoakan orang tua dan memohon maaf kepada mereka

Untuk itu, Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan Lupa subscribe, ya!

Cara Berbakti Pada Orang Tua

Saat ini mungkin banyak dari kkita sedang berada pada situasi kurang mengenakkan karena adanya pelarangan mudik yang mengakibatkan kita tidak bisa merayakan hari raya lebaran bersama orang tua dan sanak saudara.

Namun, jangan khawatir. masih ada cara untuk kita berbakti kepada orang tua yakni dengan mendoakannya dan menyadari diri untuk meminta ampunan pada orang tua. Sebagaimana kita mungkin sadari kita kerap menyakiti hati mereka dan kita kurang berbakti kepada orang tua.

Hal ini bahkan diperintahkan Allah SWT dalam sebuah firmannya yakni sebagai berikut

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

Wa’budul laaha wa laa tushrikuu bihii shai’anw wa bilwaalidaini ihsaananw wa bizil qurbaa walyataamaa walmasaakiini waljaari zilqurbaa waljaaril junubi wassaahibi biljambi wabnis sabiili wa maa malakat aimaanukum; innal laaha laa yuhibbu man kaana mukhtaa

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri”

Baca Juga : Kultum : Filosofi Ikhlas Serta Keutamaannya | Mari Terus Beramal Baik

Baca Juga:  Kultum : Jangan Galau dengan Rezeki | Jemput dengan Ikhtiar Maksimal!
Salah satu cara berbakti kepada orang tua adalah dengan mendoakannya dengan doa yang baik.

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَالِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا

Allaahummaghfir lii waali waalidayya war hamhumaa kamaa rabbayaanii saghiiraa

“Yaa Allah, ampunilah dosa-dosaku, dan dosa kedua orangtuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku pada waktu aku kecil”

InsyaAllah jika kita bersungguh-sungguh maka kita akan mendapatkan keberkahan dan ketenangan batin di hari raya ini. Kita akan senantiasa sukses dan sehat di perantauan. Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.

Demikianlah ulasan mengenai kultum dari Ustadz Rayk Manggala mengenai Cara Bakti kepada orang tua ini. Semoga dengan adanya kultum ini bisa membuat ibadah kita semakin lancar dan mendapat berkah serta rahmatNya.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×