Ampuh! Inilah Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

bagaimana cara menghindari makanan dan minuman haram

Mungkin Anda sedang bertanya-tanya, ‘bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram’ ketika sedang bepergian jauh dan hendak akan mengunjungi tempat makanan yang asing.

Karena keterbatasan waktu dan keterbatasan tempat membuat Anda mau tidak mau untuk menyempatkan diri pergi menuju resto terdekat.

Atau kekhawatiran kian melanda ketika Anda sedang membeli suatu produk terbaru misalnya di marketplace, dan sebagai muslim yang baik Anda menyikapinya dengan berhati-hati.

Pengaruh globalisasi dan era teknologi menyebabkan maraknya tren makanan-makanan yang tidak diketahui bagaimana asal usul dan cara pembuatannya.

Tahukah Anda akhir-akhir ini masyarakat sempat terkejut dengan pemberian label non halal pada produk permen susu berlogo kelinci putih alias White Rabbit?

Ternyata permen tersebut di sinyalir mengandung DNA babi yang jelas tidak boleh bagi orang muslim untuk mengkonsumsinya.

Menentukan mana makanan yang halal atau tidak halal tidak bisa dengan hanya melihat sekilas produknya saja, tetapi ada beberapa cara menghindari makanan dan minuman yang haram sesuai anjuran Islam.

Untuk menjawab pertanyaan berikut sudahkah kita menyadari apa saja mudharat yang di hasilkan dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal?

Yuk ketahui apa saja dampak makanan minuman haram dalam artikel bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram.

Dampak Mengkonsumsi Makanan Minuman Haram

Bayangkan, saat ini Anda sedang bepergian ke sebuah pesta, terdapat banyak suguhan makanan mewah nan menarik dihadapan mata Anda.

Diantara makanan tersebut terdapat makanan yang haram dan dilarang bagi muslim untuk mengkonsumsinya.

Namun, tidak setiap muslim mau menyadari bahwa betapa berbahayanya makanan dan minuman haram bagi keseharian.

Sehingga Anda bisa memperhatikan ada muslim lainnya yang tidak mengetahui dampaknya terhadap hal tersebut.

Mau coba usaha yang halal dan jamin berkah? 😉

Anda bisa mencobanya dengan menjadi reseller produk Evermos.

Mengapa Evermos? Sebab Evermos merupakan platform social commerce nomor satu di Indonesia yang menjembatani antara supplier produk dengan reseller produk. 🤑

Sudah terdapat ratusan brand yang bekerjasama dengan Evermos, menyediakan kebutuhan sehari-hari pelanggan.

YUK, GABUNG DISINI!

Yuk, gabung sekarang dan dapatkan kemudahan ikhtiarnya.

Langsung saja inilah dampak yang di akibatkan dari mengkonsumsi makanan dan minuman haram.

1. Berpotensi untuk Melakukan Maksiat

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Sumber: unsplash.com

Melansir dari situs NU, salah satu dari dampak mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram adalah energi yang terbentuk darinya berpotensi untuk mengerjakan perbuatan dosa.

Pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam juga sudah terdapat peringatan mengenai hal tersebut,

Sahabat Sahl radhiyallahu ‘anhu mengatakan:

من أكل الحرام عصت جوارحه شاء أم أبى

Artinya: “Siapa saja yang makan makanan yang haram, maka bermaksiatlah anggota tubuhnya, mau tidak mau” (al-Ghazali, Ihya ‘Ulum al-Din, jilid 2, hal. 91).

Makanan yang haram kemudian akan mengalir ke dalam darah seorang muslim yang mengkonsumsinya seterusnya akan mendatangkan mudharat kepada perbuatan-perbuatannya.

Mengapa hal demikian bisa terjadi dan hal ini terjawab dalam hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Salam.

Tidaklah yang baik itu mendatangkan sesuatu kecuali yang baik pula” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Maka dari itu, hadist tersebut menyatakan hal sebaliknya pula jika hal yang buruk akan membawakan hal yang buruk juga. Dan ini akan menyebabkan buruknya pula generasi muslim seterusnya jika menjadi kebiasaan. Naudzubillah himindzalik.

2. Doa Akan Terhalang dan Sulit Terkabulkan

Islam mengajarkan kepada setiap muslim agar betul-betul memperhatikan kondisi dirinya, sebab akan ketidakmungkinan jika seseorang bisa beribadah secara afdol karena menyengaja dalam kondisi kotor untuk beribadah.

Hal ini pula berlaku saat mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram. 

Makanan dan minuman haram adalah ujian bagi setiap muslim untuk menghindarinya, sama seperti berbuat maksiat dan bahkan lebih parah dari itu.

Berikut referensi dalil mengenai dampak kedua tersebut.

Demi Dzat yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya seorang hamba yang melemparkan satu suap makanan yang haram ke dalam perutnya, maka tidak diterima amalnya selama empat puluh hari.” (Sulaiman ibn Ahmad, al-Mu‘jam al-Ausath, jilid 6, hal. 310.

