Bagaimana Hubungan antara Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif?

Bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif – Hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif ternyata memiliki keterkaitan yang erat.

Keduanya sudah lama dijalankan di Indonesia dan menjadi gagasan baru dalam roda perekonomian di Indonesia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh situs resmi m.kominfo.go.id ekonomi kreatif memiliki perkembagan yang sangat pesat dan terbukti naik hingga 5,7 persen setiap tahunnya.

Tentu saja data tersebut mengalahkan pertumbuhan ekonomi di sektor gas, air, listrik, pertanian, pertambangan, peternakan, kehutanan, perikanan, dan lain-lain.

Oleh karena itu pertumbuhan ekonomi kreatif diperkirakan akan terus tumbuh dan semakin berkembang.

Lalu bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif? Simak ulasannya  berikut ini.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Bagaimana Hubungan antara Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum membahas lebih dalam, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian keduanya. 

Dalam buku Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia karya Ari Mulianta Ginting, Edmira Rivani, dan Juli Panglima Saragih, ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru.

Selanjutnya ekonomi kreatif mengintensifkan informasi dan kreativitas atau inovasi dengan mengandalkan ide-ide dan keluasan pengetahuan dari sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya.

Selain itu mengutip dari kompas.com dilihat dari perspektif keuangan murni, ekonomi kreatif adalah pendorong besar pasar kerja di Amerika Serikat. 

Bahkan ekonomi kreatif dikatakan berkontribusi lebih banyak pada ekonomi nasional AS daripada industri konstruksi, pertambangan, utilitas, asuransi, akomodasi, dan layanan makanan. 

Ekonomi kreatif adalah sebuah industri yang didasarkan pada budaya dan menjadi bagian penting untuk menjaga agar budaya tetap hidup. 

Sebab, museum, lokasi bersejarah, dan acara seni berperan dalam mempertahankan identitas budaya suatu negara atau daerah. 

Karya kreatif memiliki daya tarik universal karena bisa diterima siapapun serta dapat menjadi jembatan untuk membangun kepercayaan, pemahaman, dan penerimaan lintas budaya.

Pengertian Industri Kreatif

ekonomi kreatif
Sumber: pexels.com

Sedangkan yang dimaksud dengan industri kreatif adalah berbagai kegiatan atau aktivitas ekonomi yang dalam penciptaannya mengandalkan penggunaan teknologi informasi.

Industri kreatif sejatinya merupakan pemanfaatan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu atau sekelompok orang untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu atau suatu kelompok. 

Industri kreatif tidak membutuhkan produksi dalam skala besar sebagaimana halnya industri manufaktur. 

Kemudian industri kreatif lebih mengandalkan kualitas dan kreativitas dari sumber daya manusianya. Oleh karenanya, industri kreatif lebih banyak muncul dari kelompok industri kecil menengah. 

Satu hal yang menarik dari industri kreatif adalah pelaku ekonominya lebih mandiri dan tidak bermental buruh.

Bagaimana Hubungan antara Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif?

hubungan ekonomi kreatif dan industri kreatif
Sumber: google.com/bersosial

Setelah mengetahui arti dan pemahaman ekonomi kreatif dan industri kreatif, lantas bagaimana hubungan di antara keduanya?

Berdasarkan pengertian keduanya, maka hubungan keduanya yaitu industri kreatif merupakan bagian dari ekonomi kreatif.

Hal ini berarti industri kreatif adalah sebuah proses dalam membuat sebuah produk yang nantinya akan diperjualbelikan untuk memajukan ekonomi kreatif dengan lebih baik.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa keduanya saling berkaitan. Ekonomi kreatif tidak akan bisa berjalan tanpa adanya industri kreatif.

Begitu pun dengan industri kreatif, ia tidak akan bisa berkembang jika tidak ada wadah yang menaunginya, yakni ekonomi kreatif.

Maka dari itu bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah saling berkaitan dan erat satu sama lain. 

Manfaat Ekonomi Kreatif

manfaat ekonomi kreatif
Sumber: google.com/bersosial

Terlepas dari hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif, ternyata ada beberapa manfaat yang dihasilkan dari ekonomi kreatif.

Hal itu dijelaskan dalam buku Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal yang ditulis oleh Dr. Sopanah, SE, M.Si., Ak. CA., CMA., ‎Drs. Syamsul Bahri, M.Si., Ak., CA., ‎Mohammad Ghozali, Ph.D., S.H., M.A.

Inilah manfaat ekonomi kreatif untuk perekonomian Indonesia:

1. Terciptanya lapangan kerja baru

Dengan adanya ekonomi kreatif, banyak industri-industri kreatif yang bermunculan. Maka dari itu banyak lapangan pekerjaan yang muncul dan tumbuh untuk masyarakat Indonesia.

2. Menekan angka pengangguran

Berkaitan dengan poin satu, banyaknya lapangan pekerjaan yang muncul membuat angka pengangguran di Indonesia semakin rendah.

Hal itu karena sumber daya manusia banyak dimanfaatkan untuk keberlangsungan ekonomi kreatif, dan menguntungkan bagi banyak orang.

3. Terciptanya masyarakat yang kreatif dan inovatif

Karena ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah sebuah produk yang dihasilkan atas dasar kreativitas pekerjanya, maka secara tidak langsung banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatifnya.

4. Persaingan bisnis yang sehat

Ekonomi kreatif memiliki manfaat yang sangat penting, yakni menjadikan persaingan di dalam dunia bisnis menjadi sehat dan ketat.

Karena pelaku industri akan beradu kreativitas untuk membangun usaha yang lebih baik lagi. 

Demikianlah pembahasan bagaimana hubungan antara ekonomi kreatif dan industri kreatif serta manfaatnya bagi banyak orang. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin mencari artikel menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos dan selamat membaca!

Selain itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dengan berjualan tanpa modal, bisa banget! Langsung saja bergabung menjadi reseller Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk mendaftar. 

DAFTAR DISINI SEKARANG

×