Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah Ajaran Rasulullah: Arab, Latin, dan Artinya

Sebentar lagi umat Muslim akan menyambut tahun baru Islam 1445 Hijriyah yang bertepatan pada tanggal 18 Juni 2023. Untuk menyambut pergantian tahun dalam Islam, Rasulullah SAW mengajarkan bacaan doa akhir tahun dan awal tahun Hijriyah untuk umatnya.

Doa tersebut bisa kita amalkan ketika pergantian tahun atau menjelang 1 Muharram. Dalam kalender Hijriyah, berakhirnya bulan Dzulhijjah dan berganti menjadi Muharram akan berlangsung pada waktu Magrib. 

Bagaimana bacaan doa akhir tahun dan awal tahun Hijriyah? Apa saja keutamaan dalam bacaan doa tersebut? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini, ya!

Namun, sebelum itu, sebagai umat Muslim, ada baiknya juga Anda mengetahui keutamaan bulan Muharram atau bulan pertama dalam Islam. Baca keutamaan dan amalan bulan Muharram disini.

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah 

bacaan doa akhir tahun dan awal tahun hijriyah
Sumber: freepik.com

Melansir dari laman NU, terdapat doa yang bisa umat Muslim amalkan dalam bergantian tahun baru Hijriyah yang bersumber dari kitab Maslakul Akhyar. 

Maslakul Akhyar adalah kitab karya Habib Utsman bin Yahya yang berisi doa-doa hingga dzikir harian dengan bersandar pada ajaran Rasulullah SAW. Berikut adalah bacaan doa akhir tahun dan awal tahun Hijriyah bahasa Arab, latin, dan artinya. 

Doa Akhir Tahun Hijriyah

Berikut ini adalah doa akhir tahun Islam yang dapat Anda baca serta amalkan pada sebelum waktu Magrib atau akhir tahun 29/30 Dzulhijjah 1444 H. Dalam kalender Masehi, yaitu pada tanggal 18 Juni 2023. Bacalah doa ini sebanyak 3 kali. 

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 

“Allaahumma maa ‘amiltu min ‘amalin fii haadzihi sanati maa nahaitanii ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiihaa ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alaa ‘uquubatii, wa da‘autanii ilat taubati min ba‘di jaraa’atii ‘alaa ma‘shiyatik. Fa innii astaghfiruka, faghfirlii wa maa ‘amiltu fîhaa mimmaa tardhaa, wa wa‘attanii ‘alaihits tsawaaba, fa as’aluka an tataqabbala minnii wa laa taqtha‘ rajâ’ii minka yaa kariim..”



Artinya: “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun Hijriyah 

Berikut adalah doa awal tahun baru Islam, yang dapat Anda baca serta amalkan sebanyak 3 kali bertepatan saat setelah waktu Magrib tanggal 18 Juni 2023 atau 1 Muharram 1445 H. 

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

“Allaahumma antal abadiya ul qadiimul awwal. Wa ‘alaa fadhlikal azhîiimi wa kariimi juudikal mu‘awwal. Haadzaa ‘aamun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithaani wa auliyaa’ih, wal ‘auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’I, wal isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa, yaa dzal jalaali wal ikraam.”

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.” 

Keutamaan Membaca Doa Awal dan Akhir Tahun Hijriyah

bacaan doa akhir tahun dan awal tahun hijriyah
Sumber: pexels.com

Berikut adalah beberapa keutamaan membaca doa awal dan akhir tahun Hijriyah:

1. Memohon Perlindungan

Melalui doa awal dan akhir tahun Hijriyah, sebagai umat Islam kita dapat memohon perlindungan Allah dari berbagai kesulitan dan bencana yang mungkin terjadi di tahun mendatang. 

 

Selain itu, melalui doa ini kita juga bisa berlindung dari berbagai bisikan dan godaan setan serta sekutunya. Sehingga, kita dapat menjalani tahun 1445 Hijriyah dengan bahagia dan terhindari dari dosa-dosa. 

2. Memohon Keberkahan

Doa ini dapat kita amalkan untuk meminta permohonan berkah yang melimpah kepada Allah SWT dalam segala aspek. Sebagai manusia, tentu kita ingin memulai dan menjalani tahun baru Hijriyah dengan kebahagiaan, kesehatan, dan kekayaan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.  

3. Menunjukkan Ketaatan

Membaca dan mengamalkan doa di atas adalah suatu bentuk ketaatan dan penghormatan kita kepada Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. 

Amalan ini adalah cara kita sebagai umat Muslim dalam menunjukkan rasa syukur atas apa yang telah Allah berikan kepada kita selama satu tahun kebelakang. 

Sebagai bentuk syukur atas nikmat kesehatan, rezeki, hingga kebahagiaan hingga kita masih bisa menyambut tahun baru berikutnya. 

4. Mengingatkan tentang Perubahan Waktu

Membaca doa pada waktu pergantian tahun menjadi pengingat bagi kita umat Muslim, bahwa waktu akan terus bergerak maju atas kuasa Allah SWT. 

Sehingga, sebagai manusia yang hanya hidup sementara, kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah, melakukan kebaikan, hingga menjaga hubungan baik antar sesama manusia. 

Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah  

bacaan doa akhir tahun dan awal tahun hijriyah
Sumber: pexels.com

Seperti penjelasan sebelumnya, dalam mengamalkan doa akhir dan awal tahun Hijriyah, sebagian besar ulama menyarankan kita untuk membaca doa akhir tahun terlebih dahulu. 

Doa akhir tahun Hijriyah dibaca pada waktu sebelum adzan Magrib berkumandang. Jika mengacu pada kalender Masehi, berarti Anda dapat membacanya pada tanggal 18 Juli 2023. Anda bisa menyesuaikan jam nya dengan waktu sholat di daerah Anda. 

Bacalah doa akhir tahun tersebut sebanyak 3 kali. Kemudian, setelah adzan Magrib berkumandang, tandanya sudah masuk waktu 1 Muharram 1445 H. Maka bacalah doa awal tahun Hijriyah juga sebanyak 3 kali. 

Ingatlah untuk selalu meniatkan diri Anda semata-mata berharap atas ridho-Nya. Dengan demikian, Anda dapat merasakan manfaat serta keutamaan doa akhir tahun dan awal tahun Hijriyah tersebut selama satu tahun mendatang, insya Allah.

Anda dapat membaca tata cara membaca doa awal dan akhir tahun Hiriyah dengan lengkap disini.

Demikianlan ulasan mengenai bacaan doa akhir tahun dan awal tahun Hijriyah. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sebarkan kepada orang-orang terdekat Anda agar turut merasakan keberkahannya. 

Untuk doa-doa dan informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos. Selain itu, jika Anda ingin membuka lembaran baru pada tahun 1445 H ini dengan rezeki yang berlimpah dan berkah, Anda bisa mencoba peluang usaha tanpa modal dari Evermos

Melalui platform ini, Anda akan menjadi reseller Evermos, bertemu dengan supplier yang menyediakan produk aman, berkualitas, dan terpercaya. Selain itu,  Anda akan mendapatkan pendampingan hingga berbagai benefit lainnya. 

Klik tombol di bawah ini untuk registrasi secara gratis!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)