3. Sulit Memahami Kalam Allah

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Sumber: unsplash.com

Meski mengkonsumsi makanan dan minuman haram bukanlah sedang bermaksiat kepada orang lain, tetap saja di sebut sebagai mendzalimi diri.

Bagaimana kita akan dapat memahami kalam-kalam (ilmu) Allah jika kita sendiri termasuk sedang berbuat maksiat kepada Allah.

Anjuran meninggalkan maksiat juga pernah di katakan oleh para salaf yakni As-Syafi’i, 

شكوت إلى وكيع سوء حفظي * فأرشدني إلى ترك المعاصي وقال اعلم بأن العلم نور * ونور الله لا يؤتاه عاصي

Artinya: “Aku mengeluhkan buruknya hapalanku kepada Imam Waki‘. beliau menyarankan kepadaku untuk meninggalkan maksiat Dan beliau berkata, ketahuilah ilmu ialah cahaya sedangkan cahaya Allah Swt tak di berikan kepada ahli maksiat.”

Ilmu adalah sebuah cahaya sedangkan Allah Subhannahu wa Ta’ala tidak akan memberikannya kepada ahli maksiat.

4. Mendapat Ancaman Keras di Akhirat

Jika Allah menetapkan hukum sesuatu maka ada kebaikan dan keburukan yang terkandung di dalamnya. 

Misalnya ketika kita melakukan sedekah kepada anak yatim atau saudara seiman yang membutuhkannya, Allah akan melimpahkan rezeki yang tidak di sangka-sangka sebagai balasannya.

Begitu pula sebaiknya, bagi para pelaku maksiat atau pelaku yang berlaku dzalim bagi orang lain maupun diri sendiri.

Dalam firman Allah telah di jelaskan dalam Surah An-Nisa ayat 10,

إِنَّ الَّذِينَ يَأْكُلُونَ أَمْوالَ الْيَتامى ظُلْماً إِنَّما يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ ناراً وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيراً

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka),” (QS al-Nisa’ [4]: 10).

5. Keimanan Semakin Terkikis

Melansir laman medium @luthfiwisnuwardhana dalam bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang halal dampaknya keimanan seseorang menjadi turun.

Hal ini tidak hanya berkaitan ketika kita mengkonsumsinya, tetapi juga bahkan ketika kita meniatkan serta cara mendapatkan makanan dan minuman haram tersebut.

Misalnya, menemukan makanan yang sumbernya halal akan tetapi seseorang mencurinya itu artinya makanan tersebut menjadi makanan yang haram baginya.

Atau ketika mendapatkan penghasilan dengan cara yang tidak di benarkan Islam sendiri melalui riba kemudian memperoleh makanan dari harta haram tersebut.

6. Sedekahnya Tertolak

Kemudian dampak yang akan didapatkan oleh seorang muslim memakan makanan dan minuman haram adalah sedekahnya tertolak.

Dalam kondisi tersebut, seorang muslim yang meniatkan berbuat kebaikan namun sebelumnya telah menyengaja konsumsi hal yang haram, maka ini akan menjadi ibadah tidak sah.

Tentunya hal ini akan sangat merugikan kita untuk menjemput amal sholeh sebanyak-banyaknya bukan?

Mengumpulkan amal sholeh tentunya banyak cara yang dapat kita jalankan.

Termasuk yaitu dengan bersedekah, bersilaturahmi, dan selalu menebar manfaat.

Jadilah penebar manfaat dengan memaksimalkan kekuatan diri untuk berikhtiar. 😊

Dengan berjualan produk di Evermos, Anda sangat bisa untuk menyisihkan hasil penjualan nantinya untuk di infaq atau di sedekahkan. 💲

Sehingga harta Anda akan menjadi lebih bersih dan lebih berkah. 💰

Sebelum itu, yuk daftar sekarang juga jadi bagian reseller Evermos dan lakukan transaksinya langsung setelah terdaftar!

MULAI JUALAN SEKARANG

7. Amalan Ibadahnya baik Fardhu Maupun Sunnah Tertolak

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Sumber: unsplash.com

Bagi muslim yang menyadari dampak negatif dari konsumsi makanan dan minuman haram meski begitu sulit dan menggoda namun ia akan mendapatkan keberuntungan yang banyak.

Bagaimana kita akan maksimal menjalani ibadah jika hal yang terdapat dalam diri kita sendiri merupakan hal yang berbahaya dan mendatangkan mudharat.

Oleh karena itu, selanjutnya setelah mengetahui hal berikut yuk perhatikan bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram dibawah ini.

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Makanan dan minuman yang akan kita konsumsi haruslah memenuhi 2 syarat yaitu Halal & Thayyib.

Secara harfiah, halal artinya diperbolehkan dan dalam Al-Quran sudah terdapat bahasannya makanan yang halal bagaimana.

