Kronologi Bencana Di NTT | Banjir Bandang dan Angin Kencang April 2021

Bencana di NTT

Cuaca Indonesia akhir-akhir ini sedang tidak bersahabat. Hujan deras dengan Angin yang bertiup kencang menunjukkan keadaan alam yang sedang tidak baik-baik saja. Salah satu contohnya adalah bencana di NTT pada minggu 4 April silam yang menelan banyak korban jiwa dan kerugian material. Bagaimana sebenarnya kronologis bencana di NTT? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Kronologi Bencana di NTT

bencana di NTT

sumber : google/bersosial

Sudah seminggu berlalu sejak 30 Maret 2021 hujan deras, angin kencang, serta gelombang tinggi melanda NTT. Dampaknya masih terasa hingga saat ini 68 orang dilaporkan meninggal dunia, ribuan orang mengungsi serta ribuan rumah terendam banjir dan longsor. Fasilitas publik pun menjadi korban luluh-lantak.

readyviewedSudah 23 desa dari 5 kabupaten dan 1 kota pekan ini dilanda bencana hidrometeorologi ini.

Selain korban jiwa, bencana ini juga menyebabkan kerugian materil hingga meluluh-lantakkan bangunan milik warga.

BNPB mencatat 17 unit rumah hanyut dan 60 unit terendam lumpur serta yang terparah ialah infrastruktur penting seperti jembatan putus sebanyak 5 buah.

Hingga saat sejumlah wilayah masih diguyur hujan dan petir. Genangan air dan lumpur pun masih menyelimuti wilayah-wilayah tersebut. Hujan deras ini disertai angin kencang yang menerbangkan banyak rumah serta menumbangkan banyak pohon yang menyebablan 15 titik akses jalan tertutup pohon tumbang.

Kondisi ini diperparah karena padamnya listrik dan jaringan internet yang menyebabkan Kota Kupang nyaris lumpuh.

Hingga saat ini tercatat 68 orang meninggal dunia dan 70 orang dilaporkan hilang. Pendataan korban lainnya pun masih terus dilakukan.

Baca Juga : Inilah Penyebab Kebakaran Pertamina Indramayu Serta Kronologi Ceritanya

Penyebab Bencana di NTT

bencana di NTT

sumber : google/bersosial

Penyebab bencana alam ini adalah karena adanya siklon tropis Seroja. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca yang masih ekstrem. BMKG mendasrkan pada keberadaan bibit siklon dan sejumlah fenomena cuaca lainnya.

BMKG sebagai Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta mendeteksi adanya dua bibit siklon tropis, yaitu bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatera dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Keberadaan bibit siklon itu memicu peningkatan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Selain itu, keberadaan bibit siklon dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak peningkatan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia.

Kondisi siklon ini terjadi mulai tanggal 2 April 2021 dan diperkirakan kondisinya masih akan berlanjut hingga hari Jumat, 09 April 2021.

Mari Salurkan Infak, Zakat, dan Sodaqoh Anda melalui Aplikasi Evermos

bencana di NTT

sumber : google/bersosial

Mari Berdonasi Untuk Bencana di NTT Bersama Yayasan Beramaljariyah.org

bencana di NTT

sumber : google/bersosial

Demikianlah ulasan mengenai Bencana di NTT yang menjadi perhatian seluruh masyarakat di Indonesia. Secara menyeluruh, saudara-saudara kita di NTT sana tentu sangat membutuhkan uluran tangan kita guna memenui kebutuhan sandang, pangan dan papan.

Untuk itu, Yayasan beramal jariyah berusaha mengambil peran dalam upaya siaga penanggulangan bencana di NTT tersebut dengan mengajak para #SahabatAmal semua bergabung dan berdonasi untuk bencana nasional ini

Masih ada beberapa kebutuhan prioritas untuk saat ini yang harus terpenuhi seperti :

  1. Makanan siap saji
  2. Dapur dan Tempat pengungsian
  3. Hygiene Kit
  4. Selimut
  5. Pakaian Layak
  6. Obat-obatan

Bagi Anda yang ingin berdonasi maka bisa langsung berdonasi di Yayasan Beramal Jariyah Pada Link di Bawah Ini

LINK DONASI BENCANA DI NTT

bencana di NTT

sumber : google/bersosial

Cara berdonasinya pun cukup mudah yakni ikuti langkah-langkah berikut Ini.

  1. Klik Tombol “Infak Sekarang”
  2. Masukkan Nominal Infak
  3. Masukkan Data yang sesuai
  4. Lakukan Transfer ke Rekening Bank yang Anda Pilih
  5. Selesai.

Selain itu, Sahabat juga bisa mengajak keluarga, teman, dan sahabat lainnya untuk membantu dengan cara share Link dan artikel ini via WhatsApp dan Facebook.

InsyaAllah setiap kebaikan yang Anda lakukan akan mendapatkan pahalanya.

Bila Anda Ingin melakukan Zakat, Infak dan Donasi lainnya Anda bisa langsung mengunjungi website beramaljariyah.org atau mengakses aplikasi Evermos.

bencana di NTT

sumber : google/bersosial

Terima kasih kami ucapkan, jazakumullah khoiran khatsiran, doa dan dukungan Anda sangatlah berarti bagi mereka.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×