Bentuk Usaha Industri: Pengertian dan Contohnya

Pakaian, makanan, peralatan rumah yang kita nikmati sehari-hari merupakan hasil produk dari industri. Tapi tahukah Anda apa sebenarnya maksud daripada industri itu? Apa saja bentuk usaha industri yang selama ini mungkin belum kita sadari?

Sebagaimana tercantum dalam sumber The Conference Board Global Consume Confidence Survey berkolaborasi dengan Nielsen mengatakan bahwa Indonesia adalah negara urutan ke-3 sebagai negara optimistis.

Yang artinya, sikap konsumtif masyarakat Indonesia terhadap produk luar negeri cukup antusias ketimbang membeli produk lokal.

Hal inilah yang dapat mempengaruhi dunia industri Indonesia yang kerap dianggap kurang laku daripada produk buatan luar negeri.

Sebagai upaya menumbuhkan rasa kepedulian terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa dan dunia industri Indonesia, Anda bisa menyimak wawasan bentuk usaha industri yang ada di Indonesia berikut ini.

Pengertian Industri Usaha

Menurut Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 mengenai pengertian industri, industri adalah seluruh bentuk dari kegiatan ekonomi yang mengelola bahan baku dan atau memanfaatkan sumber daya industri, sehingga dapat menghasilkan barang yang memiliki nilai tambah atau manfaat yang lebih tinggi termasuk jasa industri.

Seorang Professor sekaligus pemimpin Direktorat Penatagunaan Tanah, berpendapat bahwa industri merupakan suatu bentuk usaha guna memproduksi barang jadi. Barang produksi dapat diperoleh dengan harga yang rendah. Akan tetapi kualitas produk yang setinggi-tingginya.

Sementara menurut salah seorang penulis, Tegus S Pamudi merumuskan pengertian dari industri yaitu sekelompok perusahaan yang menghasilkan suatu produk yang bisa saling menggantikan satu sama lainnya.

Dari beberapa pengertian industri menurut para ahli, kita bisa berpendapat bahwa industri adalah suatu kegiatan ekonomi dalam satu tempat atau perusahaan dimana terjadi proses manajemen yaitu mengolah, memproduksi, mendistribusikan untuk mendapatkan keuntungan.

Kenali Jenis Industri 

1. Industri Manufaktur

Mengutip dari Corporate Finance Institute pada Senin (14/3), manufaktur merupakan badan usaha atau perusahaan memproduksi barang jadi.

Barang jadi tersebut di proses dari bahan baku mentah menggunakan sarana perusahaan seperti alat, mesin produksi dan sebagainya dengan skala produksi yang besar juga.

Perusahaan atau industri manufaktur dapat kita sebut sebagai industri yang mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi. Selain itu juga bisa mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi.

Berdasarkan namanya, manufaktur sendiri mengacu pada perusahaan merakit barang mentah hingga jadi atau setengah jadi. 

Barang tersebut biasanya mengacu pada bidang elektronik dan otomotif, sehingga tak jarang industri manufaktur memiliki banyak bentuk usaha industrinya.

Berikut yang merupakan bentuk usaha industri adalah, 

  • Industri kimia, seperti sabun, pasta gigi, shampoo, tinta, plastik, obat-obatan dan pipa
  • Industri otomotif, produksi kendaraan mobil, motor, sepeda, atau sparepart dan sebagainya.
  • Industri farmasi, seperti obat-obatan, kosmetik dan sebagainya
  • Industri rokok
  • Industri barang konsumsi,
  • Industri logam, misalnya besi baja, alumunium, tembaga, dan nikel,
  • Industri mesin dan alat berat, mesin pemecah batu, mesin pembuatan baja, artileri dan sebagainya.

2. Industri Pertambangan

bentuk usaha industri
Sumber: pexels.com

Hasil tambang batubara, mineral, panas bumi, minyak dan gas adaalah asil produksi daripada kegiatan industri pertambangan.

Pertambangan adalah serangkaian kegiatan berhubungan dengan upaya pencarian, pemanfaatan, penambangan, pengolahan, pemurnian dan penjualan bahan galian.

Di Indonesia sendiri, terdapat Undang-Undang yang mengatur dengan kegiatan pertambangan yaitu UU No. 11/1967 tentang inti-inti pengusahaan pertambangan.