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya. (Q.S. Al-Maidah 5:88)”

Sementara thayyib itu artinya baik atau bagus. Sehingga makanan dan minuman yang dianjurkan adalah mengandung kedua-duanya.

Aspek thayyib yang dimaksud ialah berkaitan dengan proses penyajian makanan, misalnya kebersihan, keamanannya, kualitas dan proses pembuatannya seperti apa.

Sehingga tak hanya sekedar ‘bahan’ yang digunakan saja dalam proses pembuatannya tetapi terkait hal yang menyangkut hingga sampai ke tangan pelanggan.

Makanan dan Minuman yang Termasuk ke dalam Kategori Haram

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Sumber: unsplash.com

Berikut daftar makanan yang haram dalam bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram.

  • Daging babi,
  • Bangkai,
  • Darah,
  • Daging hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah,
  • Makanan yang menjijikan,
  • Dan lain-lain.

Sementara itu minuman yang kategorinya haram ialah yang sifatnya memabukkan atau membahayakan dan ini menyangkut aspek halal dan thoyyiban.

Berikut daftar minuman yang haram dan bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram.

  • Khamr
  • Minuman keras
  • narkoba
  • beracun
  • Cairan najis dari binatang haram
  • Dan lain-lainnya.

Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Melansir dari beberapa sumber, inilah yang bisa kita lakukan untuk menghindari makanan dan minuman yang haram.

1. Takut kepada Allah Ta’ala

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Sumber: unsplash.com

Seorang muslim yang takut kepada ancaman dari Allah Ta’ala maka ia akan patuh dan taat kepada Allah dan tidak akan mengorbankan dirinya demi nikmat sesaat.

Meski bagi orang yang bukan muslim berpendapat makanan dan minuman haram tersebut adalah nikmat, namun tetap saja berpegang teguh dengan melandasi perasaan takut kepada Allah Ta’ala.

2. Mengetahui mana makanan yang termasuk halal atau bukan

Tentu saja ketika kita tidak mengetahui makanan atau minuman yang masih syubhat, hal ini dikarenakan kita tidak mengetahui ilmunya.

Ketahui ilmunya dengan sering-sering membaca buku dan aktif mencarinya melalui ustaz, atau kajian-kajian umum lainnya.

3. Perbanyak asupan sayuran

Ketika Anda berada di negara dengan minoritas muslim dan sulit memperoleh makanan halal, pilihlah makanan jenis sayuran.

Atau Anda juga bisa mengkonsumsi makanan vegetarian yang masih terjaga kondisinya serta terjamin kehalalannya.

Dengan mengolah sendiri kita jauh lebih tenang dan aman karena merupakan pilihan yang lebih baik.

Sebutkan Upaya-Upaya Menghindari Makanan dan Minuman Haram

4. Selalu Bertanya sebelum memastikan

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman yang Haram

Sumber: pexels.com

Dalam keadaan yang darurat, atau sedang perjalanan jauh kita mengunjungi tempat makanan yang asing atau tidak biasanya.

Utamakan untuk bertanya kepada pelayanan atau pemilik toko tersebut untuk memastikan apakah makanan tersebut bisa dikonsumsi oleh umat muslim.

Apalagi ketika kita mengetahui tempat tersebut menyuguhkan makanan yang jelas tidak halal seperti daging babi atau minuman beralkohol.

5. Memastikan adanya sertifikasi halal

Agar kita tidak menyesal sebelum membelinya pastikan bahwa tempat yang kita tuju untuk makan sudah memperoleh sertifikasi halal.

Biasanya, mereka akan memajang logo dan sertifikat halal di restorannya. Dengan begitu, hindarilah makanan yang meragukan jika dalam produk tersebut masih belum terdapat logo halalnya.

6. Tidak mengandung unsur yang berbahaya

Islam amat memperhatikan kondisi umat muslim termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan.

Dengan mengetahui apa saja unsur yang terdapat dalam sebuah produk makanan kita akan lebih mengenali apakah produk tersebut halal atau tidak.

Sekarang Anda tidak perlu repot untuk memastikan atau mencari produk daging yang aman dan halal sebagai bahan konsumsi keluarga.

Karena produk tersebut tersedia lengkap di Evermos dan mudah untuk mendapatkannya.

Anda bisa memiliki produk tersebut sekaligus menjualkan kepada kerabat, tetangga dan orang terdekat Anda untuk menghasilkan komisi penjualan. 😊

Dapatkan komisi penjualan hingga 35% dan beragam kemudahan ikhtiar lainnya. 🤑

Klik tombol di bawah ini dan lakukan pendaftaran sekarang juga. ✅

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian mengenai artikel bagaimana cara menghindari makanan dan minuman haram yang dapat Admin sajikan.

Semoga dapat bermanfaat sebarkan juga kepada kerabat, keluarga, orang-orang terdekat Anda.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×