Kultum : Bagaimana Cara Melembutkan Hati yang Keras? Ikuti Caranya Disini!

Bagaimana Cara Melembutkan Hati yang Keras – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki bulan Ramadan hari ke-25. Sambil menunggu waktu berbuka puasa Anda, alangkah baiknya kita menyimak kultum (kuliah tujuh menit) atau dakwah yang disampaikan oleh Ustadzah Aisyah Farid BSA.

Bahasan kultum kali ini yaitu tentang “Bagaimana Cara Melembutkan Hati yang Keras?”

Yuk, langsung simak ulasannya pada artikel berikut ini. Untuk Video lengkapnya, Anda bisa menonton di Channel Youtube Evermos. Jangan lupa subscribe, ya!

Baca juga: Kultum : Perhatikan Adab Kepada Orang Tua, Apa Berdosa Jika Kesal Padanya?

Bagaimana Cara Melembutkan Hati yang Keras? 

Bagaimana Cara Melembutkan Hati yang Keras
Sumber: shutterstock.com

Menurut Ustadzah Aisyah Farid BSA dalam dakwahnya menjelaskan bahwa melembutkan hati yang keras ini adalah dengan menangis karena mengingat dosa.

Percaya tidak percaya, orang yang hatinya keras itu susah menangis, susah mendengar nasihat.

Nah, disini pada saat kita mendapati diri kita sulit meneteskan air mata, disini berarti ada satu tanda dari Allah bahwa hati kita keras.

Cara melembutkannya adalah berusahalah untuk menangis. Kalau kau tidak mampu menangis, tangisi dirimu karena tidak mampu menangis.

Hati yang lembut adalah hati yang matanya selalu mudah dalam meneteskan air mata.

Bukan cengeng, bukan baper, tapi pada saat dia mengingat kesalahannya, mengingat kerinduannya kepada Rasulullah. Mengingat akan masa lalunya yang dulu ternyata banyak sekali kesalahan yang dia perbuat.

Lalu dia berusaha untuk menjaga agar tidak terulangi lagi kesalahan-kesalahan yang sama. Tangisan-tangisan itulah yang paling ampuh dalam meleburkan hati-hati orang yang keras.

Baca juga: Kultum : Golongan Orang yang Haram Diampuni Saat Bulan Ramadan

Inilah yang Harus Kita Perhatikan

Jadi, berusahalah bagaimana caranya? Datangkan, paksa telinga kita dalam mendengar kebaikan dan teruslah berusaha menangisi diri karena sulit menangis karena Allah SWT.

Sekian kultum kali ini, semoga apa informasi yang Anda terima dapat bermanfaat. Sekaligus sebagai pengingat untuk kita untuk menjadi seseoranh yang hatinya lembut.

Jangan lupa untuk selalu mengingat dosa-dosa, agar hati kita senantiasa lembut dan terhindar dari hati yang keras.

Silahkan share artikel kultum ini setiap harinya pada yang lain sebagai pengingat dalam suatu kebaikan.

Jangan lewatkan rangkaian kultum dengan tema menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

×