Sementara jenis sektor yang dihasilkan di Indonesia dalam industri pertambangan yaitu produksi minyak dan gas bumi.

Adapula logam-logam mineral & bahan organik seperti batubara dan batu berharga lain seperti intan dan sebagainya.

Berikut yang merupakan bentuk usaha industri pertambangan adalah, 

  • Industri batu bara
  • Industri intan
  • Industri panas bumi
  • Industri minyak dan gas
  • Industri pertambangan emas

3. Industri Farmasi

Menurut SK Peraturan Menteri Kesehatan Tentang Industri Farmasi, industri farmasi adalah badan usaha yang memiliki izin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan kegiatan pembuatan obat atau bahan obat.

Bahan obat atau obat-obatan kimia hingga kosmetik atau skincare yang masyarakat gunakan saat ini merupakan hasil dari industri farmasi.

Salah satu sumber menyatakan, pertumbuhan industri farmasi Indonesia stabil selama 10 tahun terakhir.

Hal ini dapat kita buktikan dengan adanya peningkatan total Market Size pada sektor farmasi dari 65,9 T menjadi 88,36 T.

Peningkatan angka tersebut juga mendasari pada tingginya permintaan masyarakat terhadap konsumsi obat-obatan, termasuk skincare.

Berikut yang merupakan bentuk usaha industri farmasi adalah, 

  • Industri obat-obatan seperti Kalbe Farma, Sanbe, Dexa Medica, Pharos Indonesia, Kimia Farma, Darya Varia, Konimex, Bio Farma dan sebagainya.
  • Industri kosmetik, termasuk bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk penggunaan bagian luar tubuh manusia contohnya bedak tabur, eyeliner, eyeshadow, lipstick, dan sebagainya.
  • Industri kosmetik yang berfungsi sebagai penebar aroma harum misalnya body cologne, perfume, dan sebagainya.

Bentuk Usaha Industri

4. Industri Konstruksi

Apakah Anda pernah berjalan-jalan keluar rumah dan menelusuri jalan dengan jembatan layang, kemudian melihat gedung-gedung instansi bertingkat tinggi?

Ataukah mungkin Anda pernah melihat juga stadion, apartemen, stopan bus yang menunjang kegiatan masyarakat sehari-harinya? Itulah hasil dari industri konstruksi.

Suatu kegiatan untuk membangun sarana maupun prasarana berkolaborasi dengan bidang arsitektur atau teknik sipil untuk menjadi bangunan ini disebut sebagai konstruksi.

Kemajuan teknologi juga mendorong pertumbuhan industri konstruksi yang semakin mempermudah dan memfasilitasi bangsa dalam menunjang berbagai aspek kehidupan.

Berikut yang merupakan bentuk usaha industri konstruksi adalah, 

  • Konstruksi jalan, contohnya jalan raya, jalan layang, jalan tol dan sebagainya.
  • Konstruksi gedung tempat tinggal, yang berfungsi sebagai area pemukiman warga seperti apartemen, kondominium, komplek.
  • Konstruksi gedung sarana dan prasarana misalnya gedung kantoran, gedung kesenian, perhotelan, gedung pendidikan, tempat ibadah dan sebagainya.
  • Konstruksi bangunan sipil yang berfungsi sebagai fasilitas publik di bidang transportasi seperti bandara, jalan tol, kereta, MRT, bendungan, dan sebagainya.
  • Konstruksi pengerukan, yang berguna untuk mengolah suatu wilayah seperti sungai, rawa, alur pelayaran dan sebagainya.

5. Industri Media Massa

Mulai dari berita bencana, berita politik, berita hiburan, hingga berita tren dan kekinian merupakan sumber produk dari industri media massa.

Tujuan daripada adanya media massa yaitu untuk mengkomunikasikan pesan dari media atau alat kepada khalayak masyarakat.

Media massa sendiri terbagi menjadi beberapa macam yaitu yang bersifat cetak, yang bersifat elektronik, audio-visual, hingga new media.

Dapatkah Anda menebak blogging merupakan media yang termasuk mana? Tentu saja termasuk ke dalam new media.

Masing-masing dari bentuk media memiliki karakteristik, begitu pula kelebihan dan kekurangannya.

Berikut yang merupakan bentuk usaha industri media massa adalah,

  • Industri media cetak, contohnya adalah koran harian Pikiran Rakyat, Harian Republika, majalah, buletin dan lainnya.
  • Industri media elektronik atau audio-visual yaitu TV dan radio, 
  • Industri media baru atau dalam jaringan seperti portal berita, blog dan sebagainya.

 6. Industri Hiburan

bentuk usaha industri
Sumber: pexels.com

Berapa total waktu yang sudah Anda habiskan untuk menonton film sinetron dalam beberapa episode? Ataukah Anda lebih sering menonton film keluaran terbaru dari tempat Bioskop?

Industri hiburan yang memiliki tujuan untuk menghibur masyarakat dengan membuat produk-produk seperti film, tayangan, atau video yang di dalamnya melibatkan banyak orang dalam industri hiburan.

Orang yang terlibat di dalam industri hiburan meliputi manajer, agen, produsen, distributor, artis, musisi, penulis dan masih banyak lainnya.

Meski begitu, industri hiburan merupakan salah satu industri yang mengalami perubahan cukup signifikan dalam metode menghibur orang banyak.

Jika dahulu jadwal pada Televisi menjadi tayangan yang ditunggu-tunggu untuk menikmati film, kini sudah terdapat platform musik seperti Spotify.

Belum lagi ada platform YouTube untuk streaming online berbagai macam konten video dan di susul dengan perkembangan platform premium untuk nonton berbayar seperti Netflix.

Berikut yang merupakan bentuk usaha industri hiburan adalah,

  • Teater musikal,
  • Orchestra
  • Konser musik,
  • YouTube, 
  • Netflix,
  • Disney.
  • Pentas seni, 
  • Dan sebagainya.

Contoh Usaha Industri

7. Industri Elektronik

Benda yang berada di tangan Anda sekarang, mulai dari smartphone, tablet, TV inch, jam digital, smartwatch adalah produk hasil dari industri elektronik.

Sama halnya dengan berbagai jenis industri lainnya, industri elektronik juga mengalami permintaan yang tinggi sehingga terus berkembang dalam menyajikan inovasinya.

Perangkat elektronik yang sudah jadi merupakan serangkaian usaha mulai dari perancangan, pengujian, dan manufaktur atau pembuatan perangkat elektronik.

Berikut yang merupakan bentuk usaha industri elektronik adalah,

  • Hewlett-Packard.
  • Microsoft.
  • Hitachi.
  • Sony. 
  • Panasonic Corporation.
  • Toshiba. 
  • LG Electronics.
  • Intel Corporation

8. Industri Makanan

Apakah Anda merupakan penggemar mie instan, jika iya apakah Anda sudah mengetahui bahwa produk mie instan merupakan salah satu hasil dari industri makanan yang dikelola oleh ratusan hingga ribuan orang terlibat di dalamnya?

Tujuan dari industri makanan sendiri adalah dapat memasok makanan seluas-luas dan sebanyak-banyaknya hingga mencakup populasi global atau mendunia.

Makanan tidak terjadi begitu saja, akan tetapi adanya pelibatan menggunakan bahan mentah dalam jumlah besar hasil dari sektor pertanian.

Kegiatan yang dilakukan dalam industri makanan sendiri mencakup pengolahan, pengawetan, pengemasan, pendistribusian, hingga ritel.

Berikut yang merupakan bentuk usaha industri makanan adalah,

  • PT. Indofood CBP Sukses Makmur
  • PT ABC President,
  • PT. Sido Muncul, Tbk,
  • Nestle S.A,
  • Kraft Foods,
  • Mars, Inc, 
  • PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk

Anda ingin juga berkontribusi dalam kelompok usaha lokal? Ternyata tidak sulit caranya kok.

Tidak perlu mengeluarkan banyak modal, ataupun mesti membuka lapangan pekerjaan yang hanya bisa di lakukan oleh sebagaian orang.

Dengan berjualan online, Anda sudah ikut membantu menyejahterakan produk-produk lokal hanya dalam satu aplikasi saja, yaitu Evermos.

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Sekarang, buka usaha Anda tidak perlu pusing soal biaya, atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Itu dia beragam informasi mengenai bentuk usaha industri yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Sebarkan juga artikel berikut melalui platform media sosial dengan share link kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya, kunjungi Blog Evermos.

×